10 Makanan Yang Dianjurkan Setelah Operasi Amandel Wajib Tau

Amandel  merupakan salah satu komponen yang ada di dalam mulut, amandel tentu memiljki fungsi sendiri di dalam mulut. Bahkan amanel juga baik untuk mndukug pencernaan. Namun apabila amandel tersebut tidak normal dan harus di operasi maka tentufungsi amandel tjdaklah sepeti biasa lagi. Bahkan setelh operasi atau pasca operasimemerlukan azupan hang khusus dibanding merrka yang tidak mengalamj operasi amandel. Pada sseseorang yang mengalaamj atau melakukan operasi ama del barus mengetahui halberikut, ysitu makanan apa saja yang di wajibkan atau disarankan untuk penderita operasi amandel. Adapunmakanan yang ianjurkan bagi penderita amandel pasca operasi adalab sebagai berikut

1. Sayur sup

Sayur su termasuk jenis sayuran yang mudah dikonsumsi. Selain teksturnya yang lembut sayur sup mengandung banyak air yang juga membuat sayur sup menjadi mudah di konsumsi. Apalagi bagi mereka yang menderita amandel ataupun pasca operasi amandel

2. Tahu

Tahu juga memiliki tekstur yang lembut yan juga mudah dikunyah atau dicerna oleh mulut. Sehingga mulut tidak perlu terlalu banyak mengunyah tahu tersebut sehibgga tidak terlalu membuat sakit bagian pasca operasi amandel. Dalam tahu tentu mengandung protein yang baik untuk menjaga kesehatan bahkan protein akan membantu dalam proses penyembuhan penderita yang pasca melakukan operasi amandel.

3. Bubur sum sum

Sangat banyak jenis bubur yang dapat dikonsumsu dan semua bubur tentu memiliki rasa yang enak dan nikmat. Tetapi tidak semua bubur dapat dijonsumsi orang yang pasca menlakukan operasi amandel. Biasanya seorang yang pasca melakukan operaasi amandel cenderung lebih baik mengkonsumsi bubur berjenis bubur sum sum. Karena bubur sum sum memiliki tekstur yang lebih halus sehngga mudah di telan. Berbeda dengan bubur ayam, apabila bubur ayam untuk penderita diabetes. Testurnya pun berbeda, meskipun bubur ayam juga lembut tetapi tidak selembut bubur sum-sum. Jadi penderita amandel lebih disarankan bubur sum-sum bukan bubur ayam.

4. Yogurt

Pada dasarnya jenis susu menang tidak terlalu baik untuk penderita amaandel apalagi mereka yang pasca melakukan operasi amandel. Tetapi untuk yogurt ternyata baik untuk pasca operasi amandel. Yogurt tidak terlalu membuat dahak menjadi banyak. Dalam yogurt juga mengandung glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka tidak salah jika penderita amandel yang pasca melakukan operasi amandel ini mengkonsumsi yogurt. Namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah konsumsi yogurt. Jadi meskipun disaankan untuk mengkonsumsi yogurt. tidak boleh terlalu banyak dalam mengkonsumsinya. 


5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung banyak serat yang cocok dan baik bila dikonsumai. Apalagi seorang yang tengah melakukan penyembuhan pasca operasi. Olehkarena itu ubi jalar sangat disarankan bagi mereka yang telah melakukan operasi amandel. Hal ini disebabkan karena tekstuur ubi jalar yang empuk hingga tidak bermasalah bagi penderita amandel. 

6. Pancake

Taukah kamu bahwa pancake memiliki tekstur yang lembut dan mengembang. Sehibgga hal yang demikian itu membuat pancake menjadi baik dikonsumsi penderita amandel. Pada dasarnya seorang yang menderita amandel lebih disarankan mengkonsumsi makanan yang memiliki tektur yang lembut seperti pancake ibi.

7. Telur

Kandungan protein pada telur membuat telur menjadi baik fukonsumsi. Apalagi protein sangat baik untuk membantu prises pebyembuhan. Maka dari itu ketika pasca mengoperasi amandel sangat disarankan mengkonsumsi telur. Bisa dikonsumsi dalam bentuk direbus. Tetapu tidak disarankan bila digoreng. Karena penderita amandel paling tidak harus bisa menghindari makanan yang digoreng. Memang telur disarankan untuk dikonsumsi mereka yang membutuhkan protein yang bertekstur lembut. Namun mengkonsumsi telur yang terlalu banyak tidak lah baik. bahaya makan telur setiap hari tentu akan memberikan dampak pula pada proses penyembuhan amandel.

8. Saus apel

Saus apel ini biasa digunakan untu memvantu mengkonsumsi obat saja. Karena biasanya seorang yang telah melakukan operasi amand akan sedikit kesulitan mengkonsumsi obat. Maka saus apel inilah solusinya

9. Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal bagi penderitaamandel yang habis dioperasi dapat dilakukan dengan mencampurkan potongan pisang serta sedikit kayu putih untu mengkonsumsi oatmeal.

10. Air

Baik seorang yang menderita sakit amandel ataulun tidak, kebutuhan air sangat dibutuhkan. Karena air akan membantu mengkibdari dari dehidrasi yang akan membuat bbagian amandel semakin sakit. Maka mereka yang pasca mengoperasi amandelnya sangat di sarankan bahkan bisa dikatakan diwajibkan untuk perbanyak konsumsi air putih. Penderita amandel tentu disaran kan mengkonsumsi air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Bahaya dehidrasi akibat kekurangan air putih ini akan mengakibatkan hal yang buruk untuk kesembuhan penderita amandel yang pasca operasi.

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi bagi penderita amandel yang pasca melakukan operasi amandel. Dengan mengkonsumsi makanan yang disarankan untuk dikonsumsi seoarang yang pasca melakukan operasi amandel ini tentu akan membuat pasienpasca operasi amandel akan lebih mudah menuju proses penyembuhannya. Menjaga kesehatan tentu sangat perlu sebelum sakit melanda. Maka dari itu tetap jaga kesehatan apalagi setelah operasi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amandel