Home MinumanMinuman Sehat 13 Minuman Penambah Stamina Untuk Pria Dan Wanita

13 Minuman Penambah Stamina Untuk Pria Dan Wanita

by Henny Anugerah

Minuman penambah stamina merupakan minuman yang dikonsumsi untuk meningkatkan energi dan memperbaiki kualitas kesehatan organ tubuh selama beraktivitas. Stamina yang mulai hilang menyebabkan seseorang terserang dehidrasi, Tubuh lemas, mudah kelelahan, Tidak fokus dan mengalami pegal pegal pada hampir seluruh jaringan tubuh. (Baca Juga: Bahaya Badan Terlalu Gemuk , Vitamin untuk Badan Letih)

Penyebab Stamina Berkurang

  • Karbohidrat tinggi

Mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat terus menerus menyebabkan menumpuknya kadar gula darah sehingga mengakibatkan banyak insulin yang dikeluarkan oleh tubuh. Kurangnya insulin didalam tubuh dapat membuat tubuh mudah kelelahan, Kurang energi dan seseorang kehilangan kemampuannya untuk berkonsentrasi. Kondisi ini membuat stamian pria mauoun wanita menjadi turun dratis. (Baca juga; Cara Mengatasi Kekurangan Protein , Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi)

  • Makan tidak teratur

Pola makan yang buruk misalnya jarang makan pagi atau makan tidak teratur adalah salah satu penyebab turunnya stamina karena tubuh tidak cukup mendapat nutrisi sebagi penghasil energi, Dimana energi sangat vital bagi aktivitas anda sehari hari. Kondisi ini menyebabkan kepala tersrang rasa nyeri, Tidak bisa berkonsentrasi dan mudah terserang masuk angin. (Baca juga: Makanan untuk Meningkatkan HB)

  • Kurang olahraga

Kurang olahraga adalah penyebab utama penurunan daya tahn tubiuh yang berimbas kepada kurangnya stamina seseorang dalam beraktivitas, Olahraga teratur dapat mempertahankan kekuatan seluruh jaringan tubuh dan pembuluh darah tubuh sehingga darah selalu lancar . (Baca Juga: Jenis Olahraga untuk Diet , Akibat Kurang Olahraga)

  • Kurang tidur

Sering begadang dapat menyebabkan melemahkanya kekuatan dinding pembuluh darah dan menyebabkan asupoan darah menjadi berkurang, Kondisi dapat menimbuljkan seseorang nampak selalu lesu, Lemas dan tidak bertenaga. Jika kebiasaan kurang tidur terus berlanjut dalam jangka panjang maka tubuh akan terserang penyakit anemia yang beresiko besar menuebabkan tubuh tidak berstamina. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kurang Tidur , Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur)

  • Kebiasaan dan gaya hidup

Hindari merokok karena bahaya merokok bagi alat pernafasan manusia terbukti dapat merusak sistem pernafasan bagian atas sehingga dapat menurunkan stamina seseorang ketika beraktifitas. Sedangkan minum minuman beralkohol secara berlebihan juga tidak baik karena dapat menurunkan kualitas stamina seseorang walaupun pada hakikatnya telah memiliki waktu tidur yang cukup atau rajin mengkonsumsi suplemen kesehatan. Zat yang ada pada rokok dan alkohol dapat mengiritasi hampir pada semua jaringan tubuh manusia yang menjadi penyebab stamian berkurang.

Baca Juga:

Minuman Penambah Stamina

Stamina yang baik bukan hanya dibutuhkan orang dewasa saja tetapi juga anak anak untuk menunjang masa pertumbuhan, Aktivitas belajar dan bermainnya sehari hari. Berikut adalah daftar minuman sehat yang dapat meningkatkan stamina pria maupun wanita yang aman dikonsumsi sehari hari.

1. Susu kacang kedelai

Susu yang dipadu dengan sari kedelai merupakan minuman penambah stamina yang dapat diminum setiap hari tanpa harus khawatir sakit perut. Susu kacang kedelai mengandung vitamin B komplek, Mineral (tembaga dan fosfor) untuk menambha energi dan meningkatkan stamina tubuh yang mulai hilang akibat aktivitas sehari hari.

Baca Juga:

2. Air jeruk

Minuman penambah stamina dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar jeruk. Minuman hasil perasan jeruk jenis apapun sangat nikmat dan sehat ketika ditambahkan madu. Konsumsilah setiap pagi setelah selesai sarapan dan malam hari sebelum berangkat tidur agar stamina tetap terjaga dengan baik hingga esok hari. Air jeruk dapat memproduksi energi dan semanagat baru bagi tubuh serta meningkatkan sistem saraf sehingga fungsi pencernaan selalu terjaga kesehatannya.

3. Apel dan susu

Apel dibuat jus lalu tambahkan susu agar dapat dijadikan minuman penambah stamina yang nikmat. Kedua bahan yang kaya akannutrisi ini dapat bertindak sebagai elektrolit tubuh ketika cairan tubuh mulai hilang akibat aktivitas yang membutuhkan energi besar misalnya olahraga.

Baca Juga:

4. Jus wortel

Wortel kaya akan betakaroten vitamin A, Mineral, Protein untuk proses pembersihan tubuh dari tumpukan empedu dan lemak diorgan hati. Organ hati adalah sala satu organ yang dapat mempengaruhi stamina tubuh, Ketika hati dalam keadaan tidak sehat maka energi tubuh akan terus berkurang dan stamina tubuh menurun.

5. Air madu

Buatlah minuman hangat yang ditambahkan madu murni untuk kemudian dikonsumsi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Madu memiliki kandungan asam amino yang dapat meningkatkan energi, Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap perubahan cuaca dan memproduksi stamina baru.

Baca Juga:

6. Kunyit asem

Minuman kunyit asem merupakan minuman penambah stamina yang baik untuk meningkatkan stamina pada orang orang yang baru pulih dari sakit bahkan menjaga kesehatan tubuh pada orang sehat namun hanya baik jika dikonsumsi tidak lebih dari 2 cangkir perharinya. Hal itu dikarenakan agar manfaat yang didapat tetap bisa dirasakan. Kunyit mengandung zat anti peradangan dan vitamin C yang ada didalamnya bertindak sebagai antioksidan kuat serta antibiotik aktif dalam melawan pergerakan bakteri dan virus didalam jaringan tubuh manapun sehingga tubuh selalu sehat berenergi.

7. Minuman jahe merah

Jahe merah memiliki keistimewaan karena mampu menjaga suhu tubuh, Mengendalikan daya tahana tubuh agar tetap stabil dan melindungi jaringan tubuh agar tidak mudah rusak. Jahe juga mampu menghilangkan kelelahann dan menambah energi sehingga tubuh terhindar dari penurunan stamina.

Baca Juga:

8. Air putih atau mineral

Air putih merupakan air yang paling mudah didapat dan diminum setiap saat. Air putih dinilai murni tanpa ada unsur gula atau bahan lain sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Minumlah air putih disela sela kesibukan atau perjalanan anda agar tubuh terhindar dari dehidrasi yang biasanya sebagai penyebab munculnya penurunan stamina dengan gejala awal tubuh kelelahan, Sakit kepala dan tubuh lemas.

9. Jus mengkudu

Mengkudu kaya akan manfaat bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal, Lever, Pankkreas, Lambung dan sebagainya. Mengkudu juga dapat menambah energi dan stamina tubuh. Buaah mengkudu mempunyai kandungan Protein, Vitamin, Mineral dan senyawa terpenoid yang memiliki kemampuan memulihkan sel sel tubuh dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh bagian manapun sehingga tubuh tetap berstamina. Perlu di ingat bahwa mengkonsumsi jus mengkudu sebaiknya satu gelas saja setiap hari agar manfaat untuk merningkatkan stamina tubuh dapat maksimal dirasakan.

Baca juga:

10. Air kelapa

Air kelapa mempunyai kandungan nutrisi yang dapat bertindak sebagai elektrolit tubuh yang menyerupai cairan yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh tetap berstamina. Kandungan isotonik alaminya mampu memperkuat saraf, Jaringan otot dan menghilangkan racun dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap berenergi setiap saat. Minumlah air kelapa tidak lebih dari satu gelas sehari guna memaksimalkan manfaat dari air itu sendiri untuk membangkitkan stamina.

11. Kopi

Kopi adalah minuman penambah stamina yang hanya cocok bagi usia dewasa karena mengingat cafeinnya yang cukup tinggi tidak cocok untuk organ tubuh anak anak yang masih masa pertumbuhan. Cafein diperlukan tubuh orang dewasa namun dalam ukuran yang kecil guna untuk meningkatkan kelancaran aliran darah, Menstabilkan pembuluh darah dan bersifat menenangkan jaringan otak. Mengonsumsi kopi hendaknya tidak lebih 2 gelas perhari agar manfaat untuk tubuh berstamina tetap terjaga.

Baca Juga:

12. Teh manis hangat

Ketika tubuh dalam kondisi tidak bersemangat dan kelelahan cobalah untuk minum segelas teh manis hangat. Teh dapat dipilih jenis teh hitam, Teh Oolong atau teh hijau. Manfaat teh mampu meningkatkan stamina karena zat cafein yang ada didalamnya walaupun tidak sekuat yang ada pada kopi tetapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan peredaran darah dan menghilangkan kelelahan.

13. Sekoteng

Banyak orang yang tidak mengetahui jika minuman sekoteng adalah salah satu minuman penambah stamina bagi orang orang yang tinggal diwilayah sejuk ataupun pada tempat yang memiliki musim dingin. Sekoteng adalah minumna yang terbuat dari sari jahe yang telah ditambahkan bahan lain misalnya roti gandum, Kacang tanah dan gula aren. Minuman sekoteng dapat menghangatkan tubuh dan mebningkatakan dayab tahan tubuh serta menambah stamina bagi orang orang yang bekerja dimalam hari misalnya bekerja pada pertambangan minyak, Kerja bangunan dan lain lain. (Baca Juga:  Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal , Minuman Penyebab Gagal Ginjal)

You may also like