10 Efek Samping Buah Nanas Bagi Kesehatan yang Penting Anda Ketahui

Nanas, tentu semua orang sudah sangat akrab dengan buah yang satu ini. Buah yang banyak dijual belikan di pasaran ini menjadi salah satu buah yang sudah memasar di kalangan masyarakat. Buah yang memiliki kulit kasar ini biasanya sering dijadikan buah favorit saat membuat rujak, membuat jus, dan adonan makanan yang lainnya. Buah yang konon berasal dari brazil ini juga banyak tumbuh di perkebunan masyarakat. Bahkan buah ini banyak yang suka dijadikan tanaman bunga. Sekaligus untuk memperindah taman rumah. Meskipun daunnya tidak sebagus bunga pada umumnya. Namun saat berbuah, tanaman buah nanas ini terkesan unik dan indah. Jadi banyak yang suka menanamnya. Selain itu buah nanas ini juga memiliki kandungan vitamin C dan mineral yang sangat banyak. Sehingga masuk menjadi salah satu buah yang bervitamin. Bahkan buah yang satu ini diyakini juga bisa menjadi obat tradisional. Khasiatnya yakni bis amengurangi keluarnya asam lambung, membantu mencernakan makanan di lambung, membersihkan kulit tang mati dan sebagainya. Namun yang perlu bersama ketahui, dibalik kandungan baik di dalam buah nanas ini, tetap masih ada efek sampingnya. Efek samping ini yang perlu dipahami agar ketika mengkonsumsi buah nanas tidak mengakibatkan suatu hal yang berbahaya bagi tubuh. Berikut artikel ini akan menyampaikan beberapa efek sampaing mengkonsumsi buah nanas.

  1. Bisa Mengakibatkan Rusaknya Kandungan

Efek samping pertama yang dimungkinkan muncul mengkonsumsi buah nanas adalah terjadinya kerusakan kandungan. Hal ini perlu diwaspadai bagi Anda para ibu hamil. Sebab hal ini bisa membahayakan anak yang ada di dalam kandungan. Untuk itu disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun efek ini baik bagi Anda yang mengalami keterlambatan haid. Sebab mampu meluruhkan sel-sel mati yang kemungkinan menempel di dinding rahim.

  1. Meningkatkan Gula Darah dalam Tubuh

Gejala selanjutnya yang muncul mengkonsumsi buah nanas adalah dapat meningkatkan kandungan gula darah di dalam tubuh. Untuk itu bagi penderita diabetes disarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah nanas, agar penyakitnya tidak tambah parah. Selain itu gejala gula darah terlalu rendah juga berbahaya bagi tubuh

  1. Membuat Rematik

Membuat rematik menjadi efek samping selanjutnya dari mengkonsumsi buah nanas. Hal ini disebabkan karena buah nanas akan terfermentasi menjadi alkohol dalam proses pencernaan. Hal tersebut yang menjadi penyebab munculnya efek samping yang satu ini.

  1. Alergi

Alergi  juga menjadi salah satu efek samping mengkonsumsi buah nanas. Efek ini disebabkan karena mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah yang banyak. Maka bibir atau mulut Anda akan merasakan gatal-gatal.

  1. Membuat Sakit Kepala

Sakit kepala setelah mengkonsumsi buah nanas ini biasanya disebabkan karena Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Apapun itu makanannya, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu disarankan Anda mengkonsumsi secukupnya saja.

  1. Mengakibatkan Batu Ginjal

Efek samping selanjutyan mengkonsumsi batu ginjal adalah mengakibatkan lahirnya penyakit batu ginjal. Kandungan kalsium oksalat yang ada di dalam buah nanas ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa mengakibatkan lahirnya penyakit batu ginjal. Kandungan ini merupakan sebuah senyawa garam antara ion kalsium dengan ion oksalat. Senyawa yang satu ini berwujud Kristal yang larut bersama air. Untuk itu sekali lagi, mengkonsumi sesuai takaran yang pas akan menjadi solusi terbaiknya. Sebab tidak ada resiko berbahaya yang akan menyerang dalam tubuh Anda.


  1. Overdosis Vitamin C

Mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah yang banyak bisa memunculkan efek samping overdosis Vitamin C. Sebab buah nanas sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C vitamin C yang lumayan tinggi. Meskipun vitamin yang satu ini memiliki manfaat baik bagi tubuh, namun sekali lagi jika jumlahnya banyak malah akan berakibat sebaliknya bagi tubuh. Berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bisa jadi akan terjadi rasa perih di dalam perut.

  1. Berbahya dengan Obat Lain

Efek samping selanjutnya yang penting diketahui mengkonsumsi buah nanas bahwa buah yang satu ini sangat berbahaya terhadap obat-obatan yang lain. Untuk itu disarankan bagi Anda yang dalam hidupnya sering mengkonsumi obat-obatan. Disarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah nanas. Jika tidak dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

  1. Meningkatnya Asam Lambung

Hal ini disebabkan karena buah nanas memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Untuk itu jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka akan meningkatkan asma lambung. Hal ini yang akan membuat lambung terasa sakit. Terlebih bagi Anda menderita maag, penting mengatur pola makan buah nanas agar tidak berakibat buruk terhadap kelangsungan kesehatan Anda.

  1. Mual dan Muntah

Efek samping yang bisa muncul setelah mengkonsumsi buah nanas adalah rasa mual dan muntah. Hal ini bisa terjadi bisa karena alergi, atau dampak tidak terterimanya kandungan nanas di dalam tubuh. Sehingga kemudian dimuntahkan.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup