Home Tips KesehatanKesehatan Hati 15 Ciri Ciri Gangguan Hati Yang Berbahaya

15 Ciri Ciri Gangguan Hati Yang Berbahaya

by Henny Anugerah

Ciri ciri gangguan hati dapat menyerang dan dialami maupun muda yang merupakan indikasi bahwa kualitas fungsi hati mengalami penurunan. Organ hati sangat berhubungan dengan sistem pencernaan dan ekskresi pada tubuh manusia dimana memiliki keunggulan dalam menyaring dan menetralkan racun didalam tubuh. Mengatur kestabilan sirkulasi semua jaringan tubuh dan menyeimbangkan sirkulasi hormon dan mampu pula mengatur dan menyimpan gula otot yang diproduksi dari pengubahan zat glukosa karena hormon insulin dalam tubuh, Sehingga kadar gula dalam darah dalam kondisi yang terbaik.

Faktor pemicu munculnya gangguan hati

  • Mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panajang termasuk obat pereda rasa sakit atau jenis narkoba
  • Kurang minum atau terserang dehidrasi
  • Tidak pernah olahraga
  • Kecanduan alkohol
  • Kecanduan makanan jenis junkfood
  • Mengkonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh
  • Kecanduan suplemen dan vitamin dosis tinggi

Ciri ciri gangguan hati yang mudah dikenali :

1. Tubuh mudah lelah dan sering merasa haus
Organ hati yang mempunyai peradangan akibat alkohol, Lemak jenuh yang menumpuk atau karena zat kimia obat obatan dapat menyebabkan fungsi hati menjadi berkurang, Sehingga hati kehilangan kemampuannya dalam mengendalikan cairan tubuh sehingga tubuh kekurangan cairan yang berdampak tubuh akan mudah merasa lelah dan lemas.

2. Perut semakin membesar atau buncit
Ciri ciri gangguan hati yang sering dialami oleh para orang dewasa adalah ketika organ hati menderita luka dan menderita infeksi yang akhirnya dapat menyebabkan penumpukan peradangan hingga menyebabkan penekanan dinding perut dan pembesaran yang mendorong kedepan, akibatnya perut akan terlihat membuncit dan perut terasa tidak nyaman.

3. Air kencing berwarna kuning gelap
Peradangan yang diikuti dengan pendarahan di area liver dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati secra perlahan dan menyebabkan hati tidak mampu lagi menyaring darah dan racun dalam tubuh, Sehingga ketika buang air kecil air seni akan berwarna kuning gelap, Ini adalah indikasi jika fungsi hati sedang rusak.

4. Kulit berwarna suram kekuninga
Organ hati yang rusak akibat peradangan atau karena serangan organisme tertentu dapat menyebabkan organ hati tidak mampu lagi menstabilkan kondisi darah dalam keadaan sehat. Ciri ciri gangguan hati yang paking mudah dikenali adalah ketika kulit terlihat pucat kekuningan. Kondisi tersebut dikarenakan pasokan darah yang telah terkontiminasi dengan partikel beracun, Dimana racun dalam tubuh tidak mampu lagi distabilkan oleh organ hati.

5. Bentuk kuku melengkung
Ciri ciri gangguan hati yang tidak banyak diketahui orang adalah ketika Kuku tumbuh melengkung, berwarna keruh dan terserang jamur . Kondisi itu lebih disebabkan karena organ hati sedang mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi bisa disebabkan penumpukan zat kimia dari obat obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang.

6. Mual dan muntah
Organ hati yang mengalami gangguan serangan bakteri atau akibat penumpukan zat kimia obat obatan dapat menyebabkan asam lambung meningkat dengan cepat atau dinding perut mendapat tekanan akibat liver yang membengkak sehingga seseorang akan menderita ciri ciri gangguan hati seperti sering merasakan perut mual dan terkadang ingin muntah.

7. Demam ringan yang berkesinambungan
Ciri ciri gangguan hati yang tidak disadari masyarakat umum biasanya ketika oirgan sedang dalam kondisi meradang dan membengkak. Karena jika dibirkan saja maka dapat menghambat kestabilan hormon tubuh, mengganggu kelancaran metabolisme yang akhirnya menyewbabkan seseorang terserang demam ringan namun sering datang

8. Bobot tubuh rendah
Ketika organ hati dalam keadaan luka, Infeksi, Bengkak atau luka maka akan mempengaruhi kinerja sistem pencernaan. Nafsu makan menjadi menghilang dan memicu seseorang memiliki bobot tubuh yang rendah. Nafsu makan yang semakin berkurang setiap harinya adalah salah satu ciri ciri gangguan hati yang paling mudah dilihat pada pasien gangguan hati.

9. Sulit tidur malam
Organ hati yang terganggu karena infeksi akibat endapan zat kimia obat obatan dalam pemakaian jangka panjang maka akan mempengaruhi kondisi jaringan tubuh lain misalnya denyut jantung jadi tidak beraturan, Perut mual dan ingin muntah atau demam datang berulang. Kondisi tersebut cenderung menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur dengan pulas pada malam hari.
Baca juga : Penyebab tidak bisa tidur malam

10. Terserang anemia
Ketika organ hati terganggu maka hati tidak akan mampu menyaring darah yang berisi oksigen dengan baik, Sehingga dapat mengurangi pasokan sel darah merah dalam tubuh. Jika keadaan ini terus-menerus berlanjut dan tidak segera mendapat penanganan medis maka seseorang akan terserang anemia kronis.

11. Mulut bau tak sedap

Organ hati yang sedang menderita luka, Infeksi atau pembengkakan maka akan mempengaruhi sistem pernafasan yang menghasilkan bau tak sedap dari pencernaan yang melambung keluar melalui rongga mulut. Makanan yang telah melampaui sistem pencernaan akan melambat dalam proses penyebaran nutrisinya sehingga bau mulut yang disebabkan dari makanan tidak bisa dihindari

12. Bau badan sangat menyengat
Organ hati yang telah menderita peradangan maka akan kehilangan kemampuannya dalam mengendalikan kelenjar keringat yang berlebihan dan tidak mampu lagi membunuh segala bentuk racun di dalam tubuh sehingga seseorang akan mengalami bau badan yang menyengat. Namun tidak semua jika bau badan menyengat adalah ciri ciri gangguan hati, karena pada dasarnya bau mulut yang tak sedap banyak yang menjadi pemicunya.

13. Depresi ringan dan berat
Kondisi hati yang tidak sehat cenderung membuat seseorang menjadi kesulitan untuk memejamkan mata, Mudah merasa lelah, Tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, Dimana jika kondisi tersebut dibiarkan saja tidak segera ditangani oleh dokter yang terkait, Maka seseorang akan mengalami stres ringan yang dapat berkembang menjadi depresi ringan lalu menjadi berat.
Baca juga : Ciri ciri depresi ringan dan berat

14. Nyeri otot
Organ hati yang mengalami gangguan dapat menyebabkan aliran darah pada otit ikut terhambat atau tersendat sendat. Kondisi ini dapat melebarkan vena dan arteri yang ada disekitar otot tubuh. Jika tidak segera ditangani secara medis dapat memicu nyeri pada otot yang berulang dan berkepanjangan.

15. Perut bagian kanan kram
Ciri ciri gangguan hati yang paling sederhana untuk dilihat adalah berupa Perut bagian kanan menderita kram dan nyeri. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya peradangan yang menyebabkan gangguan fungsi hati. Organ hati akan kehilangan kemampuannya dalam mengontrol kelancaran pembuluh darah, Melancarkan aliran darah dan mempertahankan kesehatan saraf saraf sekitar perut.

You may also like