Ini 3 Manfaat Jalan 10000 Langkah bagi Penyakit Degeneratif

Olahraga paling murah, mudah dan berdampak baik bagi kesehatan adalah berjalan kaki. Jalan kaki merupakan olahraga ringan yang sangat praktis di mana melakukannya sampai 10.000 langkah per hari disebut mampu menyehatkan tubuh dan menormalkan berat badan. Berbagai manfaat jalan kaki 10000 langkah yang setara dengan 8 km sungguh besar lho.

  1. Membakar Kalori

Manfaat utama dari jalan kaki beribu-ribu langkah ini apa lagi kalau bukan membakar kalori dalam tubuh. Melakukannya setiap hari akan membantu pembakaran sampai 1000 kalori sehingga inilah yang menjadi alasan kenapa berjalan kaki mencapai 10 ribu langkah rutin mampu menurunkan berat badan berlebih serta menjaga berat badan agar senantiasa ideal.

  • Menormalkan Gula Darah

Bagi para pemilik risiko diabetes dengan kadar gula darah yang mudah melonjak dan sedang tinggi-tingginya. Berjalanlah rutin sampai 10 ribu langkah untuk bisa menurunkan kadar gula darah supaya berada di kondisi normal lagi. Melansir dari Cleveland Clinic, hal ini bisa terjadi karena kardiovaskular kita dilatih dengan baik.

  • Menyehatkan Jantung

Jalan kaki adalah salah satu bentuk latihan sistem kardiovaskular yang aman. Jadi, detak jantung dapat menurun saat beristirahat. Tak hanya itu, jalan kaki 10 ribu langkah merupakan cara menormalkan kadar kolesterol sekaligus tekanan darah sehingga berdampak baik pula untuk kinerja jantung menurut Cleveland Clinic.

Tips Jalan Kaki 10000 Langkah

Jika kita bukan tipe orang yang bergerak aktif dan termasuk jarang berolahraga, hindari langsung melakukan 10000 langkah sekali jalan. Ada baiknya memerhatikan beberapa tips berikut agar otot kaki tidak malah kecapekan atau cedera karena tegang tak pernah dipakai berjalan terlalu lama.

  • Pada minggu pertama, ketahui dulu seberapa banyak langkah yang bisa kita lakukan dalam sehari. Jika belum bisa 10000 langkah, bukan masalah, kita bisa menambahnya sedikit dan sedikit lagi. Anggaplah minggu pertama ini pemanasan untuk minggu-minggu berikutnya.
  • Pada minggu kedua, tingkatkan jumlah langkah kita agar lebih dari minggu pertama. Catatlah berapa langkah yang bisa dilakukan untuk memonitor.
  • Pada minggu ketiga, sambil meningkatkan lagi sedikit demi sedikit jumlah langkah menuju 10000 langkah, undang teman, teman kerja, hingga sanak saudara untuk bergabung berolahraga sehat dengan berjalan kaki ini. Ajaklah saudara atau teman berjalan di sekitar rumah atau ajak teman kerja membeli makan siang dengan berjalan kaki.
  • Pada minggu keempat, tambah lagi jumlah langkah kaki; tak masalah kok kalau belum sampai juga ke angka 10000. Semampu fisik kita saja dan pastikan untuk tidak memaksakan diri terlalu berlebihan. Namun jika sudah dapat mencapainya, selamat! Menjadi aktif adalah tantangan berat untuk kebanyakan dari kita dan kita bisa melewatinya.

Meski begitu, masih menjadi perdebatan antara mana yang lebih baik, 5000 langkah saja cukup atau memang 10000 langkah yang paling efektif. Sebuah studi pada tahun 2009 dilansir dari Live Strong menyatakan kalau berjalan kaki 5000 langkah justru lebih memperbesar potensi seseorang memiliki kesehatan jantung yang buruk, risiko stroke, hingga risiko diabetes.

Sebenarnya begitu besar manfaat jalan kaki 10 ribu langkah, apalagi kalau dilakukan rutin. Hanya saja, hal ini membutuhkan keaktifan fisik yang luar biasa di mana mungkin banyak orang tak mampu melakukannya setiap hari. Namun menurut bbc.com, 5500-5900 langkah per hari justru terbilang cukup karena nyatanya wanita yang berjalan 4000 langkah per hari bila dilakukan signifikan pun berumur lebih panjang daripada para wanita yang per harinya berjalan 2700 langkah; ingin mulai coba?