4 Dampak Akibat Kekurangan Magnesium bagi Tubuh

3566

Magnesium merupakan satu jenis mineral yang diperlukan dalam tubuh manusia dalam menjaga fungsi tubuh manusia khususnya pada bagian rangka, syaraf, dan juga jantung. Penelitian menyatakan bahwa magnesium merupakan suatu senyawa yang terdiri dari lebih dari 300 jenis enzim metabolit. Meskipun hanya sedikit magnesium yang berada dalam tubuh manusia, magnesium memiliki ratusan manfaat yang berguna bagi tubuh.

Kadar magnesium dalam tubuh manusia umumnya kurang lebih 27 gram, merupakan elemen kedua terbanyak dalam sel manusia dan merupakan ion keempat yang memiliki efek positif terbanyak dalam tubuh manusia. 50% magnesium terdapat dalam tulang manusia dan sisanya berada pada hati, otot dan cairan ekstraseluler. (baca juga: akibat kekurangan magnesium)

Di alam, anda dapat menemukan magnesium dengan bentuk yang bervariasi dan tergabung dengan atom lain seperti:

  1. Magnesium klorida, ditemukan di laut
  2. Magnesium karbonat, dapat ditemukan di bebatuan
  3. Menjadi elemen utama dalam klorofil tanaman

Fungsi magnesium

Magnesium merupakan salah satu zat yang penting dan memiliki banyak kegunaan dalam tubuh manusia. Apa saja fungsi magnesium? Sebenarnya magnesium memiliki ratusan fungsi, namun dalam artikel ini kami akan meringkas fungsi tersebut menjadi beberapa fungsi utama.

  1. Tenaga utama bagi enzim

Magnesium sangat penting bagi lebih dari 300 jenis enzim. Seperti vitamin, enzim memiliki fungsi regulator atau sebagai pengatur. Magnesium membuat enzim bekerja dengan baik, untuk nantinya berfungsi sebagai reaksi kimia dalam tubuh seperti enzim pencernaan.

Enzim berperan sebagai dasar kemampuan tubuh manusia untuk melakukan reaksi kimia seperti pembakaran gula, yang harus dilakukan dengan tingkat keasaman atau panas yang sangat tinggi. Enzim dapat melakukan reaksi ini tanpa merusak tubuh manusia. (baca juga: akibat kekurangan besi dan megnesium)

  1. Sebagai salah satu bahan bakar utama tubuh manusia

Magnesium dianggap sebagai salah satu bahan utama dalam produksi energy yang terjadi dalam struktur kecil di dalam sel sel manusia. Magnesium berperan penting dalam:

  1. Kontraksi otot
  2. Sintesis protein
  3. Reproduksi sel
  1. Magnesium sebagai pelindung DNA

Sel dalam tubuh manusia secara konstan diganti dengan sel pengganti baru. Untuk mengganti seluruh sel dalam tubuh manusia dengan yang baru dibutuhkan waktu sekitar 7 tahun. Selama waktu penggantian sel, penting bagi kita agar DNA yang kita miliki tetap stabil dan dapat menghindari efek dari pergantian sel tersebut. (baca juga: makanan yang mengandung magnesium tinggi)

Fungsi magnesium adalah menjaga DNA agar tidak terkena efek dari pergantian sel, tak hanya itu, magnesium juga berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak oleh mutasi genetic.

Selain fungsi fungsi utama di atas, magnesium masih memiliki banyak fungsi seperti:

  1. Penenang otot
  2. Pengatur karbohidrat, seng, lemak, protein. (baca juga: akibat kekurangan kalori dan protein)
  3. Penenang pembuluh darah
  4. Kesehatan tulang. (baca juga: pencegahan flu burung)

Sumber magnesium

Secara alami, magnesium dapat diperoleh dari makanan yang anda konsumsi setiap hari, adapula cara medis untuk memperoleh magnesium seperti obat obatan. Namun ada baiknya jika anda mendapatkan magnesium secara alami dari makanan. Berikut adalah daftar makanan yang mengandung banyak magnesium sehingga baik untuk anda konsumsi.

  1. Sayuran hijau (per 100g)

Beberapa sayuran hijau mengandung cukup magnesium yang baik untuk tubuh anda, contohnya Swiss chard yang mengandung 38% magnesium, Kale dengan 19% magnesium, Collard Green memiliki 13% magnesium dan Turnip green dengan 11% magnesium. (baca juga: makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang)

  1. Kacang kacangan dan biji bijian (per 100g)

Kacang kacangan dan biji bijian yang kaya akan protein ternyata juga mengandung banyak magnesium, bahkan lebih banyak daripada sayuran hijau. Biji wijen mengandung 63% magnesium, Kacang Brazil dengan 63% magnesium, Kacang almond dengan 48% magnesium, Kacang mete dengan 44% magnesium, Kacang tanah dengan 31% magnesium, kacan pecan dengan 17% magnesium serta kacang walnut yang memiliki 16% magnesium. (baca juga: 35 makanan yang mengandung protein super tinggi)

  1. Ikan (per 100g)

Beberapa jenis ikan memiliki kandungan magnesium yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk anda konsumsi. Ikan Pollock dengan 18% magnesium, Turbot dengan 14% magnesium, tuna 14% magnesium dan ikan ikan jenis lain pada umumnya mengandung 8% magnesium. (baca juga: bahaya menahan bersin)

  1. Coklat (per 100g)

Coklat memiliki kandungan magnesium terbanyak dengan 82% magnesium per 100g. Konsumsi coklat yang terlalu banyak memang tidak baik untuk tubuh, namun dalam jumlah yang tepat, coklat dapat menjadi alternative utama bagi anda untuk mendapatkan tingkat magnesium optimal. (baca juga: bahaya cokelat bagi kesehatan)

Dampak akibat kekurangan magnesium pada tubuh :

  1. Rasa cepat lelah

Magnesium dianggap sebagai salah satu sumber glukosa dalam tubuh manusia yang nantinya akan diubah menjadi energi, kurangnya magnesium dalam tubuh anda akan membuat anda kekurangan energy sehingga anda akan cenderung merasa letih meski tidak melalukan aktivitas yang berat.

  1. Gangguan mental dan depresi

Percaya atau tidak, kekurangan magnesium dapat menyebabkan gangguan mental dalam diri anda. Hal tersebut bisa terjadi karena magnesium juga merupakan zat yang dibutuhkan manusia untuk mengurangi rasa stress. Jika anda kekurangan magnesium dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama, besar kemungkinan anda akan mengalami kejang dan depresi tinggi. (baca juga: cara mencegah depresi)

  1. Kram otot

Seperti yang telah and baca pada manfaat magnesium diatas, bahwa magnesium merupakan salah satu zat penenang otot. Kekurangan magnesium dapat menjadi berbahaya bagi otot anda, jika otot anda terus tegang tanpa ada magnesium sebagai penenangnya, anda akan cenderung lebih sering mengalami kram otot. (baca juga: tangan kram dan kaku)

  1. Insomnia

Insomnia merupakan salah satu akibat kekurangan magnesium Karena magnesium membantu manusia untuk tidur lebih cepat dan lelap. (baca juga: penyebab insomnia)

Cara meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh

  1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium

Makan makanan bergizi lengkap dan mengandung banyak magnesium dapat menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit. Contoh makanan yang mengandung banyak magnesium sudah kami tuliskan diatas, coklat dan kacang kacangan adalah makanan yang mengandung banyak magnesium. Namun perlu diingat, meskipun makanan makanan yang mengandung banyak magnesium itu baik, lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap 4 sehat 5 sempurna.

  1. Terapi Intravena

Terapi intravena dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh anda. Sebenarnya tujuan utama terapi intravena adalah untuk pasien yang mengalami dehidrasi, syok dan banyak kehilangan cairan. Sayangnya, cara ini tidak bisa dilakukan dengan mudah.  (baca juga: terapi air putih)

  1. Menggunakan obat atau suplemen magnesium

Menggunakan suplemen magnesium bukan cara yang paling efektif karena tidak meningkatkan magnesium dalam jumlah yang banyak. Namun jangan lupakan efek samping dari obat yang anda konsumsi. (baca juga: penyebab nyeri ulu hati)

Magnesium merupakan zat yang sangat berguna bagi tubuh manusia, kekurangan magnesium dapat menyebabkan banyak efek buruk bagi tubuh anda. Oleh karena itu, kami sangat menganjurkan untuk anda terus memperhatikan kadar magnesium dalam tubuh anda.