Home Tips KesehatanKesehatan Hati Amankah Kopi Bagi Penderita Penyakit Liver ?

Amankah Kopi Bagi Penderita Penyakit Liver ?

by Gin Aini

Penderita penyakit liver harus berhati-hati dalam menjaga pola makan serta memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena penyakit liver juga dapat disebabkan ketidakseimbangan pola makan antara makanan hasil olahan dengan makanan asli dari tanaman. Yang termasuk makanan asli dari tanaman yaitu seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit liver diantaranya yaitu kanji kental, gula, lemak dan daging, sementara minuman yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit liver diantaranya seperti minuman keras yaitu bir, anggur, ballo (tuak), serta jenis minuman keras lainnya.

artikel terkait:

Kopi merupakan minuman yang banyak dikenal sebagai minuman pengusir kantuk, penambah semangat, serta terkenal dengan rasanya yang nikmat. Para pecinta kopi selain mendapatkan sensasi kopi dengan aroma dan rasa yang nikmat, mereka juga mendapatkan manfaat ekstra dari mengonsumsinya.

Manfaat

Kebanyakan orang sakit baik penyakit ringan ataupun penyakit berat tidak dianjurkan mengonsumsi minuman kopi. Akan tetapi berbeda dengan orang yang menderita penyakit liver. Berikut ini beberapa manfaat kopi bagi penderita liver, yaitu:

1. Mencegah terjadinya penyakit liver

Minum kopi secara rutin 3 kali sehari terbukti dapat mencegah terjadinya penyakit liver. Hal ini telah dilakukan penelitian dan terbukti bahwa orang yang mengonsumsi kopi secara rutin 3 kali sehari menurunkan risiko terkena penyakit liver dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kopi. Hal ini merupakan hasil kerja dari kafein yang terkandung di dalam kopi. Kafein akan bekerja efektif dalam membantu merangsang kerja jantung serta meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Jadi bagi orang yang belum terkena penyakit liver dengan minum kopi secara rutin maka dapat mencegah terjadinya penyakit liver.

2. Mencegah penyebaran penyakit liver

Bagi orang yang telah mengidap penyakit liver, maka hal ini dapat dilakukan sebagai pencegahan penyebaran penyakit liver dengan mengonsumsi kopi secara rutin. Konsumsi kopi sebanyak 3-4 gelas sehari akan menjadikan penyakit liver tidak cepat menyebar ke seluruh bagian penting dalam tubuh. Kopi ini bekerja seperti terapi liver yang ada dalam tubuh sehingga dengan perlahan akan membantu orang yang menderita penyakit ini agar tidak semakin parah.

3. Meningkatkan usia harapan hidup bagi penderita liver

Telah terbukti dalam sebuah penelitian bahwa orang yang menderita penyakit liver dapat meningkatkan usia harapan hidup sebesar 53%. Penelitian ini melibatkan 766 orang pasien dengan pemantauan ketat setiap harinya. Penelitian ini menghabiskan waktu selama 4 tahun dan terbukti bahwa orang yang telah mengidap penyakit liver dapat memperpanjang umur mereka.

Hal ini merupakan angka yang sangat banyak karena orang yang telah menderita penyakit liver usia harapan hidupnya rata-rata sudah relatif sangat kecil bahkan banyak yang sudah pasrah jika menderita penyakit liver kronis. Minum kopi secara rutin akan membantu memperpanjang usia harapan hidup pada penderita liver. Minumlah 3-4 gelas setiap hari.

Efek Samping

Kopi memberikan efek baik bagi penderita liver, tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan bukan berarti tidak mempunyai efek samping dari mengonsumsinya. Efek samping dari mengonsumsi kopi bagi penderita liver, antara lain:

Tips Mengonsumsi Kopi bagi Penderita Liver

Walaupun penderita liver sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kopi secara rutin, bukan berati bahwa dengan seenaknya memberikan kopi agar cepat sembuh bahkan kalau bisa sebanyak-banyaknya. Dalam memberikan kopi bagi penderita liver tetap ada aturan serta tips mengonsumsi kopi bagi penderita liver. Bagaimanapun juga sesuatu yang dikonsumsi atau dilakukan dengan berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam memberikan kopi bagi penderita penyakit liver yaitu sebagai berikut:

1. Sesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit

Dalam mengonsumsi kopi harus diperhatikan tingkat keparahan penyakit liver yang diderita seseorang. Jika tidak begitu kronis maka hindari pemberian kopi dalam jumlah yang banyak karena hal ini justru dapat menimbulkan terjadinya penyakit lain seperti maag.

2. Pilih kopi yang rendah kafein

Sebaiknya pilih kopi yang rendah kafein karena zat kafein ini kurang baik jika dikonsusmsi oleh orang yang mengidap penyakit liver. Sekarang telah tersedia banyak varian kopi dengan berbagai macam kandungan yang ada didalamnya sehingga anda tinggal menyesuaikan kopi apa yang lebih dibutuhkan.

3. Perhatikan dosis kopi

Kopi memiliki dosis yang tidak negatif jika diminum 3 kali sehari sebanyak 3 gelas pada orang yang sehat. Dosisnya yaitu sekitar 300 mg. Jika diberikan kepada orang yang sakit maka perlu dilakukan penyesuaian dosis dengan kondisi kesehatan penderita penyakit liver.

artikel terkait: efek terlalu banyak minum kopi

4. Kenali sinyal bahaya yang timbul akibat mengonsumsi kopi

Jika telah mengkonsumsi kopi maka kenali gejala yang timbul setelah meminumnya. Jika merasa bahwa tubuh semakin membaik maka konsumsi kopi dapat dilanjutkan, akan tetapi jika merasa bahwa banyak terjadi keganjilan yang timbul pada tubuh sebaiknya berhenti dahulu minum kopi atau dikurangi dosisnya.

artikel terkait: bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan

5. Dengarkan respon tubuh

Memang kopi sudah dibuktikan dapat mengurangi penyakit liver, tetapi jika anda mengalami efek samping menjadikan diri anda susah tidur sepanjang malam maka hal ini akan sangat mengganggu waktu istirahat anda. Jika hal tersebut terjadi maka anda dapat mengurangi dosis dan kuantitas dalam mengkonsumsi kopi agar tetap mendapat manfaat dalam menyambuhkan penyakit liver serta istirahat malam anda tidak terganggu.

artikel terkait: ciri-ciri kurang tidur yang cukupakibat kurang tidur malampenyakit akibat kurang tidur

6. Hindari coffe mix

Kandungan kalsium dalam tubuh dapat hilang ditelan oleh 6 ons kopi yang dikonsumsi oleh seseorang. Kopi yang dicampur dengan alkohol ataupun dengan krim harus dihindari bagi orang yang menderita liver karena sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya jika minum kopi tambahkan 2 sendok susu lebih baik bagi penderita liver. Oleh karena itu, sebaiknya selalu berhati-hati dalam mencampur kopi dengan bahan lain.

artikel terkait: bahaya kekurangan kalsiumakibat kelebihan kalsium

You may also like