Sponsors Link

Sakit Kepala

advertisement

sakit kepalaSakit kepala adalah penyakit umum yang biasa terjadi pada setiap orang, tidak hanya kaum tua dan dewasa saja, anak-anak pun bisa mengalami penyakit sakit kepala tersebut. Sakit kepala disebabkan oleh hal yang berbeda-beda, ada jenis sakit kepala yang menjadi indikasi dari penyakit tertentu. Orang akan mengalami sakit kepala lebih satu kali dalam hidupnya, terutama orang yang memiliki penyakit dengan ditandai adanya sakit kepala.

Meski masyarakat banyak yang mendengar kata sakit kepala, namun tidak semua masyarakat tahu arti dari penyakit sakit kepala sebenarnya. Masyarakat juga tidak tahu berbagai macam penyebab dari sakit kepala. Ketidaktahuan masyarakat akan penyebab dan berbagai macam jenis penyakit yang ditandai dengan sakit kepala membuat penanganan masyarakat terhadap sakit kepala cenderung salah dan tidak benar.

Pengertian Sakit Kepala

Sakit kepala secara medis disebut dengan cephalgia. Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana rasa sakit ada di dalam kepala, muka, rahang, kuduk, di belakang leher dan bahkan di bagian punggung bagian atas. Sakit kepala juga menjadi keluhan pertama yang diungkapkan pasien kepada dokter saat pergi berobat.

Jenis-jenis

Secara medis, sakit kepala dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu primer dan sekunder. Jenis sakit kepala ini tidak diketahui oleh banyak masyarakat. Berikut ini jenis sakit kepala yang harus diketahui :

1. Sakit Kepala Primer

Sebanyak 90 persen sakit kepala yang menyerang adalah sakit kepala dengan jenis primer. Sakit kepala dengan jenis ini saat diperiksa menggunakan CT Scan tidak akan ditemukan adanya kelainan di kepala atau dibagian tubuh lain. Sampai saat ini proses terjadinya sakit kepala jenis primer masih diselidiki. Berikut ini jenis-jenis sakit kepala primer :

  • Kepala tegang atau biasa disebut dengan tension headcache – Sakit kepala ini ditandai dengan rasa tegang di kepala, kepala rasanya seperti diikat di kedua sisi, sakit kepala jenis ini tidak ada denyutan. Rasa tegang itu merambah ke bagian kuduk dan di bagian leher belakang. Kepala tegang ada yang ringan, sedang bahkan berat. Perubahan sakit kepala itu bisa dirasakan beberapa hari, awalnya ringan kemudian berubah menjadi sedang dan lama-kelamaan sakit kepala menjadi hebat dan berat.
  • Migrain – Migrain dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Penyakit ini biasanya terjadi pada perempuan. Faktor genetik pun mempengaruhi orang yang akan terkena migrain. Migrain juga bisa dirasakan saat usia masih remaja. Tanda-tanda terjadinya migrain adalah sakit di kepala sisi dan berulang-ulang.
  • Sakit kepala klaster. Sakit kepala ini sering terjadi pada orang dewasa. Umurnya sekitar 20-40 tahun. Pemicunya disebabkan oleh banyak hal, misalnya saja adalah bahaya alkohol, mengkonsumsi makan tertentu dan juga stress.

2. Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala ini penyebabnya bukanlah sakit kepala itu sendiri. Namun bisa disebabkan oleh kelainan yang ada di dalam tubuh. Jadi ada penyakit yang tanda dan gejalanya adalah sakit kepala. Sakit kepala inilah yang harus diwaspadai dan harus mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut ini penyebab dari sakit kepala sekunder yang harus diketahui :

Penyebab

Banyak orang yang tidak mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari sakit kepala. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena sakit kepala :

1. Tekanan Darah Tinggi

Saat seseorang mengalami ciri-ciri darah tinggi, aliran darah dan oksigen menuju ke otak menjadi terhambat. Hal itulah yang menyebabkan seseorang bisa terkena sakit kepala.

2. Cuaca

Hal yang menyebabkan seseorang terkena sakit kepala adalah faktor cuaca. Namun tidak semua jenis cuaca bisa menimbulkan sakit kepala. Hal yang bisa menyebabkan sakit kepala adalah perubahan cuaca yang tiba-tiba berubah. Misalnya saja ketika cuaca berubah menjadi panas seketika. Perubahan cuaca yang mendadak bisa menyebabkan sakit kepala alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Saat cuaca berubah menjadi panas tingkat kelembaban udara menjadi berubah.
  • Tekanan udara di dalam cuaca panas juga berubah.
  • Tekanan udara yang berubah bisa mengubah zat kimiawi yang ada di dalam otak.
  • Zat kimiawi yang berubah itulah yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena sakit kepala.

3. Stress

Psikis yang stress juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Alasan stress bisa membuat sakit kepala adalah sebagai berikut ini :

  • Hormon yang bertugas dalam mengatasi dan menangkal stress justru menurun.
  • Turunnya hormon tersebut bisa membuat peredaran darah membesar dan memicu timbulnya sakit kepala di dalam kepala.

4. Hormon

Hormon juga menyebabkan sakit kepala, terutama hormon yang terdapat pada wanita. Wanita setiap bulannya akan mengalami menstruasi, hormon yang berpengaruh dalam diri wanita adalah hormon estrogen. Saat wanita menmgalami menstruasi tingkat hormon estrogennya akan turun. Turunnya hormon tersebut membuat wanita akan terkena sakit kepala.

5. Makanan

Penyebab sakit kepala adalah menu makanan sehari-hari yang dikonsumsi. Memang makanan berperan penting dalam kesehatan namun di sisi lain, makanan juga bisa membuat seseorang mudah terkena sakit kepala. Berikut ini berbagai macam makanan yang bisa memicu timbulnya sakit kepala pada tubuh manusia :

  • Keju – Keju yang lembut terutama keju mozarela
  • Cokelat – Bahaya kafein didalamnya bisa memicu timbulnya sakit kepala
  • Buah yang asam – Kandungan asam citrus bisa membuat peredaran darah menjadi menyempit
  • Daging yang diawetkan – Misalnya saja kornet, daging asap dan masih banyak lagi lainnya.
  • Kacang-kacangan – Misalnya saja kacang tanah dan kacang hijau.
  • Makanan asin dan MSG. Makanan asin mengandung banyak garam yang membuat pemhuluh darah jadi sempit, begitu pula dengan MSG yang mengandung zat aditif pada makanan.

6. Minuman

Ada jenis minuman yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala. Minuman itu adalah sebagai berikut ini:

  • Teh dan kopi – Kandungan kafein di dalamnya membuat bahaya minum teh dan kopi bisa menimbulkan sakit kepala. Kafein bisa membuat penyempitan pembuluh darah.
  • Alkohol –  Dosis tinggi dan bahan-bahan kimia yang ada di dalamnya bisa memicu timbulnya sakit kepala.

7. Makan Terlambat

Orang yang memiliki jam makan tidak tepat waktu akan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit misalnya saja maag dan juga sakit kepala. Penyebab makan terlambat menyebabkan sakit kepala adalah sebagai berikut ini :

  • Orang yang terlambat makan kadar gula menjadi turun.
  • Gula bisa membuat tubuh bernergi akibat tidak makan seharian atau terlambat makan. Kurangnya gula darah bisa membuat terkena sakit kepala dan lemas / lesu.
  • Gula yang berlebihan juga bisa membuat seseorang terkena sakit kepala.
  • Peningkatan gula darah yang cepat bisa membuat tubuh terutama kepala belum siap menerima lonjakan yang mendadak tersebut.

8. Begadang

Orang yang begadang akan terkena sakit kepala terutama saat pagi hari, hal itu dikarenakan orang yang begadang mengalami lonjakan gula darah yang tinggi. Tidak heran jika orang yang suka begadang rentan terkena diabetes kemudian penyakit diabetes itu berubah menjadi komplikasi jantung.

9. Banyak Olahraga

Terlalu memfosir diri untuk melakukan olahraga tidak baik untuk tubuh. Saat banyak olahraga sirkulasi atau peredaran darah menjadi lancar, terutama aliran darah di kepala dan leher. Aliran darah yang lancar dan tiba-tiba bisa membuat pembuluh darah melebar. Jika pembuluh darah melebar, akibatnya adalah sakit kepala akan datang dan menyerang.

10. Gestur Orang Malas

Orang yang malas akan memiliki gestur punggung yang tertekuk, gestur itu akan membuat tekanan yang ada di punggung dan leher menjadi bertambah. Bertambahnya tekanan tersebut bisa menyebabkan sakit kepala menyerang.

11. Gesekan Gigi

Kebiasaan buruk juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Alasannya adalah saat gigi saling bergesekan, tekanan di gigi tersebut meningkat. Tekanan yang meningkat di gigi bisa menjalat ke bagian otot atau syaraf kepala. Akibatnya adalah akan menimbulkan sakit kepala.

12. Aroma Tertentu

Aroma tertentu bisa menyebabkan sakit kepala, hal itu dikarenakan saat mencium aroma menyengat dan tidak disukai biasanya sel motorik otak akan bekerja dan bereaksi. Reaksi dari sel motorik otan itu bisa menyebabkan sakit kepala. Aroma penyebab sakit kepala adalah bau cat, minyak atau parfum seseorang, bau keringat, solar, bau bensin dan masih banyak lagi lainnya.

13. Ikatan Rambut Yang Kencang

Alasannya adalah saat rambut diikat dengan kencang, jaringan kulit kepala ikut kencang atau menegang. Rambut diikat terlalu lama bisa membuat jaringan kulit menegangnya lama, akibatnya kepala pun akan terasa sakit.

14. Dehidrasi

Akibat kurang minum air putih mengakibatkan kurangnya cairan di dalam tubuh juga hingga bisa menyebabkan sakit kepala. Alasannya adalah air atau cairan bisa menjadi penyeimbang sel yang ada di dalam tubuh kita terutama sel-sel yang ada di dalam kepala.

15. Menghirup Asap Rokok

Bahaya asap rokok juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala. Alasannya adalah asap rokok di dalamnya terdapat zat nikotin juga tar yang bisa membuat pembuluh darah di dalam otak mengalami penyempitan. Penderita yang akan kambuh sakit kepalanya saat menghirup asap rokok adalah penderita migrain.

16. Obat-Obatan

Obat-obatan khusus jantung penderita jantung, hipertensi dan juga obat penormal hormon biasanya akan ada efek berupa menimbulkan sakit kepala setelah pengkonsumsian.

Ciri-ciri dan Gejala

Saat anda merasakan gejala-gejala di bawah ini, bisa dipastikan sakit kepala telah menyerang Anda :

1. Kepala Bedenyut-denyut – Kepala yang bedenyut-denyut adalah ciri atau tanda sakit kepala. Denyutan itu bisa menjadi tanda bahwa ada aliran darah yang tidak normal di dalam kepala.

2. Rasa Tegang – Kepala yang tegang juga merupakan tanda sakit kepala.

3. Kepala Sakit Sebelah – Hal ini bisa merupakan indikasi jika anda terkena migrain. Sakit kepala hanya sebelah ini menandakan bahwa hanya di sebelah kepalanya saja yang mengalami aliran darah tidak normal.

4. Rasa Tidak Nyaman Dan Berat – Saat anda terkena sakit kepala, anda akan merasakan tidak nyaman di bagian kepala anda. Kepala anda pun akan terasa berat.

Cara Diagnosis

Untuk mendiagnosis jenis sakit kepala yang diderita, dokter perlu memeriksa beberapa pemeriksaan untuk mengetahui apakah jenis sakit kepala primer atau sakit kepala sekunder. Berikut ini cara mendiagnosis sakit kepala :

  • Pendekatan Pasien

Sebelum mendiagnosa, dokter akan melakukan pendekatan kepada pasien. Pasien akan diberikan pertanyaan gejala apa yang dirasakan, berapa lama gejala terjadi dan juga berapa sering pasien mengalami sakit kepala.

  • Pemeriksaan Fisik

Dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik ini pertama kali akan dilakukan oleh dokter umum, namun saat sulit menemukan penyakitnya dokter akan merujuk ke dokter THT.

  • THT

Dokter akan melakukan pemeriksaan telinga, mata dan hidung. Apakah ada kelainan atau tidak. Biasanya melalui pemeriksaan ini akan ditemukan penyebab  sakit kepala. Kebanyakan setelah melakukan pemeriksaan di THT, akan ditemukan apakah hidung, mata dan telinga mengalami gangguan. Setelah pemeriksaan THT bisa diketahui juga adanya penyakit sinus, gangguan mata maupun vertigo.

  • CT Scan

Jika pemeriksaan THT tidak membuahkan hasil, dokter akan merujuk ke CR Scan. Otak akan direkam sehingga jika di dalam otak tersebut ada penyumbatan pembuluh darah, tumor ataupun jaringan kanker bisa diketahui.

  • MRI Scan

Jika di CT Scan tidak menunjukkan apa-apa, dokter bisa melakukan MRI Scan yaitu merekam seluruh tubuh. Apakah ada kelainan di tubuh yang bisa menyebabkan sakit kepala.

  • Rontgen

Rontgen juga dibutuhkan untuk mendiagnosa sakit kepala, rontgen yang biasa dilakukan adalah rontgen sinus.

  • Tes Darah

Agar memperkuat diagnosa diperlukan tes darah untuk mengetahui adakah kelainan di dalam tubuh. Melalui tes darah bisa diketahui kondisi fisik seseorang.

Pengobatan

Sakit kepala tidak boleh dibiarkan begitu saja, sakit kepala harus segera diobati. Segera hubung dokter ketika anda merasakan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh selama tiga hari. Berikut ini berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit kepala :

1. Mengelola Stress

Ketahui terlebih dahulu yang menjadi penyebab sakit kepala yang anda derita. Jika disebabkan oleh stress sebaiknya anda harus mulai mengelola stress dengan baik. Cara mengatasi stress yang utama yakni jangan terlalu membebani diri anda dengan pikiran yang berat-berat, jalani saja apa yang didepan anda dengan pikiran lapang. Jangan berpikir sempit di saat lapang dan bepikirlah lapang di saat sempit.

2. Meditasi

Jika anda tidak bisa mengelola stress dengan baik, anda bisa melakukan meditasi. Cara meditasi bisa mudah anda temukan di dalam media internet, namun yang harus anda ingat adalah anda harus mencari suasana tenang dan tidak ada kebisingan. Ketenangan yang anda dapatkan bisa meredakan sakit kepala yang anda rasakan.

3. Yoga

Untuk meredakan sakit kepala, anda bisa menggunakan yoga atau melaukan yoga. Saat ini ada berbagai macam tempat yoga yang bisa anda pilih. Yoga bisa membuat tubuh anda menjadi rileks dan sakit kepala menjadi reda.

4. Rileksasi

Anda bisa meredakan sakit kepala dengan cara relaksasi. Relaksasi yang bisa anda coba adalah relaksasi di daerah pegunungan. Suasana pegunungan yang damai dan udaranya yang sejuk, diharapkan bisa membuat sakit kepala yang anda derita mereda.

5. Totok Wajah atau Totok Kepala

Untuk melancarkan peredaran darah di dalam kepala dan meredakan sakit kepala yang anda derita, anda bisa melakukan totok kepala. Totok kepala tersebut berupa pemijatan lembut di daerah kepala. Selain itu, membuat tubuh menjadi rileks, aliran darah di dalam kepala bisa berjalan lancar.

6. Akupuntur

Melakukan akupuntur bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala yang anda derita. Saat ini, manfaat akupuntur banyak dipercaya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sehingga anda tidak perlu ragu untuk melakukan akupuntur.

7. Olahraga

Olahraga adalah cara tepat untuk bisa meredakan rasa sakit. Tips olahraga yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala adalah berjalan kaki sambil menghirup udara pagi dalam-dalam. Saat jalan kaki, ayun-ayunkan tangan sehingga otot leher dan bagia pundak akan menjadi rileks.

8. Makan Secara Teratur

Makan secara teratur akan membuat gula darah menjadi stabil. Hindari makan terlambat dan makan makanan yang mengandung kalori (gula). Sesuatu yang kurang dan sesuatu yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Makan teratur juga bisa membuat energi di dalam tubuh selalu stabil, karena gula darah merupakan salah satu penghasil energi selain karbohidrat.

9. Terapi

Untuk mengobati atau meredakan sakit kepala, anda bisa melakukan terapi fisik. Terapi fisik bisa dilakukan di klinik pengobatan alternatif atau di klinik kesehatan. Terapi yang dilakukan bisa dilakukan di rumah sakit.

10. Tidur Cukup

Salah satu hal yang bisa meredakan sakit kepala adalah dengan tidur cukup. Tidur cukup bisa membuat otot-otot kepala menjadi rileks dan tidak tegang. Jika anda sering sakit kepala gara-gara begadang, kurangilah intensitas begadang agar badan saat pagi hari menjadi fit dan segar kembali bukannya sakit kepala.

11. Berbaring

Saat sakit kepala menyerang anda, segeralah berbaring dan hirup nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan.

12. Sediakan Obat

Bagi anda yang suka bepergian keluar rumah, selalu sediakanlah obat sakit kepala di tas anda. Obat sakit kepala itu bisa bermanfaat bagi anda untuk menghindari perubahan cuaca yang menjadi sangat panas. Sakit kepala yang segera diobati bisa reda dalam beberapa jam saja, berbeda dengan sakit kepala yang terlambat diobati.

13. Masker

Jika anda mudah pusing ketika mencium bau dan aroma yang menyengat, anda bisa menggunakan masker yang telah ditetesi oleh minyak angin. Aroma minyak angin tersebut bisa membuat otot kepala anda rileks dan meredakan sakit kepala yang anda derita. Selalu sediakanlah masker di saku atau tas anda, ketika anda mencium bau asap rokok, asap kendaraan, bau bensin dan bau-bauan yang lain anda bisa menggunakan masker tersebut.

14. Minyak Angin

Untuk meredakan sakit kepala, anda bisa mengoleskan minyak angin pada kedua pelipis kepala anda. Minyak angin itu bisa membuat peilips terasa hangat sehingga bisa meredakan sakit kepala yang diderita.

15. Menempelkan Koyo Kepala

Rasa hangat dari koyo bisa membuat reda sakit kepala anda, rasa hangat dipercaya bisa meredakan sakit kepala. Tempelkan koyo di kedua pelipis kepala anda, setelah itu berbaringlah selama 30 menit sambil memejamkan mata. Rasa sakit anda pun akan reda.

16. Aromaterapi

Menghirup aromaterapi bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala, harum aromaterapi yang segar bisa membuat tubuh rileks. Jika tubuh rileks, otot kepala pun juga akan menjadi rileks. Banyak aromaterapi yang bisa dipilih, namun untuk meredakan sakit kepala aromaterapi yang manjur untuk mengobati dan meredakan sakit kepala adalah aromaterapi dengan bau mint.

17. Obat Sakit Kepala

Untuk meredakan sakit kepala, anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala ( aspirin, asetaminofen dan ibuprofen ). Namun jika anda sering mengalami sakit kepala yang berulang-ulang, jangan langsung mengambil dan mengkonsumsi obat tersebut. Periksakan diri ke dokter adalah kelainan di dalam syaraf otak kepala anda.

18. Hindari Kafein

Untuk meredakan sakit kepala, hindarilah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi. Misalnya saja makanan dan minuman yang ada kandungan kopi dan cokelat di dalamnya. Jikalau ingin meminum minuma berkafein, anda harus bisa membatasi diri. Dalam sehari, kafein yang masuk ke dalam tubuh hanya satu gelas saja. Kafein yang berlebihan bisa menjadi penyebab darah tinggi. Pada orang yang memiliki darah tinggi pembuluh darah akan menyempit. Saat menyempit itulah sakit kepala akan muncul.

19. Pemijatan Otot Leher

Otot leher berhubungan langsung dengan kepala. Memijat otot leher secara perlahan dan pelan bisa membuat sakit kepala mereda dan menghilang. Pemijatan otot leher akan lebih efektif jika diikuti dengan pemijatan di daerah bahu dan juga kepala.

20. Mengatur Pernafasan

Untuk meredakan nyeri dan kepala berdenyut akibat otot kepala yang tegang, anda bisa mengatur pernafasan dengan sebaik-baiknya. Mengatur nafas pada penderita otot kepala tegang bisa membuat sakit kepala mereda.

21. Massage dan Spa

Melakukan massage dan spa bisa membuat sakit kepala menjadi reda. Hal tiu dikarenakan massage bisa membuat otot dan badan menjadi rileks. Jika peredaran darah di tubuh lancar, peredaran dari tubuh ke otak pun akan menjadi lancar. Spa juga bisa membuat tekanan darah para penderita hipertensi menjadi menurun. Sehingga jika anda merasakan sakit kepala akibat hipertensi, anda bisa melakukan spa di salon untuk bisa meredakan sakit kepala anda.

22. Pola Makan Sehat

Untuk mengobati sakit kepala anda bisa menerapkan gaya hidup sehat, terutama pada pola makan yang tepat. Hindarilah makan makanan yang bisa memicu timbulnya sakit kepala misalnya keju, kacang-kacangan dan masih banyak lagi lainnya.

23. Kompres dengan Air Hangat

Ketika anda merasakan sakit kepala, sebaiknya anda mengompresnya dengan air hangat. Air hangat itu bisa membuat otot kepala menjadi rileks dan membuat kepala juga rileks. Jika kepala rileks, kepala pun tidak akan merasakan sakit lagi.

24. Hindari Alkohol

Untuk meredakan rasa sakit kepala, anda harus menghindari mengkonsumsi alkohol. Alkohol adalah salah satu minuman yang bisa memicu sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah.

25. Tidur di Tempat Gelap

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala adalah istirahat dan tidur di ruangan yang gelap. Jangan memaksakan diri tidur di tempat yang terang. Jika tidur di tempat terang, mata anda akan berpapasan dengan cahaya yang terang. Cahaya terang itu akan membuat anda semakin merasakan pusing.

26. Menjaga Asupan Cairan dalam Tubuh

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala adalah dengan mengkonsumsi banyak cairan di dalam tubuh. Orang yang dehidrasi akan mudah terkena sakit kepala. Oleh sebab itulah menjaga asupan cairan yang masuk dengan mengkonsumsi mineral cukup dipercaya bisa meredakan sakit kepala.

27. Jahe Hangat

Meredakan sakit kepala bisa menggunakan jahe hangat yang diminum selagi masih hangat. Kandungan yang ada di dalam jahe bisa membuat sakit kepala menjadi reda termasuk jika terjadi masuk angin. Sebelum meminumnya, hirup dalam-dalam aroma jahe tersebut baru diminum.

28. Kompresan Es Batu

Sedikit aneh memang, namun selain mengompres menggunakan air hangat, meredakan sakit kepala bisa juga menggunakan es batu. Letakkan beberapa kotak kecil es batu di kain bersih. Kompreskan pada dahi anda selama 15 menit. Sakit kepala pun akan menjadi reda. Efek dingin dari es batu dipercaya bisa meredakan sakit kepala.

29. Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah pisang kaya akan manfaat, salah satu manfaat yang harus diketahui adalah untuk meredakan sakit kepala. Pisang merupakan makanan yang mengandung magnesium tinggi. Magnesium tersebutlah yang dipercaya bisa meredakan sakit kepala yang anda alami.

30. Biji dari Buah Alpukat

Selain daging buah alpukat bermanfaat untuk kecantikan karena mengandung vitamin E, biji buah alpukat bisa meredakan sakit kepala. Caranya adalah dengan menjadikan biji buah alpukat sebagai kompresan. Caranya adalah :

  • Sediakan dua buah biji alpukat
  • Parut sampai halus
  • Campur dengan sedikit air putih
  • Tempelkan pada dahi kepala

31. Kentang

Meredakan sakit kepala bisa menggunakan zat kalium pada kentang. Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga makanan yang mengandung kalium. Kalium itu bermanfaat untuk meredakan sakit kepala yang anda derita. Pengolahan kentang sebaiknya direbus, jangan di goreng. Minyak bisa merusak zat kalium pada kentang.

32. Biji Wijen

Jika sakit kepala anda disebabkan oleh hormon, ada baiknya anda mengobatinya dengan biji wijen. Biji wijen makanan yang mengandung vitamin E dan magnesium. Kandungan itu bermanfaat untuk meredakan sakit kepala. Hormon estrogen bisa menjadi stabil meskipun wanita sedang mengalami menstruasi. Hormon estrogen yang turun bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala.

33. Semangka

Semangka adlaah buah yang mengandung banyak air, kandungan air di dalam semangka bermanfaat bagi anda yang sering mengalami sakit kepala karena dehidrasi. Namun anda harus membatasi konsumsinya karena kandungan glukosa di dalam semangka juga tinggi. Sakit kepala yang disebabkan oleh hipertensi pun bisa diredakan menggunakan semangka yang kaya akan vitamin dan air tersebut.

34. Ikan

Ikan salmon dan ikan mackarel kata dengan lemak esensial dan juga kandungan omega-3. Kedua kandungan tersebut dipercaya bisa meredakan nyeri karena sakit kepala.

35. Peregangan

Anda bisa mengatasi sakit kepala dengan melakukan peregangan. Peregangan yang anda lakukan bisa dengan gerakan senam misal menggelengkan kepala, menundukkan kepala dan masih banyak lagi lainnya.

36. Makan Makanan Hangat

Memakan makanan hangat juga bisa diobati dengan mengkonsumsi makan-makanan yang hangat. Rasa hangat dari makanan itu bisa sampai ke otak sehingga sakit kepala bisa hilang dan reda.

37. Ramuan Tradisional

Ada berbagai macam ramuan yang bermanfaat untuk meredakan sakit kepala. Ramuan itu adalah sebagai berikut ini :

  • Bunga matahari. Bahan yang disiapkan dalah 30 gram bunga matahari, 10 gram jahe, 1 butir telur ayam matang dan 4 gelas air. Caranya adalah dengan merebus semua bahan dengan air, biarkan mendidih dan sisakan menjadi 2 gelas. Setelah mendidih, minum air rebusannya dan telur yang matang dikonsumsi menggunakan nasi putih.
  • Bunga kenanga. Bahannya adlaah 15 gram bunga kenangan segar, 10 gram jahe dan 400 cc air. Cara membuatnya adalah dengan mengupas jahe dan mencuci bersih bahan-bahan. Rebus dan sisakan hanya jadi setengahnya saja. Minum saat air rebusan masih hangat.
  • Daun alpukat. Bahan yang disiapkan daun buah alpikat, cara pembuatan dengan menyeduh dalam 1 gelas air panas. Aduk dan tunggu sampai dingin. Minum sebanyak dua kali sehari.
  • Daun encok. Bahan yang disiapkan adalah daun encok segar. Caranya dengan mengolesi daun encok menggunakan minyak dan diamkan sampai layu. Tempelkan daun itu pada kedua pelipis anda.
  • Daun kayu putih. Caranya adalah dengan menyiapkan 15 gram daun kayu putih dan 450 ml air yang sudah matang. Caranya dengan merebus daun kayu putih dalam 450 ml air matang, tunggu sampai mendidih dan sisakan hanya setengahnya. Minum saat ramuan dalam keadaan hangat.

Pencegahan

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mencegah serangan sakit kepala. Berikut ini adalah cara-caranya :

  • Kenali Diri Anda

Kenali diri anda terlebih dahulu barulah anda mengenali lingkungan anda. Andalah yang tahu kapan dan bagaimana penyakit sakit kepala bisa menyerang anda. Apakah anda akan sakit kepala setiap stress atau saat tegang dan memikirkan sesuatu. Mengenali diri anda sebaik-baiknya bisa menghindarkan diri anda dari berbagai penyakit misalnya saja sakit kepala.

  • Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat bisa mengatasi dan mencegah sakit kepala. Jangan bergadang dan mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. No rokok, no alkohol dan no bergadang.

  • Pola Makan

Menjaga pola makan bisa mencegah dan mengatasi sakit kepala. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari berbagai macam makanan yang bisa menyebabkan anda terkena sakit kepala.

  • Hindari Penyebab Sakit Kepala

Mencegah sakit kepala secara efektif bisa dilakukan dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala.

  • Cek Kadar Gula Dan Tekanan Darah

Untuk mencegah datangnya sakit kepala, anda bisa melakukan check up rutin terhadap sakit kepala dan kadar gula di dalam tubuh anda. Tekanan darah tinggi dan gula darah yang berlebihan bisa membuat seseorang terkena sakit kepala. Oleh sebab itulah mengecek tekanan darah dan gula darah bisa dijadikan sebagai tindakan pencegahan.

Saat terserang sakit kepala, banyak masyarakat memiliki ketergantungan terhadap obat generik yang dijual bebas di toko atau bahkan pasar tradisional. Kesalahan yang dilakukan masyarakat adalah setiap terkena sakit kepala mereka akan meminum dan mengkonsumsi obat tersebut tanpa menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Padahal tidak selamanya sakit kepala dianggap baik-baik saja, ada jenis sakit kepala yang menjadi indikasi dari tumor bahkan kanker. Hal inilah yang harus diwasadai jika sakit kepala bisa menjadi sumber penyakit yang berbahaya.

 

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!