5 Manfaat Vitamin A Untuk Mata Dan Kesehatan

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh khususnya untuk kesehatan mata. Vitamin A termasuk vitamin yang larut lemak, sama halnya dengan vitamin D, E, dan K. Dan selain memiliki manfaat untuk mata, vitamin A juga sangat membantu dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

Secara umum manfaat vitamin A untuk mata memang ada banyak sekali. Hal ini dikarenakan vitamin A terdiri dari beberapa senyawa kimia, di antaranya retinol, asam retinoat, retinal, dan beberapa karotenoid provitamin-A serta beta karoten. Dengan kandungan tersebut, vitamin A sangat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang merupakan sumber vitamin A.

  • Sayuran : wortel, brokoli, bayam
  • Umbi : ubi jalar
  • Buah : apel, anggur, kiwi
  • Hewan : minyak ikan

Berikut ini adalah 5 manfaat vitamin A untuk mata dan kesehatan.

  1. Membantu Mencegah Mata Minus (Rabun Jauh)

Penyebab mata minus adalah adanya abnormalitas pada otot siliaris mata sehingga tidak bisa melihat benda dari jarak yang jauh atau benda tersebut akan nampak kabur atau buram. Dan apabila sudah menderita rabun jauh ini, maka orang tersebut harus menggunakan kaca mata untuk melihat benda yang jauh.

Mata minus ini bisa dicegah dengan cara memperbanyak konsumsi vitamin A serta memperbaiki pola hidup yang kurang sehat untuk mata. Beberapa pola hidup yang kurang baik untuk mata adalah kebiasaan membaca sambil tidur, kebiasaan membaca di ruangan yang gelap atau kurang cahaya, menonton televisi sambil tidur, serta terlalu banyak bermain game di komputer atau smartphone.

Selain bisa mencegah gangguan mata minus, sumber vitamin A seperti wortel bisa juga digunakan untuk terapi mata minus. Terapi secara alami ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi secara rutin buah wortel yang diparut kemudian diseduh dengan air panas, setelah itu diaduk lalu disaring. Air ekstrak wortel diminum secara rutin 3 kali sehari. Dan selama terapi, tidak diperbolehkan untuk menggunakan kaca mata.

  1. Membantu Mencegah Mata Katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang sering dijumpai di Indonesia. Penyakit ini disebabkan adanya pengapuran pada lensa mata sehingga ada semacam penghalang pada lensa mata. Akibatnya cahaya tidak bisa masuk ke mata dan retina tidak bisa menerima cahaya tersebut. Sehingga penderita katarak juga memiliki gejala seperti kebutaan.

Dengan asupan vitamin A yang cukup, resiko katarak akan diminimalkan. Karena dengan vitamin A yang bersifat sebagai antioksidan, kotoran dalam mata akan ditangkap sehingga kotoran (zat kapur) pada lensa mata akan berkurang/hilang.

  1. Membantu Mencegah Rabun Senja

Rabun senja adalah suatu penyakit penurunan fungsi retina sehingga pada saat malam hari tidak akan bisa melihat dengan normal. Dengan kandungan senyawa retinol dalam vitamin A, retinol akan membantu memperbaiki dan meningkatkan metabolisme pada sel mata sehingga fungsi retina bisa berjalan dengan normal baik pada siang ataupun malam hari.

  1. Membantu Metabolisme Sel Mata

Sebagaimana kita ketahui pada vitamin A terdapat banyak kandungan senyawa yang baik untuk mata. Senyawa tersebut akan membantu metabolisme hampir semua sel yang ada di mata sehingga sel akan selalu berada dalam kondisi yang sehat. Dengan asupan vitamin A yang cukup, maka kesehatan mata akan tetap terjaga.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Mata

Dengan manfaat sebagai antioksidan, regenerasi sel mata, serta meningkatkan imunitas tubuh, vitamin A menjadi nutrisi yang sangat penting untuk mata. Hal ini dikarenakan mata adalah satu satunya organ yang berfungsi untuk melihat sehingga perannya akan sangat vital sekali. Untuk itu agar organ mata tetap sehat, maka perlu asupan vitamin A dalam takaran yang cukup.

Demikian 5 manfaat vitamin A untuk mata dan kesehatan, semoga dengan artikel ini anda bisa menjaga asupan vitamin A agar kesehatan mata tetap terjaga. Semoga bermanfaat.