Intip 10 Makanan Sehat Setelah Olahraga Lari Yang Memulihkan Tenaga

317

Lari adalah jenis olahraga yang sederhana tapi cukup efektif dalam membakar kalori. Namun setiap kali sehabis olahraga lari, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi seimbang supaya mampu mendukung kesehatan tubuh. Ini dia makanan sehat setelah olahraga lari yang akan mencegah cedera otot, memulihkan otot lebih cepat, dan menjadikan tubuh Anda lebih enerjik.

  1. Open Sandwich dengan Buah Berry dan Selai Kacang

Setelah olahraga Anda bisa mengolesi 2 buah roti tawar gandum dengan selai kacang secukupnya, lalu masing-masing Anda beri topping stroberi, bluberi, atau buah berry-berryan lainnya sesuai selera. Selain nikmat, tentunya makanan ini menjadikan Anda lebih berenergi walau sudah lari cukup lama.

  1. Quinoa Campur Sayur dan Jamur

Quinoa adalah pengganti nasi putih dan dapat menjadi alternatif dari nasi merah yang bisa Anda buat lalu dimakan bersama dengan sayuran sesuai selera. Bayam, brokoli, dan tambahan daun kemangi atau jenis sayur hijau lainnya yang kaya akan serat boleh Anda gunakan. Tak lupa, tambahkan pula jamur secukupnya sesuai keinginan.

  1. Salad Tauge

Salad tauge juga bisa jadi pilihan makanan setelah melakukan olahraga lari, entah itu di pagi hari, siang atau sore hari. Anda bisa membuat salad tauge dengan campuran tauge, daun bayam, dan mentimun yang dibumbui dengan bubuk cumin serta lada hitam, sedikit garam hingga tambahan sedikit jeruk nipis bila suka.

  1. Oatmeal

Selain bagus untuk kesehatan jantung, oatmeal adalah pilihan tepat untuk menjadi makanan penurun berat badan. Meski demikian, mengonsumsi oatmeal setelah olahraga juga akan memberikan energi sekaligus rasa kenyang lebih lama supaya Anda tak tergiur untuk ngemil makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Pastikan Anda sudah memanaskan ½ cangkir susu pada sebuah panci kecil, tambahkan oatmeal instan sebanyak 2 sendok makan atau boleh jika ingin lebih (cukup sesuaikan takaran bahan). Aduk sampai matang dan angkat lalu tuang pada mangkok. Anda bisa memberikan madu, almond dan buah berry kesukaan secukupnya.

  1. Susu Coklat

Jika tak ingin yang ribet, susu coklat pun sudah cukup untuk membantu Anda pulih kembali tanpa harus makan banyak sekaligus menambah asupan kalsium. Minumlah 200 ml susu coklat atau setara dengan 1 cangkir di mana Anda bisa menambahkan pula bubuk kayu manis dan bubuk almond jika ingin dan menyukainya.

  1. Yogurt Rendah Lemak

Apabila Anda melakukan olahraga lari untuk menurunkan berat badan, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi yogurt rendah lemak sebagai makanan sehatnya. Campurkan dulu yogurt rendah lemak ½ cangkir dengan madu sesendok makan, barulah disantap dengan menambahkan buah berry kesukaan Anda agar lebih nikmat.

  1. Sandwich Tuna

Kalau sebelumnya sandwich dengan selai kacang dan buah berry sudah direkomendasikan, kali ini Anda perlu mempertimbangkan sandwich tuna yang juga dicampur dengan irisan alpukat secukupnya berikut irisan bawang merah. Untuk makan siang ataupun sarapan Anda bisa mengonsumsi 2 lembar roti gandum yang dijadikan sandwich tuna.

  1. Dada Ayam Campur Sayur Hijau

Dada ayam matang secukupnya bisa Anda konsumsi juga dibumbui dengan garam, madu, perasan jeruk nipis dan lada pada sebuah mangkuk. Campurkan merata dan Anda bisa juga menambahkan berbagai macam sayuran hijau yang sudah direbus untuk kemudian disantap bersama daging ayam tersebut, entah itu untuk makan siang atau makan malam.

  1. Pancake Pisang

Sarapan yang tak hanya mengenyangkan tapi juga menyehatkan setelah olahraga lari lainnya adalah pancake pisang. Anda bisa memberikan potongan pisang di atas pancake yang sudah jadi sesudah melumuri pancake dengan madu secukupnya sesuai selera. Untuk porsi yang paling dianjurkan, Anda bisa makan maksimal 3 pancake pisang.

  1. Susu Almond

Anda bisa menyiapkan secangkir susu, lalu campurkan dengan sesendok teh madu yang kemudian juga ditambah dengan beberapa kacang almond yang sudah dihancurkan. Bukan dikonsumsi sendiri-sendiri, melainkan Anda bisa mencampurkan hasil kacang almond yang telah hancur tadi ke dalam susu, aduk-aduk dan Anda bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan.

Itulah beberapa menu makanan sehat setelah olahraga lari yang bisa Anda konsumsi untuk mengembalikan kesehatan otot yang sudah lelah dan sekaligus mencegah Anda dari kelelahan ekstrem. Bagi Anda yang masih tergolong pemula dalam olahraga lari, Anda bisa coba mengonsumsi makanan-makanan sehat tersebut atau mengambil referensi dari daftar makanan rendah kalori.