15 Cara Mencegah Glaukoma Secara Alami

3812

Cara mencegah glaukoma secara alami dapat dilakukan melalui aktivitas serta melalui makanan serta gizi yang tepat. Glaukoma masih menjadi salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Dampak yang paling ditakuti dari penyakit ini adalah kebutaan dan kerusakan mata permanen. Hingga saat ini memang belum ada pencegahan glaukoma yang efektif. Hanya saja kita bisa mencegah dengan memeriksakan mata secara berkala. Tentu ini menjadi langkah yang sulit karena biasanya masyarakat hanya memeriksa mata ketika sudah bermasalah. Karena itu paling tidak orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun harus melakukan pemeriksaan mata secara berkala.

Namun selalu ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan oleh semua orang untuk mencegah glaucoma. Berikut ini langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk untuk anak-anak dan orang lanjut usia.

1. Lindungi Mata Saat Olahraga

Manfaat olahraga sangat besar bagi kesehatan. Saat Anda sedang olahraga atau melakukan latihan secara rutin maka lebih baik untuk menggunakan pelindung mata. Misalnya jika Anda berlari di siang atau sore hari maka gunakan kacamata hitam. Selain itu selalu gunakan kaca mata saat berenang atau olahraga lain yang bisa menyebabkan mata mendapatkan cedera. Trauma pada mata bisa menyebabkan glaukoma sudut tertutup sehingga terkadang gejala tidak bisa langsung mudah dirasakan.

2. Konsumsi Omega 3

Anda bisa mencegah glaukoma dengan cara sering mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Ini adalah salah satu jenis lemak yang berasal dari hewan yang bisa bekerja untuk meningkatkan perlindungan terhadap fungsi retina. Asam lemak omega 3 juga bisa mengatasi semua jenis penyakit yang bisa menyerang bagian lensa dan retina mata. Beberapa sumber makanan yang mengandung lemak omega 3 adalah seperti ikan salmon liar yang hidup didanau.

3. Mengkonsumsi Sumber Zeaxanthin dan Lutein

Semua jenis makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein adalah makanan yang sangat baik untuk mencegah glaukoma. Lutein merupakan zat karotenoid yang ditemukan pada sayuran. Lutein juga menjadi salah satu antioksidan alami yang bisa memberikan perlindungan untuk mata termasuk lensa dan retina. Lutein juga memiliki manfaat yang sama seperti pada zeaxanthin. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, kubis, dan kuning telur. Lebih baik jika memasaknya dengan minyak sehat seperti minyak zaitun karena lutein sangat mudah larut dalam minyak.

4. Hindari Sumber Lemak Trans

Cara mencegah glaukoma yang paling tidak diketahui oleh orang adalah menghindari lemak trans. Kita mungkin tidak sadar ketika mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans adalah salah satu jenis lemak yang bisa menganggu serapan lemak omega 3 dalam tubuh. Lemak trans bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit mata termasuk glaukoma. Beberapa sumber makanan yang mengandung lemak trans seperti minyak goreng sayur (minyak dari sawit, kelapa), semua makanan yang dibakar, semua jenis makanan yang digoreng, kerupuk dan makanan cepat saji.

5. Konsumsi Buah Berwarna Gelap atau Abu-Abu

Semua jenis buah yang memiliki warna gelap atau abu-abu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata seperti untuk mencegah penyakit glaukoma. Beberapa buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah seperti bluberry, cranberry, dan semua jenis golongan buah berry. Buah-buahan ini bisa membuat sistem syaraf dan otot pada bagian mata bisa bekerja secara maksimal.

6. Melakukan Pemeriksaan Mata Teratur

Orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun harus melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Langkah ini diperlukan untuk mengatasi semua jenis gejala yang mungkin muncul paling awal. Ketika glaukoma diketahui sejak dini maka Anda bisa memutuskan melakukan diet yang sehat untuk mata. Selain itu pemeriksaan mata juga bisa mencegah terjadinya kerusakan mata yang lebih lanjut. Terlebih bagi Anda yang memang memiliki keluarga dengan riwayat penyaki glaukoma. Glaukoma juga bisa diturunkan lewat garis keluarga sehingga harus lebih waspada.

7. Kendalikan Kadar Gula Darah

Jika Anda memiliki gangguan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah seperti diabetes, maka harus selalu waspada dengan glaukoma. Ketika kadar gula dalam darah tinggi maka bisa membuat lensa mata dan retina mengalami gangguan. Tubuh tidak bisa membuat insulin yang cukup untuk mengolah semua kadar gula dalam darah. Dampaknya bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lensa dan retina. Gejala yang perlu diwaspadai adalah pandangan mata kabur, sering sakit kepala, pandangan mata ganda, peka terhadap cahaya dan sering disertai dengan mual atau muntah.

8. Hindari Makanan Tinggi Garam

Bagi Anda yang sudah mengalami gangguan penyakit hipertensi maka harus menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi garam. Garam bisa menyebabkan gangguan untuk sistem otot dan pembuluh darah. Ketika ada banyak garam maka semua organ bekerja keras termasuk untuk jantung yang mengedarkan darah ke pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan tekanan yang sangat berat pada pembuluh darah di bagian mata. Akibatnya peluang glaukoma bisa menjadi semakin besar.

9. Hindari Minum Banyak Sekaligus

Kebiasaan minum banyak sekaligus juga bisa menyebabkan masalah pada tekanan syaraf di bagian mata. Ketika Anda minum dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu maka bisa menyebabkan tekanan yang sangat berat pada syaraf mata. Tekanan inilah yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan atau masalah aliran pada cekungan lensa mata. Dampak yang paling fatal adalah resiko glaukoma yang lebih tinggi.

10. Hindari Kopi Berlebihan

Semua jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi harus diminum dalam jumlah yang terbatas. Mengkonsumsi berlebihan bisa meningkatkan resiko glaukoma. Hal ini disebabkan karena bisa menyebabkan tekanan darah yang semakin tinggi dan menyebabkan tekanan pada bagian syaraf mata. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan masalah untuk bagian lensa dan retina mata.

Baca : bahaya kopibahaya kafein

11. Konsumsi Makanan Tinggi Karotenoid

Sejak usia dini maka Anda bisa membiasakan anak-anak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat karotenoid tinggi. Makanan yang mengandung zat karotenoid juga sangat identik dengan makanan yang berwarna kuning. Selain sumber makanan karotenoid juga memiliki banyak cadangan vitamin A yang sangat baik untuk mata, kaya antioksidan yang bisa mencegah semua penyakit degenerasi makula dan menjaga kesehatan lensa mata. Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, papaya, nanas, ubi jalar, dan wortel.

12. Hindari Minum Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan masalah untuk mata. Alkohol mungkin tidak akan menyebabkan glaukoma secara langsung. Tapi kebiasaan terus menerus mengkonsumsi alkohol bisa membuat masalah pada hati. Hati bertugas untuk menyaring semua racun dalam tubuh. Jika tubuh menerima banyak alkohol maka bisa membuat kerja hati akan terganggu. Ketika hati sudah mengalami masalah maka glaukoma bisa muncul sebagai salah satu gangguan.

Baca : Bahaya alkohol

13. Berhenti / Hindari Merokok

Hampir semua penyakit dapat timbul dari rokok, begitu juga dengan glaukoma, cara mencegah glaukoma dapat dilakukan melalui rokok. Merokok mungkin menjadi salah satu kebiasaan buruk yang umum terjadi. Ketika merokok maka asap keluar dari mulut atau hidung sebagai zat buangan. Ternyata asap rokok masih tetap mengandung nikotin. Kondisi ini bisa menyebabkan penuaan pada mata, kerusakan kornea dan lensa mata dan potensi penyakit glaukoma yang lebih tinggi. Jadi sebaiknya Anda berhenti merokok mulai sekarang.

Baca : Akibat berhenti merokok – Bahaya nikotin rokok – Bahaya merokok bagi remaja – cara berhenti merokok – Bahaya asap rokok – Bahaya rokok elektrik

14. Hindari Makanan Penyebab Alergi

Beberapa orang memang tidak bisa memberikan toleransi terhadap jenis makanan tertentu. Beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi adalah seperti makanan laut, biji-bijian, kacang-kacangan, susu dan sumber makanan lain. Jika Anda sudah dinyatakan alergi terhadap makanan tersebut sebaiknya memang harus menghindari untuk tidak makan sama sekali. Makanan penyebab alergi sering menyebabkan tekanan pada bagian mata secara berlebihan. Reaksi tekanan pada mata muncul ketika alergi keluar sebagai reaksi tubuh terhadap penolakan makanan tersebut. Tekanan inilah yang kemudian bisa menyebabkan potensi glaukoma.

Baca : Cara tes alergi – Cara mencegah alergi – Penyebab alergi kulit

15. Lindungi Mata dari Sinar UV

Mungkin Anda tidak pernah menyadari jika sebenarnya sinar matahari bisa menyebabkan glaukoma jika langsung mengenai mata. Jadi biasakan untuk memberikan perlindungan pada mata jika Anda beraktivitas secara langsung dibawah sinar matahari. Sinar UV bisa membuat tekanan yang terlalu berat pada bagian lensa dan kornea. Kebiasaan mata yang terkena sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan glaukoma. (Baca : bahaya sinar matahari langsung – Bahaya sinar UV)

Salah satu cara yang paling tepat untuk mencegah glaukoma adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Pada tahap awal glaukoma masih bisa diobati untuk mencegah kebutaan atau kerusakan mata permanen. Jadi hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencegah glaukoma adalah mengikuti beberapa langkah di atas dan mencoba periksa mata secara berkala.