7 Bahaya Lemak di Hati – Cara Mencegah dan Mengatasi

Hati merupakan salah satu dari seluruh bagian di dalam tubuh yang merupakan bagian terpenting dalam tubuh, hati memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun, untuk itu hati perlu dijaga, terutama dijaga dari lemak berbahaya, karena ada beberapa hal yang diakibibatkan dari penumpukan lemak dalam hati. Beberapa penyakit hati yang berbahaya adalah salah satunya lemak di hati ini, selain itu adapula penyakit liver yang dapat dilihat gejala awal liver sehingga dapat ditangani lebih awal. Namun pada kesempatan kali ini akan lebih membahas mengenai bahaya lemak di hati, ketika lemak dihati tidak seimbang maka akan menyebabkan penyakit lain seperti

  1. Obesitas

Lemak dihati yang tidak terkontrol akan menyebabkan obesitas bagi penderitanya, penyebab obesitas di dalam tubuh salah satunya memang karena penumpukan lemak di dalam hati, oleh karena itu, harus hati-hati agar tidak terjadi obesitas, sebenarnya ada banyak cara mencegah obesitas yang sangat baik agar badan tetap norma

  1. Stroke

Selain mengakibatkan obesitas, bahaya penumpukan lemak yang lain adalah membuat penderitanya mengalami stroke, hal ini diakibatkan karena fungsi hati tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

  1. Kolesterol tinggi

Kelesterol tinggi dapat dibilang sebagai penyebab penumpukan lemak di hati dan dapat pula dibilang akibat dari penumpukan lemak di hati, pada dasarnya ketika lemak dihati semakin banyak, maka akan mengalami koleseterol tinggi, begitu sebaliknya, jika kolesterol terlalu tinggi dapat mengakibatkan penumpukan lemak di hati.

  1. Tekanan darah naik

Tekanan darah naik sangat berbahaya sekali, karena dengan tekanan darah naik seorang akan sulit mengontrol dirinya, mungkin orang itu akan lebih mudah emosi dan lain sebagainya.

  1. Hepatitis

Penyakit yang tidak diinginkan adalah hepatitis, ada berbagai macam hepatitis seperti hepatitis a, dan hepatitis b yang tentunya ada penyebabnya sendiri setiap masing-masing hepatitis, namun penyabab itu salah satunya adalah penumpukan lemak di hati juga.

  1. Kegagalan hati

Hati mengalami kegagalan ketika ia tidak mampu berfungsi dengan normal, dan penumpukan lemak pada hati ini membuat hati mengalami ketidak normalan sehingga membuat kegagalan pada hati.


  1. Kanker hati

Lagi-lagi hal ini juga disebabkan karena penumpukan lemak pada hati, hati yang memiliki banyak lemak daapat menyebabkan gangguan pada hati sehingga hati mengalami kanker hati.

Ketujuh dari penyakit itu merupakan bahaya dari penyakit penumpukan lemak di hati yang paling berbahaya, oleh sebab itu hati benar-benar harus dijaga kesehatannya. Kesehatan hati dapat dilakukan dengan memahami dan malakukan  cara mencegah kerusakan hati agar hati tetap terjaga. Selain itu penting untuk diketahui adalah bagaimana cara mencegah dan mengobati agar penumpukan lemak di hati ini tidak terjadi pada diri anda.

Cara mencegah dan mengatasi lemak di hati

Cara mencegah dan cara mengatasi penumpukan lemak dalam hati dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu

  1. Hindari alkohol — alkohol tidak hanya memabukan, tetapi berbahaya bagi kesehatan tubuh salah satunya bagi kesehatan hati, oleh sebab itu sangat penting menjauhkan alkohol dari diri anda agar tubuh dan hati anda tetap terjaga
  2. Lakukan diet penurunan berat badan — terkadang obesitas membuat penumpukan lemak semakin banyak, terutama penumpukan pada bagian perut, penumpukan pada bagian perut akan mengakibatkan lemak dihati semakin menumpuk, untuk itu harus benar-benar dihindari.
  3. Atur pola makan dan asupan makanan — pola makan dan asupan makanan yan selalu terjaga akan menghindari dari penumpukan lemak di dalam hati, sehingga tidak akan ada penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena penumpukan lemak di dalam hati itu.
  4. Konsumsi lemak omega-3 — lemak yang satu ini adalah lemak yang bermanfaat untuk membantu proses tumbuh kembang seseorang terutama pada hati, dengan adanya lemak omega-3 akan membantu hati dalam melaksanakan tugasnya untuk membunuh racun dan tugas-tugas yang lainnya karena omega-3 ini merupakan lemak yang sangat dibutuhkan.

  5. Jaga kolesterol darah — salah satu penyebab lain selain obesitas adalah kolesterol, untuk itu kadar kolesterol dalam tubuh harus dijaga dengan baik, jangan sampai kolesterol pada tubuh semakin banyak hingga akhirnya lemak-lemak kolesterol itu membuat penumpukan di hati.
  6. Konsumsi vitamin E vitamin E  mengandung anti oksidan yang sangat alami sehingga dapat membantu merawat kesehatan hati dan menjaga hati dari resiko penumpukan lemak. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin E yang dapat dikonsumsi setiap harinya.
  7. Konsumsi kopikopi bagi penderita penyakit liver memang memiliki manfaat yang cukup baik, oleh karena itu dianjurkan untuk menjaga hati sesekali mengkonsumsi kopi, namun yang terpenting tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi kopi.

Dengan memahami beberapa aspek diatas, insyaAlloh penumpukan lemak tidak akan terjadi pada anda, yang terpenting selain melakukan tips di atas tidak boleh lupa olahraga secara rutin, agar tidak hanya lemak dihati saja yang merasakan sehat, namun seluruh anggota tubuh akan merasakan kesehatan dan kebugaran.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 17th, July 2016 / 06:30 Oleh :
Kategori : Fatty Liver