13 Pertolongan Pertama Saat Tersedak pada Anak, Dewasa dan Diri Sendiri

1839

Tersedak, setiap orang sudah pasti pernah mengalami kejadian ini. Biasanya yang seringkali tersedak adalah bayi atau anak-anak yang hampir selalu memasukkan apa yang mereka jumpai ke dalam mulut. Tersedak adalah kondisi dimana ada benda cair atau makanan yang dapat menghambat aliran udara menuju tenggorokan.

Kasus tersedak rata-rata bisa hilang dengan sendirinya, namun ada juga yang mengancam jiwa seseorang karena memunculkan komplikasi. Oleh sebab itu, bantuan medis penting untuk mengatasi tersedak dengan segera. Akan tetapi sebelumnya perlu bagi kita untuk mengerti dan bisa membantu orang tersedak sebelum bantuan medis tiba. (baca juga: Makanan Penurun Androgen, Pusing Setelah Minum Kopi)

Kasus tersedak pada anak-anak terjadi karena seringnya memasukan sesuatu ke mulut mereka. Berbeda dengan hal tersebut, kasus tersedak yang dialami orang dewasa biasanya karena memakan atau meminum sesuatu dengan terburu-buru. Mekanisme peristiwa tersedak adalah adanya benda asing yang menyumbat saluran pernapasan pada tenggorokan.

Benda asing tersebut berada di bagian epiglotis (pintu masuk trakea) dan bisa terdorong keluar dengan batuk. Melewati bagian epiglotis benda akan dicegah turun ke trakea, namun jika ukuran benda terlampau besar maka bisa menimbulkan jalan pernapasan tertutup total. (baca juga: Efek Samping Temulawak, Minuman Penurun Gula Darah)

Gejala yang biasanya dialami oleh seseorang saat tersedak diantaranya adalah:

  • Berbicara sepatah kata saja.
  • Batuk berulang-ulang.
  • Panik
  • Suara napas berbeda dari biasanya.
  • Mata berair.
  • Wajah merah.
  • Pucat apabila oksigen tetap tidak masuk, sehingga bisa saja pingsan.

Seorang dewasa yang tengah tersedak sering mengatasi kondisi tersebut sendiri, tanpa bantuan alat medis, hal tersebut menandakan bahwa saluran pernapasan miliknya hanya terhalang sebagian saja. Berbeda lagi jika kondisi tersebut dirasa semakin parah yang ditandai dengan tidak mampu berbicara dan kemungkinan tidak sadarkan diri. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa kita lakukan saat melihat seseorang tersedak sebelum menunggu datangnya bantuan medis.

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Pikiran Negatif, Cara Yoga Untuk Pemula

1. Pada Orang Dewasa

Tersedak yang terjadi pada orang yang sudah dewasa biasanya disebabkan karean terlalu cepat menelan makanan atau berbicara sambil mengunyah makanan. Jika ditemukan orang dewasa yang mengalami kondisi ini, perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:

  • Memintanya batuk terus-menerus untuk mengeluarkan sesuatu yang menghambat saluran pernapasannya. Penderita bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan, hanya saja kita wajib berada di dekat penderita tersebut dan membawakan segelas air putih.
  • Segera berikan minum saat benda yang menghalangi saluran napas mampu dikeluarkan. (baca juga: Penyebab Telapak Kaki Panas , Tanda Awal Alzheimer)
  • Jika kondisi semakin parah karena batuk tidak dapat mengeluarkan benda yang menyumbat saluran napas korban maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah berdiri di belakang penderita tersebut. Kemudian tahan dada pasien dengan menggunakan satu tangan sambil mencondongkan tubuhnya ke depan.
  • Mencondongkan badan pasien ke depan berfungsi untuk mencegah sesuatu masuk terlalu dalam dan berharap bisa keluar melalui mulut.

Artikel Terkait: Cara Menyembuhkan Bipolar, Cara Menghentikan Bersin

  • Kemudian berikan pukulan sedang menggunakan tumit tangan anda pada bagian punggung pasien (tepatnya diantara dua tulang belikat), tetap pantau kondisi pasien dan tanyakan bagaimana pernapasannya sekarang.
  • Jika masih tersumbat maka cara lain adalah dengan berdiri di belakang pasien (cara ini disebut dengan Heimlich). Letakkan lengan anda pada pinggang pasien (memeluk), dan satu kepalan tangan berada di atas pusar. Doronglah kepalan tangan ke atas dan ke dalam dengan sentakkan tangan beberapa kali. Teknik heimlich ini bisa menimbulkan luka cukup serius pada perut pasien. Jadi, setelah dilakukan diharapkan pasien segera memeriksakan diri ke dokter.
  • Apabila teknik heimlich tidak berhasil juga, maka pasien harus menjalani resusitasi jantung dan paru-paru (menekan dada) cara ini biasanya dilakukan oleh tim medis yang sudah ahli. Oleh sebab itu disarankan jika sudah pada tahap heimlich, maka segera hubungi bantuan medis untuk menanggulangi masalah tersebut.

Baca Juga:

2. Pada Anak-anak

Penanganan tersebut diatas hanya boleh dilakukan pada orang dewasa. Sementara untuk bayi atau anak-anak, lain lagi bentuk pertolongannya. Pada bayi atau anak-anak (kurang dari 7 tahun) dapat dimulai dengan:

  • Menaruh pasien tengkurap di atas pangkuan dengan meletakkan kepalanya lebih rendah.
  • Tahan kepala bayi (di bagian pipi kiri dan kanan) guna membuka saluran pernapasannya.
  • Tepuk dengan lembut di bagian antara tulang belikatnya.
  • Pastikan kondisinya, kemudian lihat apakah benda yang menyumbat sudah keluar.
  • Segera berikan pertolongan dengan menghubungi tenaga medis (karena bayi dan anak-anak lebih rentan untuk terjadi komplikasi).

(baca juga: Makanan Yang Mengandung Albumin, Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda)

3. Pada Diri Sendiri

Peristiwa tersedak yang terjadi pada diri sendiri secara umum bisa diatasi oleh pasien secara langsung. Hal yang perlu dilakukan adalah mencoba tetap tenang dan hindari perasaan panik. Berusaha meminta pertolongan dengan menarik perhatian kawan sekitar jika sewaktu-waktu anda susah bernapas dan tersedak tidak bisa diatasi sendiri.

Usahakan untuk batuk secara berulang kali untuk mengeluarkan benda asing yang menyumbat saluran pernapasan anda. Perlu diperhatikan bahwa proses atau tindakan menepuk punggung tidak boleh dilakukan saat  badan kita sedang dalam posisi tegap. Hal ini bisa mengakibatkan kondisi fatal karena justru benda asing akan turun menuju trakea.

Artikel Terkait: Gejala Xerostomia, Ciri Ciri Albuminuria

Pencegahan Tersedak

Tersedak pada dasarnya bisa dicegah karena merupakan akibat kelalaian diri sendiri. Oleh sebab itu dibutuhkan pemantauan yang tepat untuk mencegah peristiwa tersebut agar tidak menyerang orang-orang yang kita sayangi. Berikut ini adalah cara mencegah tersedak pada setiap orang termasuk diri sendiri:

  • Hindari berbicara saat makan.
  • Untuk anak-anak, lebih baik jika makanan mereka disajikan dalam bentuk potongan kecil yang memudahkan masuk ke mulut di mana hal ini juga sekaligus mencegah cegukan.
  • Jauhkan barang atau benda asing yang berukuran kecil di tempat bermain anak (koin, dadu, dll).
  • Kunyah makanan sehalus mungkin untuk membantu proses pencernaan dan memudahkan saat menelan di mana hal ini juga supaya bisa menghindari gangguan pencernaan.
  • Selalu sediakan air minum saat makan untuk membantu proses menelan.

Baca Juga:

Pencegahan tersebut sangat penting dilakukan, mengingat tersedak memang bukan kondisi penyakit yang mematikan namun bisa menelan korban bila tidak segera ditangani. Kebanyakan orang yang mengalami tersedak justru tidak segera mendapatkan pertolongan karena mengundang kepanikan dari orang disekitarnya. Hal tersebut tidak seharusnya terjadi karena kondisi tersedak sangat berbahaya jika sewaktu-waktu dialami oleh seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit kronis lainnya.

Oleh sebab itu, tindakan pencegahan wajib dilakukan berikut dengan cara penanganan untuk mengatasi kondisi tersedak yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Lakukan dengan tenang ketika tersedak dan jangan malah menjadi penyebab cemas berlebihan sehingga menimbulkan masalah lainnya. Demikian artikel informatif tentang pertolongan pertama saat tersedak. Semoga bermanfaat untuk anda!