Mata Kunang Kunang Kepala Pusing – Penyebab – Cara Mengatasi

15791

Mata kunang-kunang kepala pusing mungkin pernah dialami oleh sebagian orang. Ketika beraktivitas atau ketika beristirahat pun kadang orang mengalami hal tersebut. Sayangnya hanya sedikit orang yang tau apa saja yang menyebabkan kondisi yang demikian menyerang tubuhnya. Mata kunang-kunang kepala pusing tidak boleh dianggap sepele sebab bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anda harus cepat memahami kondisi medis yang terjadi pada anda, karena bisa jadi kepala sering pusing dan mata sering kunang kunang dapat pertanda suatu penyakit. Sekecil apapun gejalanya sebaiknya kita berprasangka buruk terlebih dahulu agar dapat di atasi secara dini. Nah, kami telah merangkum berbagai kemungkinan penyakit, gejala atau tanda yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Penyebab Mata Kunang Kunang dan Kepala Pusing

Mata kunang-kunang kepala pusing tidak selamanya dikaitkan dengan penyakit namun bisa menjadi sinyal untuk tubuh. Sinyal tersebutlah yang harus dipahami oleh kita. Ada juga mata kunang-kunang yang diidentikkan dengan penyakit. Berikut ini adalah gejala yang ditandai dengan mata kunang-kunang kepala pusing yang harus diketahui :

  1. Vertigo

Gejala yang ditandai dengan mata kunang-kunang dan kepala pusing yang pertama adalah vertigo. Vertigo berhubungan dengan keseimbangan. Sebenarnya vertigo sendiri bukanlah suatu penyakit namun gejala dari suatu penyakit. Ketika keseimbangan tubuh terganggu tubuh akan mengirimkan sinyal berupa rasa pusing dengan mata kunang-kunang. Tidak hanya itu saja orang yang mengalami vertigo dia akan merasakan mual, muntah dan tidak bisa menjaga keseimbangan. Jika gejala vertigo sudah menjadi vertigo, mata kunang-kunang dan juga pusing yang dirasakannya akan semakin bertambah. Sehingga orang yang mengalami vertigo banyak yang tidak bisa bangun dari tempat tidurnya selama berhari-hari.

Baca : Gejala Vertigo – Cara menyembuhkan vertigo – Bahaya penyakit vertigo – Pantangan Vertigo – makanan untuk penderita vertigo

  1. Penurunan Kadar Glukosa

Gejala penurunan glukosa ditandai dengan mata kunang-kunang dan juga pusing. Hal itu dikarenakan tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak jika tubuh sedang mengalami penurunan glukosa sehingga otak akan meresponnya dengan memberikan mata kunang-kunang dan juga pusing.

  1. Lapar

Orang yang lapar juga ditandai dengan mata kunang-kunang dan juga pusing. Saat lapar tubuh membutuhkan energi. Energi yang berkurang di dalam tubuh akan membuat tubuh mengalami penurunan glukosa. Orang yang mengalami penurunan glukosa di dalam tubuhnya akan mengalami pusing dan juga mata kunang-kunang.

Baca : Penyebab cepat lapar

  1. Pingsan

Saat mau pingsan orang akan mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing. Hal itu dikarenakan saat orang pingsan juga ada yang disertai dengan penurunan glukosa di dalam tubuhnya sehingga saat penurunan glukosa itu akan muncul mata kunang-kunang dan juga pusing.

Baca : Penyebab pingsan

  1. Tekanan Darah Rendah

Orang yang mengalami tekanan darah rendah juga akan mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing. Tekanan darah yang rendah membuat darah tidak mampu diedarkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh tidak memiliki darah yang cukup terutama di bagian otak. Oleh sebab itu orang yang mengalami tekanan darah rendah akan mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing.

Baca : Bahaya akibat darah rendah – Ciri ciri darah rendah – Cara mengatasi darah rendah – Makanan penambah darah – Penyebab darah rendah

  1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga bisa membuat seseorang mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing. Alasannya adalah di dalam tubuh orang yang mengalami tekanan darah tinggi terjadi penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah itu bisa menyebabkan aliran darah susah di edarkan ke seluruh tubuh akibatnya aliran darah menuju ke otak menjadi terganggu. Otak yang kekurangan darah akan kekurangan oksigen  akan menyebabkan mata kunang-kunang dan juga pusing.

Baca : Cara mencegah darah tinggi – Makanan untuk darah tinggi – Pantangan darah tinggi – cara mengatasi darah tinggi – Bahaya darah tinggi

  1. Dehidrasi

Kita tidak boleh menganggap enteng efek dari dehidrasi. Tubuh membutuhkan cairan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan maka asupan oksigen di dalam tubuh pun akan berkurang. Dampak yang signifikan akan dialami otak, otak akan mengirimkan sinyal berupa rasa pusing dan juga mata kunang-kunang sebagai tanda tubuh kekurangan oksigen dan cairan. Usahakan untuk bisa meminum cairan sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan satu sampai dua liter air per hari.

  1. Migrain

Migrain merupakan penyakit yang ditandai dengan mata kunang-kunang dan juga pusing. Mata kunang-kunang dan juga pusing itu menjadi tanda bahwa tidak ada keseimbangan di belahan otak kiri dan otak kanan sehingga sakit kepala hanya menyerang sebelah kepala saja.

Baca : Bahaya sering migrain

  1. Kurang Tidur

Orang yang kurang tidur juga akan mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing. Alasannya adalah ketika seseorang kurang tidur energi tubuh belum  tercukupi untuk bergerak kembali dan juga beraktivitas. Organ-organ yang ada di dalam tubuh juga akan dipaksa bekerja lebih keras sehingga fungsinya menurun.

Baca : Bahaya akibat kurang tidur – Ciri ciri kurang tidur – Cara mengatasi susah tidur – Bahaya akibat kebanyakan tidur – Bahaya tidak tidur di malam hari

  1. Makan Tidak Teratur

Orang yang makan tidak teratur juga akan sering mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing. Alasannya adalah orang yang makan dengan tidak teratur memiliki kadar gula di dalam darah yang tidak stabil. Gula darah yang tidak stabil itulah yang menjadi penyebab mengapa mata menjadi kunang-kunang dan juga pusing.

Baca : Bahaya berbaring setelah makan – Cara Cepat Gemuk – Makanan untuk diet

  1. Aliran Darah Yang Cepat

Aliran darah yang cepat juga bisa membuat seseorang mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing. Misalnya saja adalah ketika anda jongkok kemudian berdiri anda akan mengalami aliran darah yang cepat ke bagian kaki. Aliran darah yang cepat itulah yang membuat seseorang akan mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing.

  1. Tumor Otak

Orang yang memiliki tumor di otaknya bisa mengalami pusing dan juga mata kunang-kunang. Alasannya adalah pertumbuhan tumor di otak bisa mengganggu kinerja syaraf-syaraf yang bepusat pada otak. Sehingga otot mata akan terganggu dan juga otot di otak itu sendiri juga terganggu.

  1. Stress

Orang yang sedang stress syaraf-syaraf yang ada di otak akan menegang sehingga dia akan mengalami pusing dan juga mata yang berkunang-kunang. Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk tidak stress dan menikmati hidup dengan perasaan riang gembira. Fakta menunjukkan bahwa stress merupakan pemicu penyakit-penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Misalnya saja stroke, diabetes, parkinson dan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Glaukoma

Orang yang mengalami glaukoma juga akan mengalami gejala mata kunang-kunang dan juga pusing. Glaukoma adalah penyakit mata ditandai dengan cairan yang ada di dalam bola mata terlalu tinggi sehingga syaraf optik menjadi rusak. Syaraf optik ini sangat penting sebab mengirimkan sinyal yang dilihat mata menuju ke otak. Otak akan merespon dengan memberikan mata kunang-kunang dan juga pusing.

baca : Cara mencegah glaukoma – Gejala glaukoma – Penyebab glaukoma

  1. Meningitis

Meningitis merupakan penyakit radang selaput otak. Saat radang selaput otak terganggu otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh berupa mata kunang-kunang dan juga rasa pusing. (Baca : Vaksinasi Meningitis)

  1. Stroke

Gejala stroke juga ditandai dengan mata berkunang-kunang dan juga pusing. Hal itu dikarenakan penyempitan pembuluh darah di bagian otak bisa membuat otak mengirimkan sinyal ke tubuh berupa mata kunang-kunang dan juga rasa pusing. Penderita stroke akan mengalami penyempitan pembuluh darah di bagian kepala.

Baca : Gejala stroke – Makanan sehat untuk penderita stroke

  1. Infeksi Telinga

Syaraf yang ada di telinga berhubungan langsung dengan otak sehingga jika telinga mengalami gangguan maka otaklah yang akan memberikan sinyal. Begitupula dengan vertigo, ketika sumber vertigo berada di bagian telinga otak akan mengirimkan sinyal berupa mata kunang-kunang dan juga pusing.

  1. Sinusitis

Mata kunang-kunang dan juga pusing bisa menjadi tanda anda mengidap sinusitis.  Sinuistis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang ada di bagian rongga hidung. Syaraf yang ada di rongga hidung ini berhubungan dengan syaraf otak sehingga otak akan memberikan sinyal berupa pusing dan juga mata yang berkunang-kunang.

Baca : Penyebab sinusitis – Gejala sinusitis

Kondisi Yang Normal Dari Mata Kunang-Kunang Dan Pusing

Ada satu kondisi dimana mata menjadi kunang-kunang kepala pusing merupakan hal yang normal. Kondisi mata kunang-kunang da juga pusing yang normal adalah ketika anda berada di bawah terik sinar matahari. Kondisi tersebut adalah hal yang normal sebab mata kunang-kunang dan juga pusing itu diakibatkan oleh teriknya cahaya matahari. Ketika berada di dalam ruangan yang teduh dan tidak terik lagi maka mata kunang-kunang dan pusing itu akan hilang.

Cara Mengatasinya

Mengatasi mata kunang-kunang dan juga pusing adalah sesuai dengan penyebabnya. Anda harus tahu dulu apa yang menyebabkan anda sering merasakan hal seperti itu. Berikut ini cara mengatasi mata kunang-kunang dan juga pusing yang bisa anda lakukan :

  1. Periksa Dokter

Jika anda mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing disebabkan oleh penyakit seperti sinusitis dan lain sebagainya anda harus mengatasinya dengan cara memeriksakan diri ke dokter.

  1. Menjaga Pola Makan

Mengatasi mata kunang-kunang dan juga pusing bisa dengan cara menjaga pola makan. Sebab pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan mata kunang-kunang dan juga pusing.

  1. Mencari Sumber Penyebab

Mengatasi mata kunang-kunang dan juga pusing bisa dengan cara mencari sumber penyebabnya. Misalnya saja adalah anda mengalami gejala vertigo, agar anda tidak mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing ketika anda mengunjungi dokter mintalah dokter untuk mencari sumber penyebab dari vertigo itu. Hal itu dikarenakan vertigo merupakan tanda dari penyakit, penyakit itu bisa berasal dari telinga, otak atau hidung.

  1. Mencukupi Cairan Tubuh

Yang tidak kalah penting lagi adalah anda dituntut untuk bisa mencukupi cairan tubuh yang ada di dalam tubuh. Cairan tubuh yang cukup bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi, sedangkan dehidrasi adalah penyebab seseorang mengalami mata kunang-kunang dan juga pusing.

Gejala penyakit lain yang sering di abaikan

Jangan pernah sepelekan berbagai gejala penyakit yang ada di tubuh anda, karena bisa jadi itu adalah kemungkinan penyakit paling mematikan yang dapat dicegah secara dini.