28 Makanan Penyebab Darah Rendah untuk Diwaspadai

8001

Darah rendah atau yang disebut juga dengan hipotensi merupakan sebuah jenis penyakit yang juga dikenal dengan anemia. Jumlah sel darah merah yang kadarnya di bawah normal adalah tanda seseorang mengalami tekanan darah rendah. Hal ini dipicu oleh melemahnya tekanan pada proses pemompaan darah yang dilakukan oleh organ jantung.

Tekanan darah yang ternyata diketahui lebih rendah dari 90/60 mmhg terbilang cukup lemah dan rendah karena yang dianggap normal adalah 120/80 mmhg. Kondisi seperti ini bisa saja disebabkan oleh faktor bawaan lahir sehingga memang akan sulit untuk meningkatkan tekanan darah. Tapi, ada pula makanan penyebab darah rendah sehingga Anda perlu menghindarinya jika tekanan darah telah pada kadar normal atau rendah.

(Baca juga: pantangan darah rendah)

1. Air Kelapa Muda

Salah satu jenis makanan atau minuman yang seharusnya Anda hindari karena bisa menyebabkan tekanan darah lebih rendah adalah air kelapa muda. Selain menjadi penawar racun di dalam tubuh, air kelapa muda diketahui berefek pada turunnya tekanan darah serta suhu badan.

Saat seseorang mengalami kelelahan yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang cukup berat serta pekerjaan yang padat, air kelapa muda bekerja dengan cepat untuk menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah. Namun memang karena ion-ion energi ada di dalamnya, maka air kelapa mudah bagus untuk menggantikan cairan tubuh yang bisa hilang karena kecapekan.

2. Minuman Beralkohol

Sifat panas ditawarkan oleh minuman beralkohol sehingga mampu mengiritasi lambung dan memicu kerusakan pada jumlah sel darah merah dalam tubuh. Bahaya minuman keras bagi kesehatan tampaknya sudah begitu jelas, dan ini pun juga berlaku untuk yang tekanan darahnya rendah atau normal.

Ketika seseorang memiliki tekanan darah rendah sebelumnya, maka kondisi ini bisa makin parah saat mengonsumsi minuman alkohol. Tubuh bakal menjadi lemas dan bisa membuat seseorang pingsan disebabkan oleh alkohol. Bahkan aliran darah menuju otak pun dapat mengalami hambatan karenanya, jadi pastikan untuk tidak meminumnya. Atau paling tidak, batasi takaran konsumsi agar tak berlebihan dan semakin menurunkan kadar tekanan darah.

(Baca juga: manfaat kopi untuk darah rendah)

3. Mentimun

Seperti yang kita sudah banyak ketahui bahwa mentimun adalah bahan makanan yang kaya akan kandungan air. Vitamin dan mineral di dalam mentimun juga cukup tinggi sehingga sangat dianjurkan bagi yang menderita tekanan darah tinggi. Mentimun adalah makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Jadi intinya, mentimun merupakan makanan yang bisa memicu tekanan darah menurun sehingga menjadi rendah. Untuk yang tidak memiliki masalah dengan darah tinggi, apalagi yang tekanan darahnya sudah cukup rendah, mentimun adalah makanan yang perlu dihindari. Tentunya mentimun adalah pantangan bagi yang bertekanan darah rendah karena hanya baik untuk yang berdarah tinggi.

4. Belimbing

Satu lagi selain mentimun yang bisa Anda andalkan ketika tubuh mengalami tekanan darah tinggi, yakni belimbing. Artinya, belimbing adalah buah penyebab darah rendah yang perlu dikonsumsi hanya oleh yang tekanan darahnya tinggi. Sebagai obat hipertensi alami, belimbing merupakan buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Buah belimbing memiliki sifat sebagai pendingin dan penekan tekanan darah, jadi tentunya bagi yang sudah normal atau rendah, makan belimbing terlalu banyak bisa berbahaya. Makanlah sesekali saja tapi tak perlu berlebihan atau tekanan darah bisa semakin menurun. Ketika tekanan darah terlalu rendah, sakit kepala hingga pingsan bisa sewaktu-waktu terjadi pada penderita.

(Baca juga: penyebab darah rendah dan cara mengatasinya)

5. Mie Instan

Banyak orang menggemari mie instan, karena selain cara pembuatannya yang sederhana, rasanya pun beraneka ragam dan sedap. Namun hendaknya Anda mengendalikan konsumsi mie instan sebab selain tak baik untuk lambung, sifat penekan rasa lapar bisa mengakibatkan tekanan darah menjadi makin rendah. Zat pengawet di dalamnya juga begitu banyak sehingga tak baik bagi usus.

Usus akan terhambat kinerjanya dalam proses mencerna makanan secara sempurna, dan lagi serat serta zat besi tidaklah banyak terkandung di dalam mie instan. Tubuh pun akhirnya tidak menerima asupan makanan yang lain apabila perut telah diisi dengan mie instan. Hal ini akhirnya berpengaruh terhadap tekanan darah yang mengalami penurunan.

6. Tomat

Sama halnya dengan mentimun, kadar air di dalam tomat cukup tinggi. Selain itu, tomat juga mengandung banyak mineral serta vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalam tomat ada kandungan vitamin C, kalium dan kalsium yang rupanya sanggup membuat tekanan darah turun turun. Maka penderita darah rendah tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

7. Blewah

Ada lagi jenis buah selain belimbing dan tomat yang menyebabkan darah rendah, yaitu blewah. Kandungan kalium di dalamnya termasuk tinggi sehingga terbilang efektif dan ampuh menurunkan tekanan darah ketika menderita darah tinggi. Untuk penderita hipotensi, mengonsumsinya sesekali tak masalah dan tak boleh terlalu banyak.

(Baca juga: makanan penambah darah super cepat)

8. Melon

Buah yang menyegarkan ini juga adalah buah yang diandalkan oleh penderita darah tinggi dalam menurunkan kadar tekanan darah. Jadi jika Anda mengalami tanda-tanda darah rendah, sebaiknya tidak mengonsumsi melon. Kadar kalium di dalamnya termasuk tinggi sehingga mampu mencegah tekanan darah tinggi dan memicu tekanan darah rendah.

9. Labu Parang

Bila tubuh sudah termasuk sehat dengan kadar tekanan darah normal atau justru Anda adalah penderita tekanan darah rendah, labu parang sebaiknya tidak dimakan secara berlebihan. Buah ini sangat baik sebagai penekan tekanan darah sehingga tak cocok untuk yang tekanan darahnya sudah rendah. Lebih dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

10. Kiwi

Kandungan kalsium serta serat di dalam buah kiwi sangat tinggi; oleh karena itu buah ini termasuk di dalam makanan pemicu tekanan darah rendah. Buah kiwi sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi supaya tekanan darah cepat turun. Mengonsumsinya sekali waktu bagi penderita darah rendah tak masalah asalkan tak terlalu banyak.

(Baca juga: gejala hb rendah)

11. Kedelai

Jenis kacang ini rupanya memiliki kadar mineral magnesium dan kalium yang termasuk tinggi sehingga menyebabkan darah rendah. Itulah mengapa kedelai sangat baik dikonsumsi oleh para penderita tekanan darah tinggi karena bisa mengendalikan tekanan darah. Bagi yang tekanan darahnya sudah tergolong normal, lebih baik tak usah banyak-banyak mengonsumsinya.

12. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan makanan yang mengandung serat tinggi, tapi jangan salah, kandungan kaliumnya tak kalah besar. Kalium di dalam bayamlah yang sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Itulah alasan mengapa penderita hipertensi disarankan mengonsumsi bayam, sedangkan penderita hipotensi diminta membatasi atau menjauhi makanan ini.

13. Bawang Putih

Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, bumbu dapur yang menyedapkan setiap masakan ini biasanya dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Dengan demikian, sudah jelas bahwa bawang putih merupakan makanan yang bisa menyebabkan darah rendah. Ini karena bawang putih adalah makanan dengan kadar kolesterol rendah sehingga bisa juga menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentah)

14. Seledri

Jenis sayur lainnya yang juga menyebabkan darah rendah adalah seledri di mana memang lebih dianjurkan juga dikonsumsi oleh yang menderita darah tinggi. Untuk yang tekanan darahnya sudah pada level normal atau begitu rendah, batasi atau hindari mengonsumsi seledri. Ini supaya mencegah tekanan darah tak menurun drastis.

15. Buncis

Karena menjadi salah satu obat darah tinggi, tentunya jenis sayuran ini merupakan salah satu makanan penyebab darah rendah. Berbagai vitamin dan mineral ada di dalam buncis sehingga dapat dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi kalau memang sudah bertekanan darah normal atau rendah, batasi konsumsi atau hindarilah.

16. Mengkudu

Seperti kita tahu, mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi tentunya manfaatnya lebih bisa dirasakan oleh para penderita darah tinggi. Makanan ini akan menyebabkan tekanan darah menurun, jadi lebih sesuai bila dikonsumsi oleh yang punya masalah hipertensi. Bagi penderita hipotensi, konsumsi boleh-boleh saja tapi batasilah.

17. Pisang

Buah berwarna kuning ini adalah buah yang sangat menyehatkan, tapi hati-hati bagi yang memiliki hipotensi. Pisang dapat menyebabkan darah rendah kalau dikonsumsi terlalu banyak dikarenakan ada kandungan kalium tinggi di dalamnya. Hipertensi dapat disembuhkan oleh pisang, jadi untuk tekanan darah normal harus mewaspadai konsumsi buah ini.

(Baca juga: bahaya akibat darah rendah)

18. Jeruk

Tak perlu diragukan lagi bahwa buah yang mengandung vitamin C super tinggi ini sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi bagi penderita hipotensi, mengonsumsinya dapat lebih menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, buah jeruk lebih dianjurkan dikonsumsi rutin untuk yang punya masalah tekanan darah tinggi alias hipertensi.

19. Oatmeal

Bagi yang mempunyai riwayat penyakit jantung koroner, oatmeal adalah sarapan sehat yang dianjurkan. Namun hati-hatilah bagi yang tekanan darahnya sudah tergolong normal atau rendah karena mengonsumsi oatmeal terlalu sering bisa menurunkan tekanannya lebih lagi. Oatmeal merupakan makanan yang bagus untuk mencegah hipertensi, tapi tak begitu baik untuk hipotensi.

20. Ikan Salmon

Jenis ikan satu ini sudah diketahui kebaikannya berkat kandungan omega-3 yang tinggi. Untuk mengobati darah tinggi, ikan salmon memang efektif dan itu artinya ikan ini adalah penyebab darah rendah. Supaya tekanan darah yang normal tak makin rendah dan yang sudah rendah tak makin turun, batasi atau hindari ikan salmon jika memiliki hipotensi.

(Baca juga: ciri-ciri darah rendah dan cara mengatasinya)

Makanan Pemicu Tekanan Darah Rendah Lainnya

Setelah menilik daftar 20 makanan tersebut, masih ada lagi beberapa makanan penyebab tekanan darah menjadi makin rendah untuk diketahui, yakni:

  1. Minyak zaitun.
  2. Roti gandum.
  3. Alpukat
  4. Kentang
  5. Susu skim yang bebas lemak.
  6. Yogurt
  7. Coklat
  8. Makanan pahit.

(Baca juga: bahaya darah rendah)

Itulah daftar makanan penyebab darah rendah yang sebaiknya Anda hindari atau batasi konsumsinya apabila tekanan darah tak ada masalah atau justru sudah terlampau rendah.