33 Terapi Mata Minus Paling Ampuh

2967

Mata minus dapat dialami oleh siapa saja, baik dai anakanak, dewasa maupun oranng tua. Mata minus adalah keadaaan dimana kondisi mata tidak dapat melihat obyek benda yang terletak jauh. Mata minus juga sering disebut dengan rabun jauh. Seorang yang memiliki mata minus biasanya jika melihat benda jauh maka pandangan akan menjadi blur atau kabur.

Penyebab mata minus

  1. Kurangnya pencahayaan ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan mata

Pencahayaan yang kurang ketika melakukan aktivitas yang berhubungan langsung dengan mata, sangatlah berpengaruh dengan kesehatan mata. Kegiatan seperti membaca, menuis dll harus dilakukan dengan pencahayaan yang cukup, agar mata tidak bekerja terlalu keras, sehingga menimbulkan kelelahan pada mata.

  1. Kekurangan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita, terlebih pada kesehatan mata, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung  vitamin A dan Vitamin C akan membantu untuk menjaga kesehatan mata, beberapa makanan yang mengandung vitamin A dan C diantaranya adalah wortel, pepaya, jeruk, strowberi, buah naga, buah apel, dll

  1. Melihat layar hp, komputer, televisi yang terlalu lama

Cahaya pada layar hp, komputer dan televisi memiliki radiasi yang tidak baik untuk kesehatan mata untuk itu jangan terlalu sering melihat layar hp, komputer dan televisi terlalu sering. Agar kita dapat terhindar dari penyakit mata minus.

  1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis

Terlalu sering mengkonsumsi makanan makanan yang manis ternyata juga merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan mata minus untuk itu jangan biasakan kita hidup dengan gaya hidup tidak sehat biasakan lah hidup dengan gaya hidup sehat agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit dalam tubuh kita.

  1. Bekerja pada daerah yang banyak debu tanpa menggunakan kaca mata untuk pelindung

Bekerja didaerah yang berdebu memang tidak menyenangkan, bekerja didaerah yang memiliki banyak debu selain dapat menyebabkan sesak nafas bekerja pada daerah yang banyak debu juga dapat menyebabkan mata menjadi kotor dan menjadikan mata minus. Untuk itu perlunya memakai pelindung mata agar mata terhindar dari debu.

  1. Terlalu lama bekerja di bawah sinar matahari, tanpa menggunakan pelindung mata.

Selain memiliki bahaya sinar matahari di siang hari bagi kesehatan dan kulit ternyata bekerja dibawah sinar matahari terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan mata.

  1. Kurangnya istirahat setelah mata bekerja terlalu lama.

Mata kita tidak dapat bekerja terlalu lama, lebih lebih ketika mata berhadapan langsung dengan sinar yang berada pada komputer, hp ataupun televisi. Jangan biarkan mata kita bekerja terlalu sering yang menyebabkan kelelahan yang berlebihan. Istirahatkanlah mata ketika sudah merasa lelah. Hal ini juga dapat menjaga kesehatan mata kita.

  1. Adanya faktor genetik

Faktor genetik juga merupakan salah satu dari penyebab mata minus, jadi ada beberapa orang yang memiliki mata minus dikarenakan orang tuanya memang sudah memiliki mata minus tersebut. Jika hal tersebut terjadi maka mata minus yang anda derita adalah mata minus yang disebabkan karena faktor keturunan.

Terapi mata minus

  1. Menatap obyek jarak jauh

Melakukan latihan melihat obyek dengan jarak jauh juga dapat mengurangi terjadinya mata minus. Melihat obyek jarak jauh dapat dilakukan dengan melihat sawah, gunung, bukit, yang jelas obyek yang kita tatap berada jauh dari pandangan kita.

  1. Istirahatkan mata

Untuk menghindari kelelahan yang brlebihan setelah kita beraktivitas istirahatkan mata sejenak. Jangan biarkan mata terlalu keras bekerja, karena hal tersebut dapat merusak mata dan akhirnya menyebabkan mata menjadi minus atau jika sudah terkena mata minus menjadikan minus menjadi lebih parah.

  1. Senam mata

Senam mata juga dapat mengurangi resiko terjadinya mata minus, cara melakukan senam mata bisa dengan menutup salah satu mata kita dan melihat obyek benda yang bergerak dari jarak yang jauh dan semakin mendekat. Senam mata ini dapat dilakukan secara bergantian dari mata sebelah kanan lalu mata sebelah kiri.

  1. Kompres mata dengan air hangat

Mengkompres mata dengan air hangat juga dapat mengurangi minus pada mata, untuk mata yang lelah juga dapat melakukan kompres mata dengan air hangat, kompres mata dengan air hangat dapat dilakukan dengan cara menempelkan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat pada bagian mata, sehingga mata menjadi lebih rileks.

  1. Gunakan kacamata terpolarisasi

Menggunakan mata terpolarisasi dapat menahan silu dari cahaya lampu atau cahaya matahari secara langsung.  Menggunakan kacamata terpolarisasi juga dapat menjadikan mata menjadi lebih rilexs.

  1. Konsumsi ikan salmon

Makanan yang kita konsumsi sehari hari juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Terlebih ketika kita menderita mata minus kita harus memperhatikan asupan asupan nutrisi yang kita peroleh untuk tubuh kita. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak dan juga omega-3 yang dapat digunakan untuk membantu kesehatan mata.

  1. Konsumsi jus alpukat

Alpukat juga tidak asing agi bagi kita, alpukat juga memiliki manfaat untuk mengatasi mata minus sebab didalam alpukat mengandung zeaxantin dan juga lutein yang memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan pada bagian makula.

  1. Konsumsi jus wortel

Wortel merupakan sayuran yang mengandung vitamin Ayang tinggi, worte juga sudah lama dipercaya untuk menjaga kesehatan pada mata. Sebab didalam wortel memiliki kandungan lutein, zea xantin dan juga beta karotin yang dengan efektif dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata minus. Dengan rutin mengkonsumsi jus worte kesehatan mata kita akan terjaga dan juga kita dapat terhindar dari bahaya mata minus.

  1. Konsumsi sayur bayam

Bayam memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti beta karotin yang dapat mengatasi mata minus. Kandungan beta karotin yang terdapat pada bayam dpat membantu dlam penyerapan vitamin A yang masuk kedalam tubuh dari jenis sayuran yang lainnya. Bayam juga merupakan sayuran yang dapat memelihara mata minus agar menjadi lebih sehat, untuk perawatan mata minus lebih dianjurkan bayam yang sudah menjadi sayur daripada bayam yang masih mentah.

  1. Konsumsi jus jeruk

Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin c yang banyak. Seain rasanya nikmat jeruk juga merupakan minuman yang dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi jus jeruk secara rutin dapat mengurangi mata minus yang kita derita. Karena vitamin c dan vitamin a yang ada pada jeruk dapat menangkal dan mengatasi  radikal bebas yang ada didalam tubuh kita.

  1. Kurangi konsumsi gula

Selain menyebabkan Gejala diabetes mengkonsumsi gula berebih juga tidak baik untuk kesehatan mata. Makanan yang mengandung gula  yang berlebih dapat menyebabkan kondisi mata minus menjadi lebih parah karena kadar gula yang masuk tidak hanya berada didalam darah tetepi juga dapat menjadi radikal bebas yang bisa merusak makula mata.

  1. Kurangi asupan karbohidrat

Asupan karbohidrat yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan mata  meskipun karbohidrat merupakan makanan pokok yang ada di indonesia tapi untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan mata kita harus pandai dalam mengatur asupan makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang berkabohidrat secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata sebab dalam karbohidrat memiliki kandungan glikemik yang sangat tinggi.

  1. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet

Makanan yang mengandung bahan pengawet tidak baik untuk kesehatan tubuh, termaksud juga untuk kesehatan mata, makanan yang mengandung bahan pengawet diterima tubuh sebagai radikal bebeas sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

  1. Memakai pelindung mata

Menggunakan pelindung mata seperti kaca mata anti radiasi juga dapat mengurangi mata minus, sebab mata tida kangsung terkena sinar atau radiasi yang dipancarkan dari cahaya cahaya tertentu.

  1. Kurangi menonton tv

Pantulan sinar yang dihasilkan dari televisimengandung radiasi yang sangat tajam dan juga sinar untraviolet, maka dari itu untuk menghindari mata minus menjadi lebih parah maka jangan menonton tv terlalu lama. Sinar yang dipancarkan dari tv dapat menyebabkan kerusakan pada bagian makula mata, yang mengakibatkan mata menjadi cepat lelah.

  1. Pakailah perlindung layar komputer

Pantuan cahaya yang dipantulkan dari layar komputer kemata dapat menyebabkan retina mata menjadi lelah. Hindarilah pantulan radiasi secara angsung mengenai mata dengan cara menggunakan pelindung layar.

  1. Sesuaikan pencahayaan saat membaca

Pencahayaan disaatkita melakukan aktivitas terlebih membaca sangatlah diperlukan. Ketika kita membaca usahakan gunakan cahaya yang terang. Melakukan aktivitas membaca ditempat yang gelap dapat membuat mata bekerja terlalu keras, sehingga mata menjadi cepat lelah.

  1. Gunakan kaca mata minus

Menggunakan kaca mata minus juga dapat menghindari mata minus bertambah menjadi lebih parah, untuk menerapi mata minus dengan menggunakan kaca mata adalah dengan menggunakan kaca mata minus sesuai dengan ukuran. Bisa juga dengan mengurangi sedikit lebih rendah dari mata minus yang sebenarnya, hal inin digunakan agar mata menjadi lebih fokus, sama halnya seperti saat kita melakukan senam mata.

  1. Konsumsi ubi secara rutin

Mengkonsumsi ubi rebus atau ubi yang sudah dikukus secara aktiv dapat mengurangi mata minus. Ubi juga merupakan  makanan kaya serat sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh dan tidak memiliki karbohidrat yang berlebih. Ubi juga kaya akan nutrisi yang dapat membantu mata agar terhindardari radikal bebas.

  1. Konsumsi tiram

Tiram juga dapat digunakan sebagai salah satu makanan yang dapat memeihara kesehatan mata, tiram merupakan makanan laut yang memliki kandungan seng yang baik untuk mata. Membiasakan untuk mengkonsumsi tiram akan mengurangi mata minus. Kandungan seng yang ada pada tiram dapat melindungi makula lensa dan retina mata.

  1. Konsumsi kacang kacangan

Kacang kacangan sangat mudah dicari di pasar, ternyata kacang kacangan juga memiliki manfaat untuk menghindari mata minus sebab kacang kacangan memiliki  vitamin E  yang tinggi, vitamin E dapat digunakan sebagai pelindung akibat radikal bebas pada mata. Jenis kacang kacangan yang biasa dikonsumsi sebagai terapi mata minus adalah kacang tanah, kacang almond, kacang mete.

  1. Terapi warna

Terapi melihat warna juga dapat digunakan untuk menerapi mata minus. Terapi melihat warna untuk mata minus dapat dilakukan dengan cara melihat satu atau dua warna kombinasi dengan tujuan agar mata kita dapat lebih fokus. Setelah melihat kombinasi warna lakukanah relaksasi pada mata dan juga lakukan pemijatan pada area sekitar mata.

  1. Besah lasik

Besah lasik adalah salah satu tindakan medis yang dilakukan untuk menangani mata minus.tindakan ini digunakan dengan metode bedah laser, tindakan bedah lasik ini hanya dapat dilakukan oleh dokter. Tindakan bedah lasik dapat menyembuhkan mata minus secara permanen. Tapi sayangnya tindakan bedah asik ini membutuhkan biaya yang mahal.

Masih ada beberapa cara terapi mata minus yang dapat dilakukan, dengan menggunakan beberapa terapi mata minus tersebut akan menghindarkan kita dari penyakit mata minus yang semakin parah.