Inilah Tips Makan Sehat Di Tempat Kerja yang Simpel

867

Kesibukan setiap hari di kantor dengan rutinitas mengerjakan setumpuk pekerjaan kantor, kadang – kadang membuat anda lupa terhadap pola gaya hidup sehat. Nah, dengan mulai memperhatikan mengonsumsi makanan sehat merupakan sebuah tantangan di tempat kerja bagi karyawan / wati sebuah kantor.

Tantangan yang dimaksud adalah adanya kesibukan membuat beberapa orang hampir lupa waktu untuk istirahat sejenak guna menikmati makanan sehat. Bukan makanan / minuman yang biasa dijual di warung – warung makan bahkan kafe / resto – resto mewah yang sifatnya praktis siap saji, dan kadang – kadang kurang memperhatikan nilai kandungan gizi di dalamnya. Kondisi ini mungkin disebabkan karena makanan sehat kurang diminati oleh mereka dan kalah rasa / kurang menarik dalam hal penyajian dibandingkan dengan makanan cepat saji. Meskipun demikian, anda jangan lupa bahwa makanan tidak sehat akan menggerogoti rubuh anda dan membuat badan mudah melar alias bertambah gemuk jika terlalu berlebihan dikonsumsi.

Apakah solusi yang tepat untuk membiasakan diri mengaplikasikan pola hidup yang sehat ?

Memang terlihat sulit bagi anda yang terbiasa jajan di warung – warung makan atau lebih menyukai makanan siap saji yang saat ini dengan mudah bisa anda dapatkan di kafe atau restoran dekat dengan kantor, tetapi anda mulai sekarang dapat membenahi pola makan yang buruk menjadi lebih bermanfaat untuk kebaikan diri sendiri, kami rangkum dari berbagai sumber berita akan memberikan solusi praktis untuk anda yang super sibuk agar dapat mengaplikasikan pola makan sehat, tersebut di bawah ini :

• Menyeruput minuman hangat berupa teh atau kopi

Minuman hangat berupa teh atau kopi merupakan minuman yang umum menemani hari – hari anda dalam keseharian di kantor. Kadang – kadang karena terlalu menyukai menyeruput secangkir teh atau segelas kopi membuat beberapa orang seperti merasa ketagihan sehingga menjadi sebuah kebiasaan dimana tubuh merasa sakit atau tidak enak badan jika belum dapat minum teh atau kopi. Maka dari itu konsumsilah teh atau kopi sesuai dengan porsi makanan sehat dan hindari terlalu berlebihan. Porsi tepat adalah 1 sdt teh atau serbuk kopi dengan ½ sdm gula pasir dalam 2 cangkir air panas dalam sehari. Kedua minuman ini akan lebih bermanfaat bagi kebugaran tubuh jika tidak dicampur dengan creamer kalengan bahkan gula yang dapat dengan mudah meningkatkan kalori.

• Mengkonsumsi ragam cemilan

Sudah menjadi kebiasaan umum rekan kantor membawa cemilan untuk dimakan bersama – sama ketika sedang ada meeting. Nah ragam cemilan yang rasanya serba enak tersebut merupakan sebuah godaan untuk ikut – ikutan rekan kantor ngemil padahal ngemil berlebihan merupakan kebiasaan buruk yang menyebabkan badan mudah menjadi gemuk. Sementara pola hidup yang sehat atau bagi yang sedang melakukan diet sehat adalah pantang terlalu berlebihan ngemil dimana ngemil yang sehat sebenarnya memiliki aturan seperti anda sedang melakukan diet sehat.

Aturan ngemil sehat adalah dengan mengetahui porsi dan kandungan kalori dalam makanan / minuman yang menjadi favorit anda untuk ngemil. Hindari ngemil makanan yang berukuran mini dan tidak mampu mengenyangkan perut dimana yang sebenarnya cemilan tersebut banyak mengandung kalori. Kalori berlebihan dari cemilan menyebabkan tubuh anda mudah menjadi gemuk. Juga hindari cemilan serba digoreng karena di dalamnya banyak mengandung lemak berlebihan. Jika ingin ngemil maka pilih cemilan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh seperti pisang rebus atau ubi, biskuit gandum, yoghurt atau dark chocolate.

• Wajib sarapan pagi sebelum keluar rumah

Sarapan pagi berfungsi untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menambah semangat / mood untuk bekerja, dimana sarapan pagi mengurangi rasa lesu dan lelah, mengantuk, serta membiasakan diri anda untuk dapat berpikir fokus atau konsentrasi dengan baik. Biasanya saat esok pagi terbangun, anda akan mendapatkan metabolisme otak dalam kondisi meningkat sehingga membutuhkan zat Glukosa sebagai pendorong tenaga. Dimana diketahui bahwa Glukosa di dalam tubuh setiap pagi hari jumlahnya sedikit / menurun karena semalaman anda tidak makan / minum karena sedang tidur. Perhatikan menu sarapan pagi yang baik adalah ragam makanan / minuman yang mudah untuk dicerna. Misalnya adalah Roti Gandum dengan Telur Dadar bisa diberi rempah seperti Bawang Bombay, Paprika atau Tomat seperti anda sedang menyantap Hamburger.

• Hindari telat makan siang

Sangat penting untuk mengisi perut saat jam makan siang tiba, karena makan siang adalah saat yang tepat bagi anda untuk beristirahat sejenak guna mengisi perut yang kosong sedari tadi pagi hanya diisi menu sarapan pagi yang seadanya saja. Agar acara makan siang anda menjadi lebih sehat maka hindari makan siang dilakukan di meja kerja. Beranjak sebentar saja dari meja kerja anda menuju ke ruang makan di kantor yang sudah tersedia, maka akan dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi kembali bugar serta merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki mood anda yang mulai merasa lelah dan bosan.

Selanjutnya perhatikan menu makan siang yang dipilih, sesekali boleh melakukan makan siang di warung makan pinggir jalan atau restoran dengan menu yang rata – rata rasanya enak. Namun hindari melakukan makan siang sembarangan tempat setiap hari agar tubuh tetap memiliki daya tahan kekebalan tubuh terhadap ragam penyakit yang kuat. Jangan terlalu sering makan di luar rumah, perhatikan syarat pemenuhan gizi untuk tubuh terhadap serat, protein dan karbohidrat dengan porsi yang standar. Menu makan siang yang pas adalah 50 % sayur dan buah, 25 % protein dan 25 % karbohidrat.

• Biasakan diri untuk makan malam yang sehat

Pada malam hari tidak membutuhkan untuk melakukan beragam aktivitas sehingga energi bisa disimpan untuk kegiatan santai menjelang tidur. Yang penting untuk diperhatikan adalah menu makan malam wajib mengandung porsi karbohidrat yang pas. Jika anda sedang lembur di kantor dan sebelum ke kantor memilih untuk makan malam di rumah saja maka guna menahan rasa lapar di meja kerja nanti sebaiknya anda memilih menu makan sehat ditambah ngemil sehat dengan mengonsumsi buah – buahan.

Menu makan makan yang dianjurkan adalah berisi sayuran, Protein dan buah – buahan meja yang segar. Sempatkan makan di rumah dengan komposisi yang standar maka akan membantu anda mempunyai energi mencukupi guna selanjutnya dimanfaatkan sebagai tenaga dalam melalui hari – hari sibuk dan dapat terhindar dari penyakit, mampu menjaga berat badan ideal serta memiliki penampilan fisik yang menarik.