16 Khasiat Buah Erbis Bagi Kesehatan

3490

Buah Erbis atau dalam bahasa latinnya yaitu Passiflora quadrangularis, sering dikenal dengan Markisa atau markisa besar. buah erbis sendiri berasal dari daerah tropis di Amerika Selatan yaitu Brazil, lalu Venezuela, Kolumbia dan Peru. Kemudian Markisa menyebar dari Amerika Selatan keberbagai Negara melalui orang-orang spanyol. Di eropa sendiri Markisa dikenal pada abad ke 17, lalu abad 19 mulai dikenal dan ditanam di Afrika Selatan, Hawai dan Selandia baru. Sedangkan Markisa masuk ke Indonesia berasal dari Peru yang mula-mula lewat Manado. Ambon dan Sulawesi hingga akhirnya ke pulau-pulau lain diseluruh nusantara.

Tanaman Buah Erbis di Indonesia

Tanaman erbis yang termasuk dalam genus Passiflora. para ahli botani mencatat ada lebih dari 400 jenis markisa yang tumbuh didunia dan 40 spesies diantaranya berasal dari Amerika Selatan, 40 spesies berasal adri Asia, ustralia, serta 11 spesies berasal dari Madagaskar. Saat ini ada 20 spesies yang dapat dikonsumsi. Tanaman ini meskipun bukan asli Indonesia, namun telah lama dibudidayakan. Di Indonesia ada 4 (empat) jenis markisa yang dibudidayakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

NoJenis-jenis MarkisaNama Latin
1Ungu(Passiflora edulis var. Edulis)
2KonyalPassiflora lingularis
3KuningPassiflora edulis var. Flavicarpa
4ErbisPassiflora quadrangularis

Untuk markisa ungu banyak dikembangkan di Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 800-1500 m di atas permukaan laut, caranya berkembang secara umum diperbanyak dengan cara stek dan teknik menyambung.

Kandungan Nutrisi Buah Erbis

Memiliki tingkat rendah kalori yaitu 97 kalori per 100 gramnya. Makanan kaya serat memberikan 27% dari nilai harian per 100 gram. Memberikan 50% dan 43% dari kebutuhan harian Vitamin C & A per 100 gram. Kaya zat besi sebanyak 20% nya, dan mengandung tembaga, fosfor dan magnesium per 100 gram. Selain itu, juga meyediakan 7% dari kebutuhan harian kalium per 100 gram. Mengandung beta karoten sebagai prekursor vitamin A. Memiliki sejumlah karotenoid dalam jumlah yang baik. Berisi sterol sehat, alkaloid dan triterpen.

Buah erbis dapat dimakan segar, tetapi sebagian besar daging diekstrak dan diawetkan melalui pemanasan atau pendinginan. Jus buahnya memiliki aroma yang khas dan kuat, rasa asam, seringkali dapat digunakan sebagai konsentrat alami. Jika pemanis ditambahkan (gula) dan diencerkan akan sangat lezat dan cocok untuk dicampur dengan jus buah lainnya. Produk olahan yang khas adalah es krim, serbat, nentar, jus buah, konsentrat, squash, selai, dan jeli.

Berikut ini sejumlah khasiat buah erbis bagi kesehatan :

1. Sebagai penenang syaraf

Buah erbis sendiri sangat berkhasiat untuk menenangkan saraf. Buah ini juga merupakan sumber dari beberapa vitamin, terutama vitamin C dan vitamin A dan antioksidan. Pada penelitian invitro yang dilakukan di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah nya mengandung phytochemical yang dapat membunuh sel kanker. Orang Amerika Selatan menggunakan buah ini secara tradisional dengan cara memakan buah ini ternyata dapat membantu memudahkan agar dapat tidur. Bahkan menurut mereka, makan buah erbis sebelum tidur bisa membuat mimpi indah. Minum segelas jus erbis dingin dapat membantu saraf lebih rileks dan perasaan lebih tenang.

2. Sebagai anti kejang

Buah ini sangat banyak bermanfaat bagi kesehatan seperti kandungan gizinya, berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti-kejang, kolitis, penenang, dan anti-inflamasi. Gangguan seperti sembelit, diare, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini. Bubur buah erbis dapat digunakan untuk menenangkan menenangkan saraf sakit kepala, meredakan diare dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa berkonsentrasi, dan insomnia).

3. Sebagai anti kanker

Studi invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah erbis mengandung banyak phytochemical yang dapat membunuh sel-sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Konten fitokimia lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sementara kandungan seperti energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat.

Awas resiko kanker ini juga bisa diperparah dengan konsumsi :

4. Baik untuk pencernaan

Buah erbis memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, pencernaan dan saluran usus menjadi bersih. Biji dari buah ini bisa dimakan karena mengandung serat. Buah erbis juga dapat digunakan sebagai pencahar ringan. Serat makanan pada buah erbis dapat meningkatkan kemampuan pencernaan lewat peningkatan kualitas buang air besar, juga mampu mengontrol wasir, menghilangkan racun dari usus, mengurangi risiko kanker usus besar dan meningkatkan fungsi keseluruhan sistem pencernaan.

masalah pencernaan biasanya juga terjadi karena :

5. Kaya vitamin C dan antioksidan

Antioksidan yang banyak ditemukan pada makanan yang mengandung vitamin C, yang bertanggung jawab untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Buah erbis memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah betakaroten. Buah erbis adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Buah juga buah yang mengandung kalsium, flavonoid dan nutrisi lain yang melawan kanker dan penyakit lainnya, juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Sebagai obat untuk penderita asma

Buah erbis sangat baik untuk penderita asma karena buahnya sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, buah erbis memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Buah eris memiliki efek relaksasi.

Berikut ini hal-hal yang harus diketahui oleh penderita asma :

7. Untuk mengatasi batuk kronis

Ekstrak buah erbis yang diketahui bermanfaat untuk asma, ternyata juga dapat mengatasi batuk kronis. Hal ini disebabkan buah ini mengandung antioksidan yang dipercaya memiliki kemampuan untuk memblokir histamin, mengurangi peradangan dan meredakan gejala lain dari reaksi alergi. Batuk kronis ini perlu diwaspadai sebagai :

8. Mengandung vitamin A

Buah erbis merupakan sumbervitamin A yang baik, Satu porsi buah erbis sebanyak 100 g mengandung 1275 IU vitamin A. Buah yang mengandung vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, selain itu juga membuat kulit bersinar sehat serta membantu pertumbuhan sel. Buah yang mengandung vitamin A ini, akan membantu menangkal radikal bebas dan racun yang menyebabkan kerusakan kulit dan jaringan. Penambahan buah erbis untuk diet memperbaiki kulit dan penglihatan. Selain itu, tingginya tingkat Vitamin A juga membantu dalam pertumbuhan dan memberikan manfaat bagi sistem reproduksi.

9. Menyehatkan jantung

Buah erbis juga merupakan sumber makanan yang mengandung kalium (mengandung 348 mg dalam setiap 100 gramnya). Mineral ini memiliki efek yang sehat pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran darah dan tekanan dalam tubuh. Tingkat potasium yang dikandungnya sangat baik sehingga dapat mengatur kontraksi pada tekanan darah otot di jantung. Hal ini juga sebagai counter kalium depleting efect pada obat-obatan tertentu dan diuretik.

10. Buah yang baik untuk diet

Selain kalium, buah erbis juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium. Buah ini direkomendasikan untuk diet bagi orang-orang yang sedang diet. Hal ini karena buah erbis memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 gramnya. Buah erbis juga juga rendah sodium dan lemak.

Untuk mengoptimalkan program diet yakni dengan :

11. Dapat menurunkan kolesterol

Buah erbis juga makanan yang mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi pada buah ini bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Isi serat yang tinggi pada buah ini membuat yang memakannya menjadi kenyang, sehingga tidak ingin makan makanan lain lagi. Kolesterol darah dapat diturunkan melalui jumlah serat makanan yang dikandung oleh buah erbis. Studi pada tikus yang sehat menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah erbis dapat menurun kolesterol LDL dan HDL.

12. Dapat mengatur gula darah

Alkaloid dalam buah erbis sendiri telah menunjukkan manfaat dalam diabetes tipe 2 dengan menurunkan resistensi terhadap insulin. Hal ini menyebabkan buah erbis dapat membantu mengatur kadar gula darah yang lebih baik. Selain dapat mengurangi total kolesterol sebelumnya juga secara bersamaan mengurangi trigliserida dan menjaga glukosa darah serta menjaga berat badan

13. Menurunkan resiko jantung pada penderita gula darah

Ekstrak kulit erbis dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Selain itu juga menurunkan tekanan sistolik darah dan kadar glukosa pada penderita gula darah tinggi.

14. Sebagai alternatif makanan

Buah erbis mengandung konsentrasi tertinggi pada total sterol yang ditemukan dibandingkan dalam buah lainnya. Buah erbis memiliki kandungan sterol tertinggi kedua di antara semua buah-buahan dan sayuran. Buah erbis adalah alternatif yang sangat baik.

15. Sebagai anti inflamasi

Buah erbis dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh karena kandungan dari vitamin C yang kaya akan antioksidan, sehingga melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Markisa mengandung sekitar 13 karotenoid dalam jumlah yang cukup untuk membuat dampak kesehatan yang positif. Karotenoid ini bertindak baik sebagai prekursor vitamin A atau memberikan aktivitas antioksidan.

16. Mengurangi sakit penderita osteoarthritis lutut

Ekstrak buah erbis juga mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada mereka yang menderita osteoarthritis lutut. Hal ini disebabkan buah erbis memiliki aktivitas anti inflamasi dan antioksidan.

Banyak khasiat buah erbis ini untuk kesehatan. Di antaranya berkhasiat sebagai pereda nyeri, antikejang, kolitis, penenang dan anti inflamasi, sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering, merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak ada nafsu makan, tidak bisa berkonsentrasi, dan insomnia), anemia, kekurangan nutrisi setelah melahirkan, serta memulihkan tubuh setelah pengobatan (terutama yang disebabkan oleh parasit pada anak-anak), menyembuhkan gejala alergi kronis, memicu peningkatan kekuatan respon imun dan antibodi dalam darah. Juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, dapat meningkatkan kesegaran kulit dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit.

Demikianlah pembahasan dari buah erbis, jangan ragu untuk sering mengkonsumsi buah ini dan semoga bermanfaat.