7 Bahaya Minum Kunyit Setiap Hari yang Harus Kamu Ketahui

Kunyit sudah menjadi tanaman yang tak asing lagi akan manfaatnya. Dari dahulu, kunyit telah banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional karena kandungan manfaatnya yang berguna bagi kesehatan. Selain itu tanaman ini juga banyak digunakan pada produk-produk kecantikan, farmasi, dan obat-obatan. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma domestica Val ini banyak dijumpai di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Australia bahkan Afrika.

Manfaat pada kunyit terkandung dalam berbagai zat yang ada di dalamnya. Kandungan kimia dalam kunyit antara lain minyak atsiri (2-5%), zat warna kuning (kurkuminoid) (3-4%), mangan, kalsium, protein, kobalt, aluminium, arabinosa, timbal, seng, tanin, fruktosa, glukosa, fosfor, kalium, zat besi, magnesium, dan vitamin C.

Kunyit memiliki manfaat dalam bidang kesehatan diantaranya sebagai  obat diabetes melitus, antioksidan, perlindungan pada serangan jantung dan stroke, melindungi hati, tifus, antiinflamasi, antiedemik, usus buntu, anti kanker, membantu pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu, pereda mulas saat haid dan masih banyak lagi. Namun tahukah anda, dibalik manfaatnya yang sangat beragam, mengkonsumsi minuman berbahan kunyit memiliki batasan untuk setiap harinya. Dosis aman meminum kunyit yaitu tidak lebih dari 50-100 mg per hari. Minum kunyit setiap hari melebihi batas dosis yang dianjurkan tidak menjadikan penyakit cepat menghilang justru akan memperburuk kondisi kesehatan anda.Di bawah ini beberapa efek samping mengkonsumsi kunyit tiap hari yang perlu anda perhatikan.

Efek Samping Mengkonsumsi Kunyit Tiap Hari

  1. Kelainan fungsi hati

Hati memiliki batas kemampuan dalam menetralisir zat-zat yang kita konsumsi setiap harinya.  Meminum kunyit dalam dosis yang tinggi dapat memperburuk fungsi hati dan empedu. Pada penderita yang memiliki kelainan fungsi empedu harus berkonsultasi dahulu kepada dokter karena ramuan ini dapat  meningkatkan intensitas gejala pada penderitanya. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui pula mengenai hati diantaranya adalah ciri-ciri gangguan hati, ganguan fungsi hati, lemak di hati, bahaya lemak dihati, ciri-ciri hati bengkak.


  1. Gangguan lambung

Kunyit memiliki sifat yang pedas/panas. Meminum kuyit setiap hari dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat, ada beberapa ciri asam lambung yang perlu anda ketahui. Pengkonsumsi dapat menderita hiper keasaman lambung, maag, dan penyakit refluks asam. Hal ini seperti yang dikutip pada : https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-662-turmeric.aspx?activeingredientid=662

  1. Menghambat produksi trombosit

Kunyit dapat mengubah tingkat fibrinogen, yaitu suatu protein yang memfasilitasi pembentukan koagulan yang berfungsi dalam menghentikan pendarahan. Seseorang yang menderita hemofilia tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi kunyit.

  1. Merangsang rahim

Kunyit salah satunya biasa dikonsumsi dalam bentuk minuman dengan campuran asam dan gula jawa. Mengkonsumsi minuman yang berbahan kunyit tidak diperkenankan terlalu sering disebabkan karena kunyit dapat menjadikan rahim kering meskipun disatu sisi dapat melancarkan dan meredakan nyeri haid.

  1. Gangguan pada wanita hamil dan menyusui

Seperti yang dijelaskan pada poin 4, kunyit memiliki efek pada rahim sehingga tidak diperkenankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Kandungan pada kunyit yang dapat melancarkan haid dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil bahkan keguguran ataupun persalinan prematur. Selain itu juga dapat mengakibatkan janin berkembang kurang sehat.

  1. Anemia

Kunyit mengandung zat yang dapat menghancurkan leukosit (sel darah merah) dan eritrosit (sel darah putih). Hal ini dapat menyebabkan seseorang memiliki jumlah sel darah di bawah batas normal. Dalam jumlah berlebih kunyit akan menganggu metabolisme zat besi yang dapat memicu anemia. (baca : ciri-ciri anemia)

Baca juga :

  1. Menurunkan efek kemoterapi

Kunyit memiliki sifat sulit diserap tubuh. Dalam memilih suplemen kunyit, pastikan yang mengandung piperin karena dapat mempermudah penyerapan kunyit di dalam tubuh sehingga akan mendapatkan manfaat yang maksimal. Ekstrak kunyit dapat mengurangi efektivitas obat-obatan tertentu. Bagi anda yang sedang menjalani kemoterapi sebaiknya menghindari meminum kunyit.

Demikian efek samping atau bahaya yang dapat ditimbulkan karena minum kunyit setiap hari. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk