Hati-hati, 4 Kebiasaan Makan Seperti Ini Paling Sering Picu Tersedak

195

Saat makan, mengunyah secara tidak benar dapat menjadi penyebab paling umum dari kondisi tersedak. Apapun makanannya, tersedak bisa saja terjadi dan siapapun bahkan juga bisa mengalami. Namun setidaknya, dengan memerhatikan beberapa kebiasaan makan pemicu tersedak di bawah ini, kejadian tak mengenakkan tersebut bisa diminimalisir.

  1. Makan Terburu-buru

Dalam kondisi sangat lapar ditambah dengan tubuh lelah, kebiasaan makan terburu-buru bisa jadi adalah penyebab tersedak paling utama. Selain karena saking tak bisa menahan lapar, terburu waktu pun dapat menjadi alasan. Selalu perhatikan cara makan dengan mengunyah secara benar dan baik, serta pastikan tersedia minuman saat makan sehingga jika seret bisa langsung dilegakan dengan minum.

  1. Makan Makanan Bertekstur Kental, Kering atau Kenyal

Bakso, ayam yang dimasak terlalu matang, selai kacang, hingga bagel adalah contoh makanan-makanan yang termasuk memiliki tesktur kenyal, kering maupun kental yang akan sangat mudah membuat seret saat ditelan dan jika tak hati-hati dapat memicu tersedak. Ini karena memang jenis tekstur ini perlu dimakan dengan cairan ekstra atau gigitan yang kecil agar mudah turun.

  1. Makan Makanan Berukuran Besar

Mengonsumsi makanan yang ukurannya besar atau dengan sengaja memasukkan ke dalam mulut sebuah gigitan besar terkadang jadi penghambat karena telah lebih dari yang dapat kita kunyah. Memakan sandwich lapis dan juga steak terkadang dalam gigitan yang besar yang berisiko besar menimbulkan kondisi tersedak.

Makan makanan yang ukurannya besar pun mampu menyebabkan sumbatan pada tenggorokan sehingga aliran udara terhambat, seperti anggur, wortel dan juga hot dog. Pastikan untuk memberi perhatian ekstra saat sedang mengunyah dan kunyahlah secara perlahan agar tidak menjadi pemicu tersedak.

Dilansir dari laman Detik Health, menurut profesor kedokteran Sharon A. Brangman, M.D makanan yang berukuran kecil tapi dimakan sebanyak segenggaman tangan pun akan mengalamih kelebihan saat dimasukkan ke dalam mulut. Ketika belum sampai semuanya terkunyah dengan baik, kemungkinan bakal ada yang tertelan sehingga menyebabkan tersedak.

  1. Makan Sambil Berbaring

Ada yang pernah atau malah terbiasa dalam posisi berbaring malah sambil makan? Ini adalah kebiasaan atau cara makan yang pasti bisa meningkatkan risiko tersedak. Hindari makan pada waktu posisi sedang berbaring karena salah-salah bukannya berhasil rileks dan santai, kita malah sibuk harus cari cara mengatasi tersedak makanan sendiri.

Hindari cara makan yang mungkin sudah jadi kebiasaan tersebut agar tak gampang tersedak apalagi sampai menyebabkan batuk-batuk dan tenggorokan tak nyaman berkepanjangan. Jika memang perlu, pertolongan pertama saat tersedak bisa coba dilakukan atau datanglah ke dokter spesialis THT apabila tersedak cukup serius.