6 Akibat Kelebihan Asam Laktat dan Penyebabnya

Asam laktat adalah produk dari hasil metabolism karbohidrat yang dibentuk tanpa menggunakan bantuan oksigen atau biasa disebut anaerob. Asam laktat itu sendiri dihasilkan di dalam sel otot tepatnya saat suplai oksigen tidak terpenuhi dalam proses pembentukan energi. Produk asam laktat normal biasanya suidah ada di dalam tubuh manusia. Sementara kadar laktat dapat meningkat disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu dan bahaya dehidrasi. Dalam ilmu kesehatan kelebihan asam laktat ini disebut dengan asidosis laktat.

Lantas apa yang akan terjadi jika manusia mengalami kelebihan asam laktat? Nah, dalam artikel berikut akan membahas 3 akibat kelebihan asam laktat, dan faktor penyebabnya. Berikut akibat jika anda mengalami kelebihan asam laktat.

  1. Sulit Bernafas

Anda dapat dikatakan kelebihan asam apabila pH dalam tubuh anda kurang dari 7. Jika hal ini terjadi dapat mengancam kesehatan anda. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh manusia tidak bisa memberikan toleransi pada endapan asam yang terlalu lama. Apabila pH rendah berarti hal itu telah terjadi penimbunan karbondioksida dalam darah. Oleh karenanya hal itu mengakibatkan anda mengalami kesulitan bernafas. Gejala ini hampir sama dengan gejala gagal jantung.

  1. Keluhan Kesehatan

Akibat kelebihan asam sulfat bisa menyebabkan keluhan kesehatan pada diri anda. Keluhan kesehatan yang dimaksud adalah seperti sinus, flu, pilek, alergi, ngantu, sakit kepala, nyeri, kelalahan, dan kulit melepuh. Anda juga akan merasakan cepat lelah dan jantung berdebar. Wajib anda ketahui bahwa ketika okseigen mengalami penurunan berarti telah terjadi penimbunan karbondioksida dalam darah. Hal ini akan mengakibatkan sel tubuh menjadi mati.

  1. Terserang Virus dan Bakteri

Apabila kadar asam tubuh tinggi maka hal itu akan menyebabkan sel kanker akan berkembang dengan pesat. Hal ini dikarenakan kandungan darah dengan asam sulfat yang tinggi akan menghalangi penyerapan vitamin. Sehingga disitulah racun akan menyumbat di dalam sel. Kondisi inilah yang akan membuat proses penuaan berkembang lebih cepat, kelebihan berat badan, mengeluarkan banyak gas, sistem pencernaan terganggu, perut kembung, dan kinerja fungsi organ melambat.

Agar anda tidak ingin mengalami akibat kelebihan asam sulfat maka anda harus tahu penyebab tubuh anda mengalami kelebihan asam sulfat dan cara menjaga kesehatan peredaran darah. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pola makan dan gaya hidup buruk dapat memicu stress. Dan hal ini akan berpengrauh pada meningkatnya kadar pH. Selain itu, juga akan mengurangi sistem kekebalan tubuh. Nah, dengan sistem kekebalan tubuh berkurang maka tubuh akan rentan terhadap masuknya berbagai virus. Sehingga kelebihan asam laktat menumbuhkan kolesterol di arteri dan menjadi numpuk membentuk plak dan merusak pembuluh darah.
  • Sering mengkonsumsi daging secara berlebihan, garam meja, obat-obatan, minuman beralkohol, produk olahan susu, pasta, makanan kemasan.
  • Kurang olahraga, porsi tidur tidak tercukupi dan kondisi stress.

Selain mengetahui penyebabnya anda juga disarankan untuk mengonsumsi gizi seimbang agar dapat memulihkan kadar pH anda. Anda bisa menonsumsi yogurt, almod, sayuran, buah. Disarankan anda mengurangi konsumsi makanan olahan, minuman beralkohol, minuman bersoda, keju dan pemanis. Cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi air alkali. Air ini ditengarai memiliki kandungan pH yang ideal. Dengan demikian akan mengurangi kadar asam yang berlebih dalam tubuh anda. Air ini mengandung oxidation reduction potential atau ORP negative yang menjadikan air ini mengandung antioksidan tinggi. Kandungan inilah yang akan bermanfaat untuk membentengi anda dari serangan radikal bebas yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan. Pelajari juga cara mencegah anemia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi