Hati-hati, 6 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Dapat Memperpendek Usia

132

Semua orang pasti menginginkan berusia panjang dan selalu sehat, namun faktanya pola hidup yang mereka jalani seringkali berlawanan dan justru dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ya, gaya hidup yang kebanyakan dijalani di masyarakat adalah pola hidup tidak sehat, mulai dari kebiasaan hingga makanan, semuanya tidak menyehatkan bagi tubuh. Bahkan beberapa di antaranya dapat menyebabkan kematian datang lebih cepat. Setidaknya, jika ingin hidup lebih lama, berhati-hatilah dengan gaya hidup tidak sehat berikut ini yang dapat memperpendek usia.

1. Ketergantungan Terhadap Gadget

Belakangan ini perkembangan teknologi begitu cepat hingga menciptakan euforia di masyarakat. Bahkan sekarang hampir semua aktivitas tidak terlepas dari penggunaan gadget sehingga ketergantungan pada gadget tidak dapat dihindari. Hal ini ternyata dapat membahayakan kesehatan, apalagi jika sering nonton dan main game digadget. Radiasi dari gadget dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, sementara mata menjadi cepat lelah dan kabur. Hal ini tentu dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang mengancam nyawa jika berlangsung lama.

2. Kurang Minum

Kesibukan terkadang membuat kita lupa akan kebutuhan tubuh, salah satunya mengkonsumsi air putih dengan cukup. Padahal kebutuhan akan air pada tubuh begitu penting, namun hal ini sering diabaikan hingga tubuh mengalami dehidrasi. Fungsi organ tubuh pun terganggu hingga gangguan kesehatan pun mulai dirasakan.

3. Sering Mengkonsumsi Makanan Asin

Makanan asin dan makanan lainnya yang tinggi kandungan garam tidak baik dikonsumsi dalam jumlah besar apalagi jika terlalu sering karena dapat mempengaruhi aliran darah. Makanan yang tinggi natrium akan mempercepat aliran darah, mempersempit pembuluh darah dan darah menjadi kental sehingga dapat memicu hipertensi dan stroke. Sebaiknya tubuh tidak mengkonsumsi garam lebih dari satu sendok teh agar dapat terhindar dari penyakit berbahaya.

4. Suka Makanan Manis

Siapapun suka makanan yang manis, namun sebaiknya makanan tersebut tidak rutin dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Makanan manis sudah pasti tinggi kandungan gula yang jika sering dimakan akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain dapat merusak fungsi organ tubuh, makanan manis juga dapat memicu resistensi insulin yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

5. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan, namun dapat berdampak sebaliknya jika dilakukan secara berlebihan. Olahraga yang dilakukan lebih dari dua jam setiap harinya akan membuat otot menjadi tegang dan lelah. Selain itu, jantung pun akan bekerja keras hingga dapat mengalami gangguan fungsi dan menyebabkan penyakit jantung. Jadi olahragalah sewajarnya agar tubuh tetap sehat.

6. Tidur Setelah Makan

Kebiasaan tidur setelah makan memang terasa nikmat, namun Anda harus berhati-hati jika sering melakukannya karena hal tersebut dapat memperpendek usia. Setelah makan, tubuh perlu mencerna makanan yang masuk, namun proses metabolisme akan berjalan sangat lambat saat kita dalam posisi tidur. Artinya kebiasaan ini akan memicu penimbunan lemak di perut yang pada akhirnya menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Itulah gaya hidup tidak sehat yang dapat memperpendek usia jika terus dilakukan dan tidak segera djauhi. Mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut demi menjaga kesehatan dan memperpanjang usia Anda.