Home Featured Bibir Gelap dan Kering? Jangan-jangan 12 Kebiasaan Ini Penyebabnya Lho

Bibir Gelap dan Kering? Jangan-jangan 12 Kebiasaan Ini Penyebabnya Lho

by Erlita

Rasa percaya diri suka turun karena bibir yang lebih hitam, gelap dan kering? Beberapa wanita mungkin cukup bermasalah dengan hal ini karena berpengaruh pada penampilan, namun banyak yang tak menyadari kalau hal ini bisa saja terjadi karena kebiasaan yang kurang baik. Jangan-jangan, kebiasaan-kebiasaan inilah yang menjadi faktor bibir gelap dan kering.

  1. Asupan Kafein Berlebih

Pengaruh makanan atau minuman pada warna alami bibir bisa saja terjadi, seperti halnya konsumsi kafein yang terlalu sering dan berlebihan. Kafein dari kopi atau teh mengandung zat diuretik tinggi sehingga dapat membuat Anda mudah dehidrasi. Tak hanya jadi sering buang air kecil, dehidrasi mudah berefek pada kulit kering, pecah-pecah dan lebih gelap, tak terkecuali pada bibir.

  1. Terlalu Banyak Asupan Garam

Penyebab bibir lebih gelap bisa jadi adalah asupan makanan-makanan tinggi garam. Konsumsi kebanyakan makanan asin bisa bikin tubuh dehidrasi, dan lagi-lagi dehidrasi inilah yang memengaruhi bibir kehilangan kelembabannya. Jadi kalau suka makanan asin, kurangilah atau imbangi dengan minum banyak air putih.

  1. Kurang Minum Air Putih

Gejala dehidrasi juga dapat terjadi dari kebiasaan malas minum banyak-banyak air putih, padahal asupan cairan paling baik adalah dari 8-10 gelas air putih setiap harinya. Inilah yang menyebabkan tubuh kurang terhidrasi dan berpengaruh pada kondisi bibir yang jadi lebih hitam dan bahkan kering.

  1. Memakai Kosmetik Kadaluarsa

Kebiasaan tidak mengecek tanggal kadaluarsa produk kosmetik bisa-bisa malah membahayakan kulit lho, termasuk kulit bibir. Produk lipstik yang sudah kadaluarsa adalah salah satu pemicu kesehatan bibir terganggu yang ditandai dengan bibir hitam dan juga kering.

  1. Kurang Asupan Vitamin C

Terbiasa tak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh juga dapat memengaruhi kesehatan bibir, apalagi kalau yang kurang adalah asupan vitamin C. Makanlah makanan yang mengandung vitamin C tinggi, bahkan juga buah-buahnya secara rutin, seperti nanas, kiwi, mangga dan pepaya. Bibir sariawan dan pecah-pecah juga dapat jadi tanda kalau tubuh sedang kekurangan vitamin C.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi pemicu paling umum bibir menghitam yang disebabkan oleh nikotin. Akan sulit memang kalau langsung berhenti merokok, oleh sebab itu, batasi aktivitas ini sambil terus banyak minum air putih sekaligus rajin memakai lip balm atau serum bibir supaya terhindar dari masalah bibir gelap.

  1. Tidak Membersihkan Lipstik

Para wanita kebanyakan tak bisa hidup tanpa lipstik apalagi kalau bekerja dan sering bepergian. Masalahnya, ada sebagian wanita yang suka pakai lipstik tapi malas untuk membersihkannya nanti kalau sudah pulang ke rumah. Inilah yang bisa memicu bibir hitam dan kering mengelupas; maka dari itu, jangan lupa dan melewatkan proses membersihkan menggunakan makeup remover.

  1. Membasahi Bibir

Kebiasaan menjilat atau membasahi bibir termasuk juga kebiasaan buruk penyebab bibir hitam dan semakin kering. Jika ingin bibir senantiasa lembab tapi tak menyebabkan kekeringan atau perubahan warna menjadi lebih gelap, gunakan lip balm saja daripada memakai air liur.

  1. Menggigit Bibir

Tak hanya menjilat bibir, kebanyakan orang punya kebiasaan menggigit bibir yang ternyata berefek buru pada bibir. Bibir bisa cenderung jadi lebih gelap karena adanya tekanan dari gigi pada bibir sehingga pigmentasi pun terjadi. Daripada menggigit bibir yang bisa menghitamkan kulit bibir, ganti kebiasaan dengan mengunyah permen karet saja misalnya?

  1. Tidak Mengaplikasikan Pelembab Bibir

Beberapa dari kita mungkin malas dengan pemakaian lip gloss, lip balm atau pelembab bibir. Padahal sebenarnya bibir yang sehat bisa didukung dengan produk-produk pelembab bibir yang sesuai lho. Pelembab bibir dengan bahan seperti shea butter atau cocoa butter boleh dicoba karena tak akan mencegah bibir hitam.

  1. Tidak Menggunakan Sunblock

Sunblock untuk bibir memangnya ada? Pilihlah produk lip balm atau pelembab bibir yang bukan sembarangan, alias yang memiliki kandungan SPF 30. Oles pada bibir setiap kali hendak keluar rumah supaya bibir terlindungi dari bahaya sinar matahari di siang hari penyebab bibir menjadi mudah gelap.

  1. Malas Melakukan Eksfoliasi

Bibir seringkali kehilangan kelembabannya karena paparan AC, dan hal ini pasti dirasakan betul oleh para pekerja kantoran yang sering ada di ruangan yang dingin. Sebagai akibatnya, bibir mudah menggelap dan kering, jadi kalau jarang mengeksfoliasinya (langkah mengangkat kulit mati), bibir tak hanya makin hitam tapi juga bisa saja pecah-pecah.

Jadi dari kebiasaan-kebiasaan tersebut, manakah kebiasaan Anda sehari-hari yang berpotensi menjadikan bibir gampang gelap dan kering? Jangan lupa selalu pakai lip balm ke manapun Anda pergi dan rawatlah bibir Anda dengan benar agar senantiasa segar, sehat dan cantik.

You may also like