5 Kebiasaan Makan yang Bisa Bikin Tubuh Langsing dan Sehat

197

Makan merupakan sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi, agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan tubuh mendapatkan asupan energi yang cukup untuk beraktivitas. Namun banyak orang yang kebiasaan makannya hanya menuruti nafsu sehingga cenderung asal makan dan tidak memikirkan dampaknya bagi tubuh. Alangkah baiknya jika aktivitas makan kita memberikan dampak yang baik untuk kesehatan, apalagi jika mendukung agar tubuh terlihat lebih langsing. Ingin mendapatkan manfaat tersebut? Yuk terapkan kebiasaan makan berikut ini.

1. Makan Makanan Rendah Gula

Agar tubuh lebih langsing, cobalah untuk memperbanyak makanan tinggi protein namun rendah kadar gula seperti nasi, ubi dan makanan manis. Makanan tersebut perlu dibatasi karena gula yang masuk tubuh berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dan berpotensi diubah menjadi cadangan lemak. Jika sering makanan yang tinggi gula justru dapat meningkatkan resiko kegemukan.

2. Makan Makanan Berprotein Hewani Terlebih Dahulu

Nah, selain mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, kita bisa memakan makanan yang mengandung protein hewani cukup tinggi. Tujuannya, agar tubuh mendapatkan banyak asupan protein yang membuat rasa kenyang muncul lebih cepat. Efeknya, nafsu makan untuk makanan karbo pun lebih rendah karena sudah terlebih dahulu merasa kenyang.

3. Makan Lebih Sering

Menahan rasa lapar dan mengurangi frekuensi makan justru membuat keinginan makan menjadi lebih besar, bahkan dapat memicu penyakit magh. Jadi, cobalah untuk lebih sering makan, yang tentunya didominasi produk makanan berprotein, setidaknya dalam rentang waktu setiap 3 jam. Ini akan membuat proses pencernaan lebih santai dalam mencerna makanan sekaligus mencegah timbulnya penyakit magh.

4. Makan Lauk Lebih Dulu

Saat makan, cobalah untuk mengkonsumsi lauk terlebih dahulu, agar menciptakan rasa kenyang sehingga lebih sedikit untuk mengkonsumsi nasi atau sumber karbo lainnya. Untuk lauk sendiri, pilihlah lauk dengan kandungan nutrisi tinggi, perbanyak sayur dan produk berprotein baik yang hewani maupun nabati. Jika kebiasaan ini dapat diterapkan dengan konsisten, maka tubuh langsing akan lebih mudah didapat.

5. Olahraga Setelah Makan Makanan Tinggi Karbo

Nah, kebiasaan satu ini memang sangat baik dilakukan setiap hari, tidak hanya untuk membakar lemak, namun juga dapat menjaga stamina dan melatih kekuatan jantung paru. Olahraga juga baik dilakukan saat kita baru mengkonsumsi makanan yang tinggi karbo, dengan tujuan karbo tersebut langsung dibakar sebelum diubah menjadi lemak dan tersimpan dalam tubuh hingga membuat tubuh lebih gemuk.

Wah, ternyata sangat mudah bukan untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat hanya dengan memperbaiki kebiasaan makan seperti di atas. Langsing hanyalah efek dari pola hidup dan pola makan sehat yang kita jalani. Jadi, fokuslah untuk selalu memikirkan dan menjalani pola hidup sehat agar dapat terhindar dari penyakit berbahaya dan bisa selalu beraktivitas dengan lancar.