Sponsors Link

Bahaya Akibat Tidak Makan Seharian

Sponsors Link

bahaya tidak makanApakah Anda pernah tidak makan seharian? bahaya tidak makan seharian sangat berpengaruh bagi fisik tubuh manusia, terutama jika terlalu sering dilakukan. Tidak makan seharian berbeda dengan berpuasa. Saat berpuasa kita menahan lapar dan minum kurang dari 15 jam, selain itu kita melakukannya juga dengan kemauan dari diri sendiri, yang akhirnya mampu membuat otak kita mengatur rangsangan rasa lapar bisa sedikit di kurangi. Berbeda dengan tidak makan dalam waktu yang lama, apalagi disebabkan karena lupa makan, itu sama saja menyiksa perut anda yang sejatinya meminta makanan untuk di proses dalam system pencernaan tubuh.

ads

Tidak makan yang membahayakan disini adalah dimana tidak ada makanan pokok yang kaya akan karbohidrat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk di cerna. Makanan yang baik sudah banyak kita ketahui konsepnya adalah makanan 4 sehat 5 sempurna. Idealnya, pola makan yang baik sebanyak 3 kali sehari, yaitu waktu pagi, sore, dan malam hari.

Makanan merupakan kebutuhan fisiologis semua manusia. Makanan berfungsi sebagai bahan bakar setiap organ tubuh manusia. Semua sel-sel tubuh kita membutuhkan nutrisi yang ada dalam makanan yang kita makan. Tubuh kita membutuhkan asupan protein dan serat setiap harinya. Jika tidak ada makanan yang bisa di cerna, maka tubuh akan kekurangan energi dan nutrisi lain yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh kita.

Akibat tidak makan

Bahaya akibat tidak makan seharian bagi tubuh tentu sudah cukup banyak, berbeda dengan bahaya makan malam sebelum tidur efek yang diberikan tidak makan jauh lebih mematikan, terutama jika dilakukan terlalu sering.

  1. Sakit Maag. Sudah menjadi pemahaman umum bahwa telat makan akan mengakibatkan sakit maag. Penyakit ini terjadi ketika ada peradangan dalam lambung yang di akibatkan meningkatnya asam lambung. Jika tidak ada makanan yang di cerna maka kadar asam lambung akan meningkat dan menyebabkan lambung terasa nyeri, bahkan diiringi dengan rasa mual.
  2. Tulang melemah. Tahukan Anda bahwa saat tidak makan seharian akan berhubungan dengan tulang kita. Tulang kita akan mudah lemah karena kekurangan kalsium, selain itu hormone pertumbuhan sel-sel tulang akan melambat dan membuat tulang dan sendi rawan mengalami patah tulang. Asupan kalsium diperlukan tulang setiap harinya dari makanan dan minuman yang sehat.
  3. Suhu tubuh menurun. Saat kelaparan, maka secara otomatis tubuh akan menghemat energy yang dikeluarkan. Rangsangan yang akan dilakukan oleh tubuh adalah menurunkan aktivitas metabolisme tubuh dengan mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh. Efeknya, sirkulasi darah tidak akan normal dan suhu tubuh akan menurun. Biasanya ketika kita tidak makan dalam waktu lama maka akan membuat ujung jari kaki dan tangan terasa dingin.
    Sponsors Link

  4. Kulit mengering. Makanan membawa asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan air  mineral dalam makanan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Dampak dari tidak makan akan membuat kulit Anda merespon pembuatan lanugo yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Jumlah Lanugo yang kering terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan mineral yang cukup akan membuat kulit kita mengering.
  5. Rambut mudah rontok. Saat tidak makan seharian akan membuat rambut kita kekurangan vitamin dan mineral. Tidak tercukupinya nutrisi untuk rambut maka akan membuat rambut jadi mengering, tipis, bahkan mudah rontok.
  6. Kuku menjadi rapuh. Pada prinsipnya tubuh kita sangat membutuhkan vitamin dan mineral setiap harinya. Jika tidak terpenuhi maka akan membuat organ tubuh kita kekurangan cairan tubuh sehingga menjadi kering. Selain rambut, tulang, dan kulit, kuku kita juga akan melemah dan mudah patah.
  7. Kerusakan pada Gigi. Seperti tulang, gigi kita membutuhkan asupan vitamin D dan kalsium yang berasal dari makanan yang kita makan. Gigi termasuk organ yang aktif digunakan dalam aktivitas sehari-hari sehingga membuat asupan nutrisi pada gigi penting dipenuhi setiap harinya. Tanpa vitamin D dan kalsium akan membuat masalah pada gigi hingga gusi kita.
    Sponsors Link

  8. Mudah lelah dan murung. Metabolisme tubuh akan terus berjalan walaupun tubuh kita sedang beristirahat. Proses metabolisme sangat penting karena menghasilkan energy yang diolah dari kalori yang berasal dari makanan. Jika kalori yang di butuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi maka akan berdampak pada proses metabolism tubuh. Ketika tidak ada kalori yang dibakar maka energy yang dihasilkan pun akan sedikit. Akibatnya tubuh kita akan terasa lemas dan tak bertenaga.
  9. Bau Mulut “super” anda yang tidak makan seharian akan memiliki bau mulut yang sangat menyengat, hal ini dikarenakan mulut dalam keadaan kering sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Evelyn Tribole, seorang penulis buku eating on the run mengatakan bahwa pasokan glukosa pada otak menurun dalam waktu 4-6 jam setelah makan. Saat kadar glukosa pada otak menurun maka akan membuat aktivitas otak juga menurun dalam memberikan rangsangan kepada organ tubuh lainnya. Kita akan merasa mudah lelah dan lesu. Kurangnya kandungan gula juga akan membuat daya konsentrasi kita menurun. Sehingga mari penuhi kebutuhan akan kalori, protein, gula, karbohidrat, vitamin, dan mineral lain untuk membuat tubuh kita tetap berenergi dalam menjalani segala aktivitas kita.

Berikut adalah daftar makanan sehat yang bergizi:

Jenis makanan di atas dapat anda jadikan nutrisi harian anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Thursday 12th, March 2015 / 13:15 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk