Home Featured 6 Makanan Berbahaya Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

6 Makanan Berbahaya Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

by Putri Yohani Masnun

Tekanan darah yang tidak normal dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, juga mengganggu fungsi berbagai organ tubuh. Dan ternyata tidak hanya tekanan darah yang tinggi saja yang perlu kita hindari, tekanan darah yang rendah pun juga tidak baik untuk kesehatan.

Ya, meski jumlah penderita tekanan darah rendah tidak sebanyak penderita tekanan darah tinggi, tetap saja penyakit ini perlu diwaspadai. Selain itu, penting untuk mengetahui apa saja makanan pantangan atau berbahaya jika dikonsumsi penderita hipotensi, seperti berikut ini.

1. Gorengan dan Junkfood

Makanan yang digoreng memang banyak menimbulkan gangguan kesehatan, apalagi jika minyak yang digunakan sudah dipakai berulang kali. Termasuk junkfood yang juga kebanyakan diolah dengan digoreng, sangat tidak baik jika dikonsumsi penderita tekanan darah rendah. Kandungan lemak jahat pada gorengan dan junkfood dapat menghambat penyerapan nutrisi yang berakibat pada menurunnya tekanan darah.

2. Mentimun

Buah mentimun sangat bagus dikonsumsi penderita hipertensi namun harus dihindari penderita tekanan darah rendah. Buah mentimun dapat bersifat mendinginkan, menurunkan jumlah sel darah dan menekan tekanan darah sehingga bila dikonsumsi penderita hipotensi akan berakibat semakin rendahnya tekanan darah.

3. Makanan Asam

Makanan asam cenderung menyebabkan naiknya asam lambung sehingga dapat membuat nafsu makan berkurang. Hal ini juga membuat kita malas makan dan berdampak pada kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika terus terjadi, tubuh akan menjadi lemah dan tekanan darah pun terus menurun.

4. Makanan Instan

Makanan instan bisa dibilang hampir tidak mengandung nutrisi apapun, jadi tidak ada manfaat yang didapat selain rasa nikmat sesaat di lidah dan menunda rasa lapar. Termasuk juga mie instan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk menghindari kesulitan dalam pemenuhan nutrisi tubuh, dan berdampak pada resiko menurunnya tekanan darah.

5. Labu Parang

Sama seperti mentimun, labu parang juga sebaiknya tidak dikonsumsi penderita tekanan darah rendah. Labu parang dapat menurunkan tekanan darah sehingga lebih baik dikonsumsi jika seseorang mengalami hipertensi. Apalagi labu parang juga dapat menekan laju aliran darah yang memicu resiko anemia.

6. Belimbing

Buah satu ini memang manjur untuk mengatasi penyakit hipertensi, namun dapat memperburuk kondisi kesehatan penderita hipotensi. Buah belimbing dapat mengurangi jumlah sel darah merah dan menurunkan laju aliran darah sehingga tekanan darah pun menurun. Menurunnnya tekanan darah dapat berakibat timbulnya gangguan kesehatan seperti salah satunya migrain yang dapat menghambat aktivitas.

Pantangan darah rendah seperti daftar makanan di atas memang dapat menurunkan tekanan darah, baik secara cepat maupun lambat. Karena itu hindari makanan tersebut dan pilihlah makanan yang sehat dan membantu menormalkan tekanan darah. Perhatikan pula makanan yang kaya nutrisi sehingga asupan gizu yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi.

You may also like