Home MinumanMinuman Sehat 5 Minuman Penurun Gula Darah Paling Cepat

5 Minuman Penurun Gula Darah Paling Cepat

by Henny Anugerah

Minuman penurun gula darah merupakan minuman yang dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh sehingga keseimbangan gula dalam darah tetap stabil. Gula darah cenderung meningkat lebih banyak disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan buruk sehari hari yang mempengaruhi kesehatan organ pankreas. (Baca Juga: Ciri Ciri Gula Darah Tinggi , Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah)

Hubungan Pankreas dengan Gula Darah

Pankreas dapat memproduksi hormon insulin yang dialirkan langsung kedalam aliran darah supaya zat glukosa dapat mudah diubah menjadi energi yang nantinya dibutuhkan oleh tubuh. Jika organ pankreas rusak maka akan menyebabkan gangguan produksi insulin yaitu jumlah insulin semakin menurun yang jika terus dibiarkan maka seseorang dapat terkena peningkatan kadar gula yang akhirnya menyebabkan penyakit diabetes. Tahukah anda bahwa Makanan dan minuman yang terlau banyak mengandung gula salah satu Faktor penyebab pankreas rusak. (Baca Juga: Penyebab Kadar Gula Darah di Atas 200  , Cara Mencegah Gula Darah Naik)

Kebiasaan Buruk yang Merusak Pankreas dan Menyebabkan Gula Darah Meningkat

  1. Minuman manis

Minum minuman yang manis terus menerus setiap hari dan jangka panajng termasuk minuman siao saji dalam kemasan berpotensi meningkatkan kadar gula darah lebih cepat ketimbang anda mimum minuman yang rasa manisnya dari bahan dasar jagung atau aren yang terbukti mampu menjaga kadar gula tetap stabil.

Baca Juga:

  1. Makanan berkadar gula tinggi

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi terus menerus dan berlebihan mampu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat misalnya nasi yang dimakan pada malam hari menjelang tidur, Mie instan , kue kue dalam kemasan, Roti yang terbuat dari terigu dan sebagainya.

Baca Juga:

  1. Stres berat

Sres berat yang berkepanjangan dapat menyebabkan naiknya produksi kortisol dalam tubuh dan hormon insulin justru mengalami penurunan sehingga anda dapat cepat mengalami lonjakan gula darah. (Baca juga : Cara menghilangkan stres)

  1. Pil KB

Pemakaian pil KB yang terlalu sering atau bertahun tahun dapat mengendalikan zat hormon estrogen dan progesteron yang ada didalam pil tersebut menjadi aktif meningkatkan kadar gula dalam darah secara bertahap . Kondisi ini berbahaya karena secara tidak sadar anda telah memberi peluang tubuh anda untuk terkena penyakit kencing manis atau diabetes.

Baca Juga:

  1. Malas berolahraga

Malas berolahraga adalah kendala yang paling umum yang dapat menyebabkan peningakatn gula darah . Olahraga mampu mengubah glukosa dalam tubuh menjadi energi lalu disebarkan keseluruh jaringan tubuh menjadi merata sehingga jumlah insulin dalam tubuh tetap dalam kondisi terbaiknya( stabil).

Baca Juga:

Minuman Penurun Gula Darah

Minuman penurun gula darah dapat mudah dibuat sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan bahan alami yang terbukti mampu mengatasi masalah gula darah.

  1. Mengkudu

Buah mengkudu mengandung senyawa terpenoid yang memiliki kemampuan secara klinis merevitilasi sel sel beta yang ada didalam organ pankreas sehingga mampu meningkatkan produksi insulin dalam jumlah yang disesuaikan kebutuhan tubuh agar kadar gula didalam darah tetap seimbang dan terhindar dari penyakit diabetes. Jadikan jus buah mengkudu untuk minuman penurun gula darah favorit anda yang dapat diminum 2 kali sehari. Selama tidak berlebihan mengkonsumsinya maka bahaya buah mengkudu bagi kesehatan tidak akan muncul dan mempengaruhi kesehatan organ tubuh lain. (Baca Juga: Efek Samping Mengkudu)

  1. Kayu manis

Kayu manis terkenal sebagai bumbu masakan yang dapat mendukung aroma masakan lebih harum dan memiliki efek rasa yang manis. Namun kayu manis memiliki keunggulan dalam mengatasi masalah gula darah. Kayu manis mampu mencegah seseorang terserang diabetes kertika kadar gula dalam darah sedang mengalami peningkatan, karena sari dari kayu manis menurunkan kadar trigliserida, Glukosa dalam darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol LDL. Rendamlah 3 batang kayu manis pada segelas air matang panas. Minumlah saat air sudah hangat 2 kali sehari. (Baca Juga: Makanan Penyebab LDL Tinggi , Bahaya Kolesterol LDL Tinggi)

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak senyawa yang dapat menghancurkan penumpukan gula berlebih dalam darah sehingga fungsi insulin dalam tubuh dapat berfungsi secara normal dan memperbaiki sistem metabolisme glukosa menjadi lebih baik, Diantaranya senyawa Allicin, Propil disulfida, sulfoxide dan senyawa kuat allylcysteine. Hancurkan dengan blender 2 siung bawang putih dicampur sedikit dengan air lemon kemudian seduhlah bersama air hangat matang, Aduklah hingga merata lalu saringlah untuk kemudian diminum airnya 2 kali sehari. Minuman penurun gula darah dengan bahan dasar bawang putih terbukti ampuh menurunkan gula darah relatif lebih cepat.

Baca Juga:

  1. Kulit manggis

Kulit manggis merupakan minuman penurun gula darah yang cocok bagi penderita diabetes maupun penderita yang baru terkena gejala diabetes. Kulit manggis terkenal dengan senyawa xanthonenya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk diabetes. Zat flavonoidnya bertindak sebagai antioksidan untuk mendukung peningkatan daya tahan tubuh. kulit manggis mampu mengembalikan resitensi insulin didalam tubuh sehingga jumlah insulin kembali normal. Rebuslah beberapa kulit manggis sampai mendidih, Dinginkan lalu saringlah sebelum diminum 2 kali sehari. (Baca Juga: Khasiat Kulit Manggis , Bahaya Makan Manggis dan Gula)

  1. Teh hijau

Selain sebagai minuman sehat yang dapat menjaga berat badan dan menghambat penuaan dini ternyata teh hijau merupakan minuman penurun gula darah yang efektif mampu mengatasi masalah peningkatan kadar gula dalam tubuh. Teh hijau dapat menyemnuhkan gejala penyakit diabetes dan daibetes tipe 1 agar tidak berkembang menjadi diabetes tipe 2. (Baca Juga: Efek Samping Teh Basi , Efek Samping Teh Pahit)

You may also like