Home Penyakit dan KelainanAnemia 8 Cara Mengatasi Kekurangan Darah Secara Alami dan Cepat

8 Cara Mengatasi Kekurangan Darah Secara Alami dan Cepat

by Afif

Pada umumnya gejala kurang darah bukanlah menjadi penyakit inti mula-mula begitu saja, ada banyak penyakit lain yang melatarbelakangi timbulnya gejala kurang darah, bisa dari imbas penyakit ganas seperti misalnya kanker ataupun juga dikarenakan buruknya asupan nutrisi pasien demi memenuhi bahan dasar pembuatan sel darah baru setelah sel darah lama mengalami masa kadaluarsanya. Biasanya pasien saat mengalami kekurangan darah akan merasakan keluhan lemah sepanjang waktu dikarenakan kurangnya asupan oksigen serta sari nutrisi yang diterima seluruh jaringan dalam tatanan anggota tubuhnya.

1. Perbanyak konsumsi sayuran

Penderita dengan gejala positif mengalami kekurangan darah sangatlah dianjurkan untuk lebih teliti lagi dalam menjaga pola hidupnya apalagi yang berhubungan dengan segala makanan yang diasup ke dalam tubuhnya, segala makanan instan hendaklah dikurangi dahulu demi menjaga anggota tubuh beserta sel terkecilnya tetap dalam kondisi terjaga demi masa pemulihan yang lebih cepat.

Salah satu makanan terbaik dan aman bagi para penderita kurang darah yakni segala jenis sayuran yang umumnya merupakan golongan bahan makanan alami nan aman, kaya serat dan antioksidan, yang paling penting yakni kandungan zat besi di dalamnya yang sangat baik bagi kecukupan bahan dasar pembuatan sel darah merah baru demi mengatasi keluhan kekurangan darah.

Yang paling dianjurkan bagi penderita kurang darah tentulah golongan sayur bayam maupun daun katuk, namun coba juga jenis sayur lainnya semacam bunga kol, daun selederi maupun juga sayuran kubis jika anda berminat mencari alternatif sebagai variasinya. (baca juga : makanan yang mengandung vitamin B12 – makanan yang mengandung asam folat)

2. Konsumsi hati jeroan

Mengkonsumsi jeroan bisa saja terlarang bagi para penderita dengan kadar asam urat yang berlebihan, namun bagi anda utamanya wanita yang setiap bulannya mengalami proses menstruasi dan sekaligus mempunyai keluhan kekurangan darah maka anda dapat sekali mencoba jenis bahan makanan yang satu ini, cobalah untuk mengolah kudapan dengan bahan dasar hati ayam maupun hati bebek niscaya hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian dari tubuh anda.

Perlu diketahui bawa peranan zat besi yang dibantu dengan sari nutrisi lain yang memenuhi kebutuhan tubuh akan sangat berguna bagi proses pembuatan sel darah baru pada sumsum tulang belakang sehingga dengan begini kurangnya darah anda dapat segera diusahakan untuk ditanggulangi. (baca juga : makanan yang dilarang bagi penderita asam urat)

3. Perbanyak makan buah

Pasti semua sudah tak asing lagi dengan segala perpaduan kandungan vitamin dalam berbagai macam buah-buahan, jenis bahan kudapan yang biasanya berasa manis segar ini sangatlah berkontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin harian pada tubuh kita.

Para penderita kurang darah hendaklah gencar mengkonsumsi bahan makanan alami nan aman, dengan mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin ini maka tubuh kita akan dibantu dalam menyerap asupan zat besi secara sempurna, perpaduan zat besi serta vitamin akan memudahkan tubuh kita untuk mengolahnya menjadi komponen utuh pembentuk sel darah baru sesuai dengan yang tubuh kita butuhkan.(baca juga : khasiat buah erbis untuk kesehatan – buah yang aman untuk penderita diabetes – akibat kekurangan magnesium bagi tubuh)

4. Coba ramuan daun bawang

Cara lain yang dapat digunakan para penderita kurang darah yakni dengan mencoba mengkonsumsi daun bawang yang terkenal akan kandungan zat besinya yang sangat tinggi, jenis dedaunan yang satu ini juga memiliki kandungan protein ferropotin yang nanti akan bertugas menyalurkan kebutuhan zat besi ke seluruh area tubuh kita secara merata sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anda mula-mula bisa merebus potongan daun bawang ini pada sejumlah air untuk kemudian bisa anda campurkan dengan kuning telur sebelum akhirnya bisa anda konsumsi. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsinya secara rutin demi tercapainya seluruh khasiat secara maksimal.

Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi resep penambah darah alami yang satu ini kira-kira dua kali setiap harinya demi memaksimalkan kinerja manfaatnya di dalam tubuh anda. (baca juga : khasiat bawang dayak yang perlu anda ketahui)

5. Beralih pada camilan kekacangan

Tanpa kita sadari ternyata jenis kudapan dari bahan alami sejenis kacang-kacangan amatlah membantu dalam memenuhi kebutuhan harian tubuh kita akan zat besi, anda bisa mencoba untuk beralih pada camilan kacang almond ataupun kacang merah, di sisi memberi efek kenyang maka kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya pun amat efektif untuk membantu kinerja tubuh dalam memproduksi sel-sel darah baru demi menggantikan sel darah yang sebelumnya. (baca juga : manfaat kacang hijau untuk penderita kista)

6. Kurangi kopi dan teh

Para penderita kurang darah hendaklah mau untuk lebih cermat dan menjaga asupan minuman yang masuk dalam tubuh mereka, beberapa jenis minuman utamanya kopi dan teh memiliki kandungan senyawa yang sangat tak baik demi pemulihan pasien yang menderita kurang darah.

Hal ini dikarenakan oleh kandungan dalam minuman tersebut dapat mempersulit atau bahkan menghalangi penyerapan zat besi oleh tubuh kita sehingga yang pasti terjadi yakni sumsum tulang kita akan kekurangan bahan untuk prosuksi sel darah merah baru dengan begini maka prosuksinya pun akan berkurang dan kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan seluruh tubuh kita. (baca juga : bahaya minum kopi saat haid – efek teralu banyak minum kopi)

7. Cermat mengkonsumsi obat

Pada jenis obat tertentu semisal anti inflamasi atau peradangan sangatlah berkontribusi besar dalam menurunkan jumlah sel darah dalam tubuh kita, untuk itulah selalu konsultasikan dengan dokter anda mengenai keluhan gejala yang anda rasakan dan juga mengenai dosis obat yang harus anda konsumsi, karena sebagai contohnya bila anda terus mengkonsumsi obat jenis ini khususnya dalam jangka waktu yang panjang maka mau tak mau kondisi darah dalam tubuh anda pun juga akan terkena dampaknya.

Jadi upayakan untuk bertanya lebih cermat mengenai obat yang anda gunakan kepada ahlinya demi menghindari efek samping yang membahayakan. (baca juga : efek samping konsumsi obat dalam jangka panjang – akibat penggunaan obat tanpa resep dokter)

8. Periksa laborat

Tentu ada banyak sekali penyebab yang bisa menimbulkan gejala kurang darah, untuk lebih lanjut bisa anda lakukan cek darah demi mengetahui penyebab utama dari keluhan kurang darah tersebut demi mendapatkan jenis terapi yang tepat untuk bisa mencapai kesembuhan yang segera dan sempurna.

Semisal pada penderita anak kecil dengan kesadaran akan kebersihan yang rendah mungkin saja penyebabnya dikarenakan keluhan cacingan, pada beberapa daerah kurang berkembang maka wabah cacingan bisa saja menjadi masalah serius sampai mengarah pada kekurangan darah juga.

hal ini harus diperhatikan supaya jenis pengobatan yang diberikan bisa tepat sasaran, di samping mengkonsumsi obat untuk menunjang produksi darah baru maka penyakit utamanya pun juga harus diberi perhatian khusus agar segera bisa ditanggulangi dengan semestinya dan dihentikan gejala penyakitnya dengan begini maka tubuh akan mendapat kembali kinerjanya secara sehat, maksimal dan semestinya tanpa terkendala masalah.

(baca juga : peyebab cacingan dan cara mengatasinya – cara meningkatkan nafsu makan secara alami – pantangan untuk penderita darah rendah)

Demikian beberapa saran yang bisa anda coba demi menanggulangi permasalahan kekurangan darah di samping dengan mengkonsumsi obat penambah darah yang mungkin telah diresepkan oleh dokter anda, semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kesehatan anda ya.

You may also like