Home Gaya HidupKebiasaan Buruk 5 Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang

5 Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur dan Begadang

by Roro Dyiah

Mandi merupakan kegiatan sehari hari yang dilakukan untuk menghindarkan tubuh dari bahaya akan kotoran yang menempel di badan. Mandi sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari terlebih atau saat badan anda kotor. Mandi memang menyehatkan karena bisa membasmi kuman ataupun bakteri  penyebab penyakit. Namun taukah anda, jika anda jenis mandi yang berbahaya?

Mandi yang berbahaya adalah mandi yang dilakukan setelah anda begadang malam. Dampak dari kurang tidur yang anda lanjutkan dnegan mandi ternyata teramat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Mandi saat anda sendiri kurang tidur dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan seperti terkena angin duduk mematikan serta gejala paru- paru basah.

Kenapa mandi berbahaya jika dilakukan saat anda kurang tidur?

Perlu diketahui, tubuh manusia dibuat sedemikian rupa bukan hanya digunakan untuk bekerja semata melainkan juga perlu istirahat. Terutama pada malam hari, tubuh sebaiknya diistirahatkan setelah sebelumnya anda menggunakannya beraktivitas selama seharian penuh. Namun pada beberapa orang, istirahat malam, dilakukan secara kurang maksimal. Kebiasaan begadang sendiri bisa dilakukan karena banyak alasan seperti insomnia atau mungkin karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. (baca juga: dampak insomnia bagi kesehatan)

Meski tidak melakukan apapun selama begadang, namun organ dalam tubuh tetap melakukan aktivitas. Padahal seharusnya, malam hari adalah waktu bagi tubuh beristirahat. Karena adanya aktivitas pada tubuh tersebut, maka tubuh akan mengalami pemanasan. Bisa anda bayangkan sendiri bukan? apa jadinya jika suhu tubuh yang masih dalam keadaan panas disiram oleh air dingin?

Saat mandi maka suhu tubuh yang sebelumnya panas tentu akan mengalami lonjakan suhu yang tiba- tiba. Tubuh manusia sendiri tidak dirancang perubahan suhu secara mendadak seperti itu. Perumpamaan ringan dalam kasus ini adalah ketika sebuah gelas anda isi dengan air panas. Selanjutnya  gelas dikosongkan dan secara mendadak diganti isinya menggunakan air es yang dingin. Alhasil gelas tersebut akan retak dan pecah. (baca juga: bahaya bangun tidur langsung mandi)

Setelah tidak tidur semalaman, ada baiknya anda mengistirahatkan badan terlebih dahulu. Istirahatkan tubuh anda, baru kemudian anda bisa mandi untuk menyegarkan badan. Mandi setelah kurang tidur memang hal buruk dan harus dihindari. Adapun cara mandi  yang sehat adalah:

  • Hindari mandi setelah sebelumnya anda begadang atau kurang tidur
  • Kenali suhu tubuh anda sendiri. Jika tubuh terasa panas akan lebih baik jika anda beristirahat terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan dengan mandi. (baca juga: bahaya habis makan langsung mandi)

Bahaya Begadang atau Kurang Tidur

Begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dirubah. Begadang akan menjadi lebih berbahaya jika anda menjadikannya sebagai suatu kebiasaan. Bukan hanya masalah fisik, namun begadang juga membuat seseorang mengalami mudah merasa depresi. Ada begitu banyak dampak buruk begadang seperti kurang fokus disertai dengan tubuh yang mudah lelah. Beberapa pengaruh dari begadang yang mungkin bisa anda rasakan dalam kehidupan sehari- hari yaitu:

  1. Munculnya mata panda

Mata panda seringkali terlihat pada mereka yang gemar begadang. Mata panda sendiri merupakan salah satu ciri fisik mereka yang gemar begadang di samping mata berkantung, wajah tidak cerah, mata terlihat sayu, pucat dan lain sebagainya. Selain itu, begadang juga membuat kerutan muncul lebih cepat terutama pada area sekitar mata. Dalam hal ini, jelas jika begadang ternyata dapat membuat kecantikan alami anda berkurang. (baca juga: cara menghilangkan mata panda secara tradisional)

  1. Daya tahan tubuh menurun

Daya tubuh menurun merupakan efek samping yang akan anda temui jika membiasakan diri dengan begadang. Bagi anda yang terlalu sering begadang, maka tubuh akan menjadi lebih mudah sakit jika dibandingkan dengan merreka yang tidur cukup. Ada beberapa jenis penyakit ringan yang bisa menyerang anda sewaktu- waktu seperti flu, tidak enak badan, meriang dan lain- lain. Beragam contoh penyakit ringan tersebut, akan lebih mudah menyerang anda di kala sistem imun rendah mengakibatkan penyakit akibat kurang tidur.

Gangguan kesehatan lainnya yang memungkinkan menyerang, adalah jenis penyakit berat layaknya gejala stroke, paru- paru serta gangguan kesehatan pada ginjal. Selain itu, ada pula hipertensi juga obesitas yang semakin tinggi resiko menjangkitnya pada tubuh anda jika sering begadang. Ketika tidur, sel- sel dalam tubuh akan bekerja dengan membuang racun dari tubuh. Jika anda mengurangi waktu istirahat, maka sistem kerja tubuh tidak akan berjalan dengan baik. (baca juga: cara mengobati gagal ginjal)

  1. hilang konsentrasi

Dampak bahaya begadang lainnya adalah pikiran yang susah untuk dibuat fokus. Saat anda tidur dengan intensitas waktu kurang dari 6 jam, maka kecenderungan bangun secara tidak bersemangat akan lebih besar. Berbeda saat anda tidur cukup, maka tubuh menjadi lebih segar sehingga saat anda bekerjapun menjadi lebih nyaman.  Bukan hanya kurang bersemangat, namun kebiasaan begadang juga membuat tubuh mudah lelah, kurang bergairah dan lebih buruknya lagi, pelupa. Tidur dengan intensitas yang cukup ternyata mampu membantu memori jangka panjang anda menjadi lebih baik. (baca juga: cara meningkatkan konsentrasi)

  1. pola makan yang tidak teratur

Pola makan menjadi tidak teratu akibat sering begadang merupakan efek samping buruk dari kebiasaan terkait. Saat tubuh anda kurang tidur, maka anda akan cenderung tidur lebih lama sehingga siang hari, anda baru terbangun. Kebiasan ini membuat anda melewatkan sarapan pagi. Padahal, sarapan sangatlah penting bagi kesehatan tubuh sekaligus pemasok energi harian anda. (baca juga: kaki sering kram saat tidur malam)

  1. mudah merasa mengantuk

Kebiasaan begadang di malam hari, membuat anda mudah merasa mengantuk keesokan harinya. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan jatah yang cukup baginya untuk beristirahat. Mengantuk akan sangat berbahaya jika anda sedang dalam keadaan mengemudi.  Hingga kini telah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi mengantuk. (baca juga: gantuk saat olahraga)

Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus segera dirubah. Biasakan tidur minimal 8 jam dalam sehari. Tidur memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. dengan tidur yang cukup maka tubuh akan cenderung lebih fit, tidak mudah capek serta konsentrasi yang bagus dan fokus. Waktu yang baik untuk tidur adalah di malam hari.   Buatlah jadwal anda sebaik mungkin dan memastikan jika kebutuhan tidur harian anda tercukupi. (baca juga: bahaya mandi setelah berolahraga)

Perlu diketahui, tubuh memerlukan kondisi yang rileks untuk membuang racun yang berada di dalam tubuh. Jika anda begadang, maka proses tersebut akan kacau dan dampaknya akan buruk bagi kesehatan tubuh anda.

baca juga:

You may also like