15 Tanda-tanda Darah Rendah yang Paling Sering Terjadi

3610

Darah rendah bukan hal yang asing lagi ditelingga. Pasti darah rendah hampir sering dialami oleh seseorang yang masih muda. Beda halnya dengan darah tinggi. Meskipun darah tinggi ada yang mengalami saat masih muda, tetapi kebanyakan orang yang menderita darah tinggi adalah mereka yang sudah berumur atau sudah tua. Banyak sekali tanda-tanda dan gejala yang diperlihatkan oleh penderita darah rendah dan darah tinggi. Namun pada kesempatan kali ini akan lebih dibahas mengenai tanda-tanda dari penyakit daah rendah itu sendiri, jadi ketika tanda-tanda itu mulai dirasakan atau mulai muncul penderita sudah dapat bertindak bagaimana cara menangani darah rendah itu. Adapun tanda tanda dari darah rendah adalah

  1. Pusing

Pada saat penderita menderita darah rendah, pasti penderita akan merasakan pusing. Pusing ini dikarenakan asupan darah pada otak tidak bisa didapatkan dengan maksimal itu sebabnya kepala sering pusing dan berkunang-kunang. tidak hanya mata berkunang kunang kepala pusing, penderita darah rendah biasanya sering merasakan kepala terasa berat,pusing dan mual.

  1. Mudah pingsan

Seseorang yang terserang darah rendah ini juga akan mudah pingsan. Meskipun ini bukan ciri utama tetapi ini merupakan salah satu dari ciri-ciri darah rendah. Ketika penderita tidak kuat dengan rasa pusing yang dirasakan maka bukan tidka mungkin penderita akan menjadi pingsan. Untuk itu sangat penting mengetahui beberapa cara pertolongn pertama pada orang pingsan

  1. Berkunang-kunang

Selain rasa pusing. Penderita juga akan sering merasakan pengelihatannya sedikit agak kabur atau berkunang-kunang. Tentunya beda antara mata kabur karena darah rendah atau karena mata minus. Hal itu bisa dirasakan perbedaannya. Karena ketika berkunang-kungan atau mata kabur pada penderita darah rendah ini tidak hanya terjadi satu kali saja bahkan malah sering terjadi. Mata kunang kunang kepala pusing sangat sering dialami oleh penderita darah rendah

  1. muka tampak pucat

karena asupan darah yang rendah ini juga akan membuat wajah penderita menjadi lebih pucat pasi. Tubuhnya dapat berubah menjadi dingin. Dan bahkan denyut nadi pada penderita darah rendah ini sangatlah pelan. Karena darah yang dipompa pun hanya sedikit, maka dari itu denyut nadinya rendah. Muka tampak pusat adalah salah satu dari beberapa ciri kurang darah dalam tubuh.

  1. tubuh terasa dingin

penderita darah rendah akan lebih sering merasa kedinginan atau tubuhnya yang dingin. Hal ini tentu disebabkan karena suplay darah tidak sampai ke otak sehingga suplay darah tidak dapat menyentuh jaringan tepi pada tubuh.  Hingga tubuh bagian kaki, tangan dan telingga akan lebih merasakan dingin. Penderita darah rendah biasanya sering merasakann tubuh menggigil tanpa demam, tubuh yang menggigil tanpa demam juga bisa disebabkan oleh penyakin penyakin lain, oleh karena itu kita perlu mengetahui beberapa penyebab menggigil tetapi tidak demam.

  1. Bibir tampak biru

Bibir akan tampak lebih pucat pasi. Bahkan hampir kebiru-biruan. Tentu hal ini juga sama penyebabnya, yaitu karena suplay darah pada otak tidak tercukupi sehingga bibir menjadi biru dan pucat

  1. Badan lebih lemas

Orang yang menderita darah rendah tubuhnya akan merasa lemas dan sangat lemas. Tentu hal ini penyebabnya adalah sama karena darah yang kurang di dalam tubuh. Untuk itu orang yang menderita darah rendah lebih baik banyak istirahat dan perbanyak asupan gizi, agar tubuh tidak selalu lemas dan memiliki banyak tenaga. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui faktor penyebab tubuh gemetar dan lemas.

  1. Mual

Mual-mual ini dapat menyerang kapan saja dan dimana saja. bahkan mual ini selalu datang secara tiba-tiba. Jadi harus dapat ditangani dengan cepat. Atau selalu bawa minyak angin untuk antisipasi agar dapat menangani mual-mual dengan cepat. banyak sekali penyebab mual, seperti penyebab sering mual setelah makan dan penyebab mual setelah mengkonsumsi kopi

  1. Nafas lebih dangkal

Penderita darah rendah jug akan kehilangan kemampuan untuk menguasai nafasnya. Nafas yang dikeluarkan akan lebih cepat dan dangkal, sehingga sering merasa bahwa nafas itu agak terasa sesak. Oleh sebab itu penderita darah rendah ini juga harus mengusahakan dirinya selalu berada pada lingkungan yang bersih. Karena nafas dangkal ini disebabkan karena ketidakmampuan darah dalam mengambil oksigen yang telah diedarkan keseluruh tubuh.untuk itu agar kita tetap sehat dan terjaga penting bagi kita untuk mengetahui beberapa cara agar nafas panjang. Agar kita terhindar dari nafas yang dangkal atau sesak nafas.

  1. Kerja otot terganggu

Kerja otot pasti akan terganggu, bagaimana tidak. Otot itu berfungsi untuk memompa darah yang akan diedarkan keseluruh tubuh. Namun bagaimana jika yang dipompa tidak ada, pasti akan mengaggu kerja otot, sehingga semakin lama otot menjadi lemah

  1. Konsentrasi berkurang

Pada saat darah rendah ini diderita ia akan kehilangan konsentrasi dalam bekerja. Karena penderita akan lebih sering mengalami kebingungan. Dan juga penderita darah rendah ini akan kesulitan untuk berfikir jernih. Hal ini karena otak kekurangna suplai oksigen yang seharusnya dapat membantu seluruh aktivitas itu. Beberapa cara meningkatkan fokus dan konsentrasi sangat penting untuk menghindari hal hal yang tidak diingikan.

  1. Mengantuk

Ketika oksigen tidak dapat sampai pada otak dengan maksimal, maka rasa ngantuk juga akan mudah untuk menyerang. terlebih merasa ngantuk setelah makan pagi dan siang,  Itu sebabnya penderita harus berhati-hati ketika rasa ngantuk ini terus menyerang, jangan sampai malah mengantuk saat berada di perjalanan.

  1. Dehindrasi

Penderita darah rendah ini akan merasakan rasa haus karena seharusnya banyak suplai air yang dapat embantu pergerakan sirkulasi cairan pada tubuh. Oleh karena itu untuk mengurangi pusing dan kunang-kunang serta gejala lain pada darah rendah ini dapat diatasi dengan banyak minum, tidak hanya darah rendah saja yang harus banyak minum air putih karena beberapa bahaya dehidrasi kita harus memperbanyak konsumsi air minum agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Mudah berkeringat

Kerja otot yang sangat keras yang membuat otot menjadi lemas itu juga berdampak pada bagian luar yaitu tubuh. Dengan demikian tubuh akan lebih mudah mengeluarkan keringat. Padahal keringat ini mengaggu aktivitas seseorang dalam beraktivitas karena keringat menyebabkan lengket. Tubuh yang sangat berkeringat merupaakan salah satu indikasi danya gangguan kesehatan, maka dari itu ketahuilah penyebab tubuh sering berkeringat.

  1. Kepala terasa ringan

Sangat wajar ketika kepala akan lebih terasa ringan, kerana seharusnya kepala yang terisi oksigen pada bagian otak pada saat menderita darah rendah oksigen itu tidak dapat masuk ke otak, meskipun itu hanya ilustrasi saja, tetapi hal itu memang dapat menjadi salah satu faktor mengapa kepala menjadi lebih terasa ringan. Biasaya penderita darah rendah selalu merasakan sering sakit kepala. Sehingga rasa sakit dan kliyengan pada saat darah rendah ini akan semakin terasa pusing berat karena selain kepala terasa dingin kepala juga merasakan sakit yang sangat sakit. Apalagi jika angka dalam darah rendah itu sangat jauh dibawah normal. Jika angka darah rendah jauh di bawah normal akan sulit untuk penderita melakukan aktivitas seperti biasanya.

Itulah ciri-ciri yang paling sering terjadi pada pederita darah rendah. Jika sudah demikian harus benar-benar dipahami dan dimengerti bagaimana cara mengetasi darah rendah. Karena sangat berbahaya jika darah rendah di diamkan begitu saja. ditakutkan akan menjadi penyakit dan komplikasi yang tidak diinginkan. Ada beberapa jenis darah rendah besarta bagaimana cara menanaganinya yang juga harus dipahami agar darah rendah dapat cepat diatasi dan segala aktivitas akan cepat untuk dilakukan karena tidak terganggu oleh darah rendah itu.  Dengan memahami setiap gejala dari darah rendah itu maka setiap kalli darah rendah akan bermunculan kembali dalam menanganinya dapat ditangani dengan cepat.