14 Gejala Liver Bengkak dan Pengobatannya

13984

Hati merupakan organ tubuh yang mempunyai peranan penting dalam kerja organ tubuh kita. Fungsi hati yang paling utama yaitu menyaring racun dalam darah. Hati mempunyai bebeberapa fungsi lain yaitu memproduksi empedu, tempat meyimpan vitamin dan zat besi, menyimpan glukosa, memecah hemaglobin, mengkonverensi amonia menjadi urea yang sangat penting dalam metabolisme serta menghancurkan sel-sel darah merah tua. Begitu banyak tugas hati dalam tubuh kita sehingga jika hati bermasalah tentunya aktifitas kerja tubuh kita akan sangat terganggu.

Salah satu penyakit hati yang perlu ditangani dengan serius yaitu penyakit liver bengkak. Penyakit liver bengkak biasanya disebabkan karena penyakit hepatitis yang parah. Penyakit hepatitis disebabkan karena virus ataupun racun yang masuk ke tubuh melalu makanan atau minuman.

Liver bengkak merupakan penyakit pembengkakan pada hati, sehingga hati tidak bisa berfungsi lagi dengan normal atau biasa disebut gangguan fungsi hati. Pembengkakan pada hati terjadi akibat lemak yang terdapat di dalam sel-sel hati tertimbun. Pembengkakan pada hati ini menyebabkan hati tidak dapat berfungsi dengan baik dan menyebabkan timbulnya gejala penyakit liver.

Gejala liver bengkak merupakan ciri-ciri awal seseorang mengidap atau terserang penyakit liver. Beberapa gejala yang timbul ketika akibat adanya penyakit liver bengkak diantaranya:

1. Perubahan Perut

Perut akan berubah menjadi buncit karena terjadi pembengkakan. Ketika digunakan untuk bernapas akan terasa sakit karena diafragma seperti terkena tekanan berat.

2. Perubahan warna kulit

Seseorang yang mengidap penyakit hati atau liver kulitnya akan berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan serta bagian bawah mata terdapat lingkaran gelap. Kulit yang berubah menjadi kekuning-kuningan sehingga orang sering menyebutnya menjadi penyakit kuning.

3. Air kencing warna kuning keruh

Air kencing orang yang menderita liver bengkak akan berubah menjadi kuning dan keruh. Orang yang sehat air kencingnya bening. Air kencing kuning keruh juga disertai buang air besar yang tidak teratur misalnya tidak setiap hari buang air besar.

4. Penurunan berat badan yang drastis

Berat badan akan terjadi penurunan yang tidak normal. Hal ini terjadi karena penderita nafsu makannya berkurang dan bahkan hilang sehingga tidak ada asupan gizi yang masuk ke tubuh. Penderita sering merasakan mual, anemia serta terjadi gangguan pencernaan.

Baca : Cara mengecilkan perut buncit – Bahaya obesitas

5. Kuku melengkung dan warna keputihan

Gejala lain dari penderita liver yaitu kuku berubah menjadi melengkung dan warnanya menjadi keputihan, padahal kuku yang sehat yaitu yang berwarna kemerahan atau pink.

6. Tubuh mudah memar dan juga sering pendarahan pada hidung

Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan protein, kekurangan protein terjadi karena kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh karena nafsu makan berkurang.

7. Bau mulut dan bau badan yang berlebih

Hati sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga racun tubuh tidak diserap dengan baik dan menimbulkan bau mulut dan bau badan yang lebih tidak sedap dari bau badan dan bau normal.

Baca : Cara menghilangkan bau mulut – Penyebab bau mulut – Cara menghilangkan bau badan

8. Sakit kepala, lesu, lemah dan mengalami depersi serta kejang

Gejala ini merupakan efek yang kadang kurang diperhatikan oleh penderita liver, mereka mengira gejala ini sebagai gejala penyakit biasa. Kenali gejala lainnya dan tetap waspada.

9. Nyeri hati disertai nyeri punggung atau bahu

Gejala liver seringkali ditandai dengan nyeri hati yang disertai nyeri pada punggung atau bahu. Biasanya punggung atau bahu sebelah kanan karena hati berada disebelah kanan tubuh kita.

10. Cepat lelah

Tubuh akan cepat merasa lelah ini merupakan salah satu gejala penyakit liver. Tentunya setiap orang mempunyai kemampuan berbeda-beda, tetapi jika telah mengidap penyakit liver maka tubuh akan lebih mudah terasa lelah dari biasanya.

11. Diare

Penyakit liver merupakan penyakit yang ada di hati yang termasuk juga mengatur proses pencernaan. Salah satu gejala penyakit liver ini juga mengalami diare.

Baca : Bahaya diare akut – Cara mengobati diare – Gejala diare – Penyebab diare – Makanan untuk anak diare

12. Telapak kaki dan tangan berubah warna

Telapak kaki dan tangan orang yang terserang penyakit liver bengkak akan berubah menjadi merah, sampai gatal dan bahkan meradang.

13. Pembengkakan dan gatal-gatal pada mata

Selain warna kulit yang berubah, orang yang terkena penyakit liver juga terjadi perubahan pada matanya, yaitu mata menjadi bengkak. Pembengkakan pada mata juga disertai rasa gatal.

14. Mudah mengantuk

Orang yang terserang penyakit liver bengkak salah satu cirinya yaitu mudah mengantuk. Dalam kondisi ataupun keadaan apapun akan lebih mudah terserang rasa kantuk.

Artikel mengenai hati dan penyakitnya

Cara Menangani Liver Bengkak

Jika anda mengalami beberapa dari gejala-gejala yang telah disebutkan, segera tangani dengan serius. Jangan biarkan penyakit menggerogoti tubuh anda dengan menjadi semakin parah. Gejala liver bengkak jika tidak ditangani akan bisa menimbulkan liver kronis yang justru akan semakin membahayakan kesehatan tubuh anda. Di bawah ini beberapa cara menangani dan mengobati gejala liver bengkak:

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Penyakit sebenarnya di awali dari kuman atau bakteri yang bisa muncul dikarenakan kurang menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan mulailah dari diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal sendiri. Seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Menjaga kebersihan lingkungan seperti lingkungan rumah dan sekitar rumah, tidak menimbun sampah yang dapat menyebabkan menjadi sumber penyakit.
  • Rajin mengkonsumsi air mineral. Kebutuhan tubuh kita terhadapa air putih sekitar 1,5 liter yaitu setara 8-10 gelas. Minumlah air putih sehari minimal 1,5 liter. Air putih akan membantu pencernaan dalam tubuh kita sehingga lancar dan tidak ada timbunan sampah dalam tubuh kita.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan pengawet (Baca : Bahaya lemak jenuh & makanan yang mengandung kolesterol tinggi). Tubuh kita membutuhkan lemak untuk bahan dasar tenaga, namun jika berlebihan akan menimbulkan penyakit, seperti penyakit liver sehingga fungsi hati tidak lagi normal. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih serta bahan kimia seperti pengawet dan pewarna kimia yang sering terkandung dalam makanan kemasan siap saji.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah banyak mengandung zat besi dan vitamin yang sangat diperlukan tubuh kita. Pilihlah buah yang aman dikonsumsi oleh penderita liver seperti pepaya, jeruk, pisang, apel serta mangga. Yang penting hindari mengkonsumsi buah nanas, nangka dan durian.
  • Menerapkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Penuhi kebutuhan tubuh anda empat sehat lima sempurna dengan diimbangi olahraga yang teratur. Hindari makanan yang pedas, masam, minum air dingin, gorengan. Makanan tersebut tidak di bolehkan untuk dikonsumsi penderita liver.
  • Istirahat cukup. Jika anda telah terserang penyakit hati atau liver, apalagi liver bengkak usahakan istirahat cukup. Istirahat yang cukup yaitu 6-7 jam per hari. Istirahat yang cukup akan membantu organ hati anda tidak bekerja begitu keras, sehingga akan kembali normal lagi seperti semula.
  • Konsumsi suplemen. Konsumsilah siplemen yang aman tanpa efek samping. Suplemen berfungsi untuk memperkuat sistem imun anda sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti penyakit liver bengkak.
  • Konsultasi dengan dokter. Jika anda telah merasakan beberapa gejala penyakit liver bengkak, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis agar lebih spesifik penanganan dan solusinya.
  • Jika sudah tervonis mengalami gangguan hati, dokter akan melakukan operasi pembedahan hati. Operasi bagi banyak orang merupakan sesuatu yang berat, karena belum tentu berhasil. Jika berhasil terkadang menimbulkan efek pada kesehatan anda, baik efek jangka pendek atau pun jangka panjang.

Herbal Alami Untuk Liver Bengkak

Bagi anda yang terlalu takut dengan operasi, jika sudah mengidap gejala liver bengkak tidak usah khawatir. Ada obat tradisional yang dapat digunakan untuk menangani dan mengatasi gejala liver bengkak. Cara mengobatinya dengan obat dan cara tradisional yaitu:

  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Konsumsi buah dan sayur segar seperti wortel, buncis, brokoli, jeruk apael, pepaya serta alpukat.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, b12, hati dan ikan Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dan B12, serta hati dan ikan. Anda juga jangan lupa perhatikan pola makan anda sehari-hari. Pola makan akan sangat mempengaruhi kesehatan anda.
  • Hindari makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita gejala liver bengkak. Beberapa makanan harus dihindari oleh orang yang terserang gejala liver bengkak, seperti makanan yang dibakar atau diasapin, hindari makanan yang berbahan dasar daging sapi, kambing, ayam, cumi-cumi, kepiting, udang dan kerang. Buah-buahan yang perlu dihindari yaitu nanas, durian, belimbing dan nangka. Jika anda tidak dapat menghindarinya akan berdampak pada kesehatan anda. Jika sedang masa pengobatan akan menyebabkan lebih susah sembuh, jika sudah sembuh bisa menjadikan kambuh kembali.
  • Menggunakan temulawak. Temulawak berkahsiat untuk mengobati gejala liver bengkak. Gunakan temulawak untuk mengobati liver bengkak dengan cara dengan dibuat jamu, caranya pertama siapkan ¼ temulawak kuning, lalu iris tipis, lalu ditambah dengan 3 lembar daun sirsak keringkan dengan cara dijemur. Langkah selanjutnya rebus daun sirsak beserta temulawak dengan 4 gelas air lalu ditambah gula merah secukupnya. Setalah mendidih angkat dan dinginkab. Minum 3 kali sehari sampai penyakit liver sembuh. Untuk hasil lebih cepat sembuh berjemurlah dibawah terik matahari pagi sekitar jam7 sampai jam 9 dalam jangka waktu 30 menit.

Makanan yang berhubungan dengan liver

Demikian gejala liver bengkak serta cara menangani dan mengobatinya, anda dapat memilih salah satu cara baik yang tradisional atau yang modern sesuai kondisi anda.