38 Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah yang Melonjak

2413

Tekanan darah adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang perlu dijaga kadarnya agar tetap normal. Terlalu rendah tidak baik, terlalu tinggi pun bisa berisiko buruk bagi tubuh. Tekanan darah tinggi mampu menjadi awal dari berbagai jenis penyakit kronis, termasuk juga jenis-jenis penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara cepat menurunkan tekanan darah yang aman.

(Baca juga: ciri-ciri darah tinggi)

1. Mengonsumsi Makanan Penurun Darah Tinggi Cepat

Ketika tekanan darah naik, maka biasanya akan timbul gejala-gejala tak mengenakkan, seperti misalnya rasa nyeri pada bagian dada, detak jantung juga mulai tak teratur, penglihatan mengabur dan juga sakit kepala parah. Untuk itu, demi menurunkan dengan cepat tekanan darah Anda, konsumsilah makanan-makanan ini:

  • Kedelai
  • Kentang
  • Bawang putih
  • Seledri
  • Buncis
  • Bayam
  • Tomat
  • Minyak zaitun
  • Roti gandum
  • Oatmeal
  • Salmon
  • Yogurt
  • Coklat hitam
  • Susu skim rendah/bebas lemak
  • Blewah
  • Jeruk
  • Mengkudu
  • Pisang
  • Melon
  • Kiwi
  • Alpukat
  • Belimbing
  • Mentimun

Makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari demi menurunkan tekanan darah yang telah telanjur tinggi.

2. Mengurangi Asupan Kafein

Banyak orang menggemari minuman berkafein dan disebut-sebut memang kafein ini merupakan faktor peningkat tekanan darah. Walau memang pengaruh kafein terhadap kenaikan tekanan darah masih belum terlalu jelas dan masih dalam perdebatan, namun memang faktanya tekanan darah bisa melonjak gara-gara minum kafein.

Supaya menurunkan tekanan darah dengan cepat dan efektif, maka Anda perlu memerhatikan asupan kafein setiap harinya. Minum kopi sah-sah saja, tapi jangan sampai berlebihan dan terlalu sering. Sesudah mengonsumsi 1 cangkir kopi, Anda bisa coba memeriksa kadar tekanan darah, dan kalau peningkatan di atas 10 poin, batasi segera konsumsi kafein agar tekanan darah cepat turun.

(Baca juga: cara mengatasi darah tinggi)

3. Mengurangi Stres

Banyak yang tidak tahu kalau stres serta rasa cemas berlebih bisa menjadikan tekanan darah melonjak naik. Jadi untuk menurunkan tekanan darah dengan cepat ketika sedang tinggi-tingginya, pastikan untuk menghindari stres. Carilah cara mengatasi stres ampuh, entah itu dengan bermeditasi, makan makanan untuk menghilangkan stres, atau piknik.

Tentu untuk mengatasi rasa stres tersebut, Anda perlu menelaah lebih dulu apa yang menjadi penyebab stres. Setelah diketahui penyebabnya, akan mudah bagi Anda untuk mengatasi rasa stres tersebut. Ketika stres dibiarkan, maka tekanan darah pun otomatis menjadi ikut naik nantinya jadi sebaiknya Anda cepat-cepat mengelola stres tersebut.

4. Tidak Merokok

Kalau Anda salah satu perokok aktif dan selama merokok tekanan darah terus-menerus tinggi, maka cara cepat untuk menurunkan kadarnya adalah dengan tidak merokok. Penting untuk menjadi pengetahuan kita bersama bahwa kandungan nikotin pada tembakau sangatlah tinggi. Nikotin inilah yang mampu menaikkan tekanan darah sebanyak 10 mmHg atau lebih.

Tekanan darah akan terus meningkat ketika Anda merokok, jadi untuk menurunkan kadar tekanan darah yang naik adalah dengan menjauhi rokok. Tak hanya tidak merokok, Anda juga dianjurkan untuk menjauhi asap rokok. Menjadi perokok pasif pun juga bisa menaikkan tekanan darah dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lumayan serius.

(Baca juga: bahaya garam bagi penderita hipertensi)

5. Mengurangi Asupan Garam

Bagi yang senang makan makanan yang asin-asin atau bergaram tinggi, biasanya tekanan darah akan melonjak cukup cepat. Apabila Anda ingin menurunkan tekanan darah secara cepat, maka otomatis salah satu caranya adalah dengan menjauhi makanan bergaram tinggi. Menguranginya adalah keputusan yang baik kalau Anda merasa tak bisa untuk menghindarinya sama sekali.

Diketahui menurut Mayo Clinic, tekanan darah yang tinggi bisa diturunkan dengan cukup cepat ketika hanya mengurangi sedikit garam dalam diet. Tekanan darah yang bisa turun adalah sebanyak 8 mmHg yang artinya sudah cukup lumayan ketika Anda mengurangi asupannya. Sodium tetaplah penting, namun pastikan untuk tidak konsumsi lebih dari 1500 mg per harinya.

6. Berolahraga

Menurunkan tekanan darah dengan olahraga memang tidaklah langsung instan dalam sehari bisa terlihat hasilnya. Namun paling tidak dengan memulai olahraga rutin dari yang tadinya kurang olahraga, tekanan darah akan lebih cepat diturunkan. Pilihlah olahraga yang tepat dengan kondisi tubuh dan usia Anda dan lakukanlah olahraga tersebut seminggu 5 kali.

  • Latihan kardiovaskular
  • Peregangan otot sederhana
  • Pilates
  • Yoga

Itulah jenis-jenis olahraga yang paling disarankan untuk Anda karena memang latihan kardiovaskular akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperbesar kapasitas paru-paru dan juga meningkatkan efisiensi jantung. Namun bila latihan tersebut bukan untuk Anda, silakan lakukan olahraga sederhana seperti peregangan, atau mengambil kelas Pilates atau Yoga.

(Baca juga: cara mencegah darah tinggi)

7. Menghindari Alkohol

Tekanan darah bisa naik juga karena konsumsi alkohol berlebih di mana ini menjadi salah satu bahaya minuman keras bagi kesehatan. Ketika jumlah atau kadar alkohol yang masuk ke dalam tubuh terus-menerus tinggi, otomatis akibatnya adalah hipertensi permanen yang merupakan hal yang cukup buruk.

Jika sebagian dari Anda pun mengira bahwa minum alkohol bisa menurunkan tekanan darah, ini justru salah besar. Minuman keras adalah jenis minuman berbahaya bagi kesehatan, apalagi kalau mengonsumsinya dalam jangka panjang dan terlalu sering. Minuman keras jugalah yang menjadi faktor penyebab obesitas dan obesitas merupakan pemicu hipertensi.

8. Mengurangi Asupan Lemak Jenuh dan Kolesterol Tinggi

Dalam menurunkan tekanan darah secara cepat, Anda perlu berkomitmen untuk diet. Selain mengurangi asupan garam dan kafein, makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi harus dihindari. Kalau tak mampu menghindarinya sama sekali, paling tidak Anda perlu mengurangi asupannya, dijamin tekanan darah langsung turun.

Tak hanya lemak jenuh dan kolesterol tinggi, makanan yang mengandung lemak trans juga harus diwaspadai. Lebih baik kurangi asupannya agar tekanan darah cepat turun karena kalau tetap mengonsumsinya, tekanan darah akan terus mengalami lonjakan. Berikan tubuh jenis lemak yang baik daripada lemak jenuh dan lemak trans yang bisa menjadi penyebab obesitas.

9. Membatasi Asupan Gula

Bukankah ini merupakan cara untuk mencegah diabetes? Membatasi gula atau makanan serta minuman manis bukan hanya sekadar untuk menjauhkan Anda dari risiko penyakit gula alias diabetes. Kebanyakan asupan gula tak hanya bisa meningkatkan kadar gula darah, tapi juga kadar tekanan darah secara drastis.

Oleh karena itu, demi turunnya tekanan darah dengan cepat, seberapapun Anda menggemari makanan dan minuman manis silakan untuk menguranginya lebih dulu. Proses pengurangan kadar asupan gula ini akan memberikan efek yang cukup besar karena akan begitu berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah seperti yang Anda harapkan.

(Baca juga: bahaya darah tinggi)

10. Mengurangi Konsumsi Daging Merah

Ada sejumlah orang yang sangat menyukai yang namanya daging merah sehingga terlalu sering mengonsumsinya. Bagi yang mengidap tekanan darah tinggi, daging merah merupakan salah satu pantangan. Bila ingin tekanan darah turun dengan cepat, maka mulai batasi asupan daging merah ini disertai juga dengan tips diet sehat yang telah disampaikan sebelumnya.

11. Minum Air Daun Pegagan

Supaya tekanan darah yang tinggi bisa cepat turun, Anda juga bisa mengandalkan ramuan herbal semacam daun pegagan. Air rebusan daun pegagan merupakan penurun darah tinggi yang alami, aman dan efektif untuk dicoba. Setelah dibersihkan daunnya, Anda bisa merebusnya sampai matang dan airnya Anda minum sampai tekanan darah normal.

12. Minum Air Daun Alpukat

Satu lagi rahasia penurun tekanan darah super cepat, yakni dengan mengonsumsi air rebusan daun alpukat. Ambil beberapa lembar secukupnya yang kemudian dibersihkan dan konsumsilah dengan merebusnya. Didihkan dan setelah diangkat Anda bisa tunggu dingin sebelum mengonsumsinya. Daun alpukat ini bisa diminum selama beberapa hari dan hasilnya akan dapat dirasakan ketika Anda mengonsumsinya serutin mungkin.

(Baca juga: makanan untuk darah tinggi)

Itulah serangkaian cara cepat menurunkan tekanan darah yang melonjak. Mulai dari berdiet, beraktivitas fisik, hingga penggunaan herbal dapat dicoba supaya tekanan darah yang naik bisa cepat normal kembali. Sebelum tekanan darah tinggi lebih serius, perhatikan gaya hidup Anda, hindari makanan penyebab darah tinggi dan mulailah melakukan kebiasaan baik dan sehat.