Intip 4 Tips Menghindari Terlalu Sering Makan Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dianggap sebagai asupan tidak sehat karena kandungan natrium/garam, gula, lemak jenuh, kolesterol, hingga lemak transnya yang begitu tinggi. Terlalu sering mengonsumsinya malah menjadikan diet tak seimbang dan nutrisi penting bagi tubuh tak bisa diperoleh walau tubuh kita tak merasakannya sekarang. Jika ingin sehat dan mulai mengurangi intensitas membeli makanan-makanan cepat saji, begini lho sejumlah tipsnya.

1. Memasak Sendiri

Tak ada bakat memasak bukanlah alasan untuk tidak mampu mempelajari resep-resep sederhana, baru dan pastinya lezat yang tak kalah dari makanan cepat saji lho. Belilah beberapa buku resep masakan yang simpel-simpel lebih dulu saja. Menganggap aktivitas ini membosankan dan tak asyik justru membuat diri sendiri makin tidak termotivasi, jadi enjoy saja proses belajar memasak karena justru pasti lebih menyenangkan dan lebih cepat bisa.

2. Mempertimbangkan Biaya

Banyak orang tergoda dengan makanan cepat saji karena memang selain rasanya yang nikmat, pembuatannya tak pakai lama. Hanya saja, coba tengok kembali perhitungan biayanya; hitung saja beberapa kali dalam seminggu membeli makanan cepat saji, jika diakumulasi cukup besar bukan?

Memikirkan dua kali sebelum membeli makanan cepat saji akan mampu menyimpan sejumlah uang yang cukup besar. Bahkan uang yang biasanya dipakai membeli makanan cepat saji sebenarnya bisa dipangkas untuk ditabung atau untuk membeli keperluan lainnya yang lebih tahan lama daripada makanan yang akan habis dalam waktu 5 menit saja.

3. Menyetok Bahan Makanan di Rumah

Makanan cepat saji paling sering dijadikan alternatif ketika di rumah sama sekali tak ada bahan makanan ataupun masakan. Maka dari itu, cobalah membiasakan membeli bahan-bahan makanan segar setiap minggunya agar punya stok di rumah dan tak tergoda untuk membeli di luar.

Ketika sudah ada stok bahan makanan, otomatis diri sendiri akan merasa harus menggunakannya dan mengolahnya sebelum membusuk bukan? Hal ini akan membantu mengurungkan niat untuk membeli makanan cepat saji terlalu sering.

4. Menikmati Makanan Cepat Saji 1-2 Kali Sebulan

Bukan tidak boleh sama sekali untuk menikmati makanan-makanan enak yang cepat saji, namun demi kesehatan tubuh dan keseimbangan asupan nutrisi dalam diet harian, sekali sebulan lebih dianjurkan mengonsumsinya. Semakin menahan diri lebih lama, keinginan memakannya akan lebih besar, jadi memanjakan diri sesekali tak jadi masalah.

Agar tak memasak berkali-kali dalam sehari apalagi bagi yang terlalu sibuk, mencoba mengolah suatu masakan enak, simpel, dan berporsi banyak yang bisa dikonsumsi sampai makan malam adalah ide yang oke lho. Menghindari terlalu sering menikmati makanan cepat saji bermanfaat bagi tubuh di mana sebagai bonusnya, makin jago masak lho nantinya. Mungkin manfaat belum begitu dirasakan saat ini, namun di masa mendatang itu pasti, apalagi ketika memasuki usia lanjut.