Intip 4 Manfaat Penting Asupan Suplemen Zat Besi Bagi Tubuh

123

Multivitamin yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen pada dasarnya adalah penambah nutrisi bagi tubuh yang tak bisa ditingkatkan secara alami melalui asupan diet harian, khususnya ketika usia terus bertambah. Semakin tua, semakin perlu mengonsumsi multivitamin atau suplemen karena tubuh alami kesulitan kalau harus menyerap nutrisi dari asupan makanan langsung.

Salah satu suplemen yang kiranya dibutuhkan oleh tubuh adalah multivitamin atau suplemen zat besi. Sebelum menggunakan suplemen apapun, tentu saja penting untuk lakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter supaya tak mengganggu efek penggunaan obat lain. Dan di bawah ini adalah sejumlah manfaat dari konsumsi suplemen zat besi.

  1. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Zat besi diperlukan oleh para ibu hamil dan mengonsumsi suplemen ini di bawah pengawasan dokter penting untuk perkembangan serta pertumbuhan janin selama di kandungan trimester pertama. Dikutip dari laman MayoClinic, zat besi adalah nutrisi yang akan membantu perkembangan sistem saraf janin terbentuk secara sempurna.

Tak hanya itu, asam folat pada umumnya pun ada pada nutrisi mineral zat besi yang artinya sangat baik untuk mempertahankan sekaligus menghasilkan sel-sel baru. Tak hanya baik dalam pencegahan perubahan DNA pemicu kanker, tapi juga sangat baik dalam menurunkan risiko bayi lahir cacat sehingga memang para ibu hamil perlu asupan multivitamin besi.

  1. Mengurangi Risiko Anemia

Multivitamin besi juga diperlukan bagi para pemilik riwayat anemia atau kekurangan darah pada tubuhnya. Ketika mengonsumsi multivitamin dengan zat besi, maka mineral ini akan membantu menyuplai dan mengirim Hb (hemoglobin) ke seluruh tubuh sehingga risiko anemia dapat diminimalisir.

Dengan penyebaran hemoglobin yang semakin lancar, maka otomatis oksigen yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh pun tersuplai dengan baik. Jadi mengonsumsi suplemen atau multivitamin besi sama dengan cara melancarkan peredaran darah sehingga kesehatan dapat meningkat secara menyeluruh dan kita tak perlu lagi khawatir akan kembalinya gejala anemia dan gejala hb rendah yang meresahkan.

  1. Menguatkan Tulang

Sama pentingnya dengan kalsium yang bisa memperkuat dan menyehatkan tulang, mineral zat besi pun memiliki peran seperti itu. Ini karena ada kandungan vitamin D sekaligus kalsium pada multivitamin besi sehingga dengan mengonsumsinya akan dapat membantu para wanita dengan risiko osteoporosis tinggi bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan tulang tersebut.

Para wanita yang melalui masa menopause meningkatkan risiko untuk mengalami pengeroposan tulang. Maka demi tulang tetap kuat dan sehat meski usia sudah bertambah banyak dan sudah masuk masa menopause, suplemen zat besi diperlukan. Multivitamin ini mampu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga kekuatan tulang dapat bertambah juga.

  1. Membantu Penyerapan Nutrisi

Saat usia makin bertambah, kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi makin berkurang, maka suplemen atau multivitamin besi penting untuk tubuh. Usia makin tua memang semakin perlu berolahraga rutin demi kekuatan fisik, hanya saja mengasup multivitamin pun sangat dianjurkan sebagai penyeimbang.

Demi membantu penyerapan nutrisi yang makin sulit, melawan berbagai jenis penyakit, serta mendukung jalannya fungsi tubuh, zat besi dalam bentuk suplemen bisa dikonsumsi. Dengan kata lain juga, penggunaan suplemen ini di bawah pengawasan dan konsultasi dokter bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Makanan yang mengandung zat besi tinggi saja terkadang tak cukup khususnya bagi yang sudah masuk usia lanjut dan pada masa kehamilan. Asupan mineral zat besi diperlukan juga untuk mendukung penyerapan nutrisi dalam tubuh lebih sempurna.