Home MakananMakanan Berbahaya 26 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes Paling Berbahaya         

26 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes Paling Berbahaya         

by Tri Astuti

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang memang bisa menyerang semua orang. Termasuk untuk orang yang tidak memiliki riwayat diabetes dalam keluarga. Gejala diabetes awal selalu ditunjukkan dengan berbagai gejala yang sering tidak disadari. Penyakit ini bisa menyebabkan tubuh mengalami resistensi insulin, dimana kelenjar pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup. Dampaknya bisa menjadi penyebab kadar gula darah di atas 200 sehingga metabolisme tubuh akan mengalami gangguan. Penyakit diabetes memang tidak bisa disembuhkan namun sebenarnya bisa dikendalikan dengan gaya hidup yang sehat dan pola makan yang sehat termasuk dengan cara mengobati diabetes paling alami.

Informasi penyakit diabetes:

 

Dibawah ini adalah beberapa makanan yang dilarang untuk penderita diabetes dan harus dipatuhi semua penderita diabetes.

  1. Kue manis

Mengkonsumsi kue-kue dengan rasa manis memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Namun untuk penderita diabetes, maka kue manis bisa menjadi ancaman yang serius. Kue manis mengandung gula baik itu jenis gula putih, gula coklat maupun bahan pemanis pengganti gula seperti sakarin. Gula bisa membuat kadar gula dalam darah naik karena penderita diabetes tidak memiliki insulin cukup untuk mengolah gula. Jika penderita diabetes ingin makan kue maka pilih jenis kue khusus yang memang dibuat untuk penderita diabetes.

Baca: bahaya baking soda – fungsi maltodekstrin

  1. Buah kering (kemasan)

Jika Anda berbelanja beberapa  buah untuk penderita diabetes, maka hindari semua jenis buah kering. Buah kering seperti kismis, aprikot dan jenis buah lain diolah dengan menambahkan beberapa bahan seperti pemanis. Selain itu semua buah kering yang dikemas dalam plastik atau kaleng menggunakan bahan pengawet dan perasa makanan. Buah kering tidak hanya menyebabkan gula darah naik tapi juga resiko dehidrasi akibat rasa haus setelah mengkonsumsi rasa manis dari buah kering. Lebih baik untuk memilih buah segar seperti jeruk, melon, stroberi dan apel.

Baca: buah untuk penderita diabetes – buah berbahaya untuk diabetes – jeruk bagi penderita diabetes – panduan diet buah untuk diabetes melitus

  1. Jus buah kemasan

Jus buah kemasan yang dijual ditoko makanan dan supermarket memang terlihat lezat. Terlebih jika didinginkan yang bisa membuat penderita diabetes tertarik untuk meminumnya. Namun semua jenis jus buah kemasan sebaiknya tidak diminum oleh penderita diabetes. Jus buah kemasan mengandung rasa manis dari gula atau bahan pemanis. Selain itu semua jus buah kemasan pasti menggunakan bahan pengawet yang bisa menjadi racun untuk tubuh. Beberapa buah kemasan juga ditambah dengan soda sehingga bisa membuat metabolisme tubuh terganggu.

Baca: bahaya sakarin untuk kesehatan – zat aditif pada makanan

  1. Jus buah dengan gula

Penderita diabetes memang bisa minum jus ketika mereka bosan dengan makan buah segar. Namun jus buah yang dibuat dengan tambahan gula baik itu gula putih atau gula pemanis bisa meningkatkan gula darah. Efeknya bahkan sangat cepat seperti semua minuman manis. Sementara buah itu sendiri sudah mengandung gula alami yang efeknya lebih baik untuk tubuh. Karena itu sebaiknya jus buah dengan gula tidak dikonsumsi dan memilih minum jus buah murni tanpa gula seperti smoothie dari sayuran dan buah. (baca: bahaya makan manggis dan gula)

  1. Susu dengan lemak

Ketika penderita diabetes memilih susu maka seharunya susu yang dipilih adalah jenis susu rendah lemak. Namun banyak penderita diabetes yang lebih sering minum susu dengan lemak atau susu dengan krim. Susu bisa menyebabkan kenaikan kadar gula yang sangat cepat sehingga termasuk pantangan diabetes. Selain itu susu dengan lemak mengandung lemak jenuh tinggi yang bisa menyebabkan masalah komplikasi akibat resistensi insulin dalam tubuh termasuk bahaya diabetes. Selain itu beberapa produk yang menggunakan susu dengan lemak atau krim memang tidak boleh dikonsumsi. Beberapa produk makanan ini termasuk seperti es krim, yogurt dengan lemak, keju dan krim.

  1. Nasi putih

Kita memang sudah terbiasa mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok. Namun kesadaran untuk meninggalkan nasi putih harus dimiliki oleh penderita diabetes. Nasi putih memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan masalah metabolisme. Nasi putih juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga proses resistensi insulin akan terjadi sangat cepat. Nasi termasuk makanan yang bikin gemuk super cepat sehingga membuat kadar gula meningkat. Jika penderita diabetes ingin tetap makan nasi maka pilih jenis nasi dari beras merah atau beras hitam. Selain itu termasuk berbagai makanan pengganti nasi untuk diet sehat.

baca: bahaya sering makan nasi – bahaya makan mie dengan nasi – bahaya nasi goreng 

  1. Roti putih

Semua jenis roti putih yang dioleh dari tepung juga menjadi makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Roti putih memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Ini menyumbangkan jumlah kalori yang lebih tinggi. Selain itu roti putih juga tidak mengandung serat sehingga akan sangat sulit masuk ke sistem pencernaan. Bahkan konsumsi roti putih bisa membuat penderita diabetes justru akan sering lapar. Sementara masalah sering lapar berhubungan dengan gejala diabetes baik itu untuk tipe 1 dan tipe 2. Sebagai gantinya maka penderita diabetes lebih baik memilih jenis roti gandum yang mengandung serat tinggi.

Baca: bahaya mengkonsumsi roti tawar – bahaya ragi

  1. Daging berlemak

Lemak jenuh yang didapatkan dari hewan sangat berbahaya untuk penderita diabetes. Jenis lemak jenuh sangat sulit untuk dibakar ketika tubuh sudah memiliki kadar gula yang tinggi. Kemudian lemak jenuh juga akan meningkatkan kolesterol tinggi sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung atau stroke. Semakin tinggi gula darah dalam tubuh maka kedua penyakit ini bisa menjadi ancaman serius. Jenis daging yang mengandung lemak dari daging ayam, daging bebek atau daging sapi sebaiknya harus dihindari. Gantikan dengan bagian daging yang tidak mengandung lemak seperti ikan yang kaya dengan omega 3.

Baca: makanan yang mengandung kolesterol tinggi – penyebab kolesterol tinggi – tanda kolesterol tinggi

  1. Semua snack ringan atau makanan kemasan

Semua jenis makanan ringan atau makanan kemasan sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan kemasan memiliki beberapa bahan yang berbahaya untuk penderita diabetes, seperti bahan pemanis, bahan pengawet, MSG dan garam. Semua bahan ini bisa menyebabkan resiko penderita diabetes terkena penyakit lain seperti tekanan darah tinggi. Makanan yang memiliki rasa gurih dan asin juga menyebabkan kecanduan karena sulit untuk berhenti makan. Sebagai gantinya maka sebaiknya penderita diabetes lebih baik memilih makanan dari kacang-kacangan atau biji-bijian yang diolah secara alami.

Baca: bahaya makanan ringan snack – makanan yang berbahaya bagi anak kecil – bahaya penyedap rasa makanan dan MSG

  1. Gorengan

Semua jenis makanan yang digoreng juga berbahaya untuk penderita diabetes. Makanan yang digoreng dengan minyak sayur atau minyak yang telah melewati proses hidrogenasi mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi. Minyak akan menumpuk dalam tubuh dengan bentuk lemak. Efeknya bisa menyebabkan kandungan lemak dalam tubuh sangat tinggi sementara tubuh tidak bisa mengolah dengan baik. Kemudian gula darah juga akan meningkat, berat badan meningkat dan resiko kolesterol tinggi. Karena itu jika penderita diabetes ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng maka sebaiknya dimasak dengan minyak sehat seperti minyak biji bunga matahari, minyak canola atau minyak zaitun.

Baca: bahaya mengkonsumsi gorengan – bahaya makanan yang digoreng – efek samping makanan yang digoreng – makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung

  1. Minuman bersoda

Minuman yang mengandung karbon atau bersoda memang biasanya menyegarkan saat cuaca panas. Namun ini termasuk jenis makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Minuman yang mengandung soda banyak memiliki kandungan gula dan bahan pengawet. Ini bisa membuat penyakit diabetes menjadi lebih parah karena proses resistensi insulin menjadi lebih buruk. Tubuh bisa membutuhkan insulin yang sangat tinggi sementara kelenjar pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup. Jadi semua jenis minuman yang mengandung soda sebaiknya harus dihindari atau sama sekali tidak dikonsumsi. (baca: dampak bahaya minuman bersoda)

  1. Semua minuman mengandung kafein

Semua jenis minuman yang mengandung kafein bisa membuat kadar gula dalam tubuh naik dengan cepat. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga berbahaya karena dalam proses pembuatannya sering ditambahkan gula. Minuman ini secara tidak disadari juga mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi. Kafein tidak hanya membuat kadar gula darah meningkat tapi juga efek samping lain seperti detak jantung yang lebih tinggi, tekanan darah tinggi dan gangguan diuretik seperti sering kencing berlebihan.

Informasi bahaya kopi:

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang sering disukai karena mudah didapatkan dan tersedia dengan cepat. Anda tidak perlu memasak sendiri makanan cepat saji sehingga selalu menjadi solusi ketika tidak mau memasak. Namun semua jenis makanan cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan cepat saji mengandung banyak kalori termasuk karbohidrat, lemak dan gula. Bahkan proses pengolahan makanan cepat saji sering menggunakan minyak yang mengandung banyak lemak. Kemudian bumbu seperti perasa makanan dan garam digunakan sebagai bahan bumbu utama. Pada dasarnya makanan cepat saji bisa menyebabkan komplikasi untuk penderita diabetes.

Baca: dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan – bahaya junk food bagi kesehatan

  1. Kentang goreng

Makan kentang goreng menjadi budaya camilan ketika mendatangi gerai makanan cepat saji atau restoran. Kentang merupakan termasuk makanan yang sering disarankan untuk pengganti nasi bagi penderita diabetes. Namun kentang untuk penderita diabetes sebaiknya hanya dikukus atau direbus. Kentang goreng sudah mengandung minyak yang sangat buruk untuk tubuh dan juga garam. Beberapa kentang goreng juga ditambahkan dengan bahan perasa makanan secara langsung. Kentang goreng lebih banyak membawa dampak buruk untuk kesehatan bagi penderita diabetes. Lebih baik jika hanya makan kentang rebus atau kentang kukus saja.

Baca : Bahaya kentang gorengContoh lemak jenuh pada makananMakanan yang mengandung lemak jenuh

  1. Coklat

Seringkali penderita diabetes banyak yang bertanya, bolehkan makan coklat? Coklat memang diperbolehkan untuk penderita diabetes namun dalam jumlah yang sangat terbatas. Coklat mengandung kalori tinggi, lemak jenuh, teobromin dan kafein. Selain itu beberapa jenis coklat olahan juga mengandung mentega, garam dan bahan perasa makanan lain. Kandungan lemak jenuh dalam coklat bisa merusak kerja insulin dalam tubuh karena menghambat darah dalam peredaran darah. Kemudian juga bisa meningkatkan kolesterol. Kafein bisa menyebabkan penderita diabetes mengalami diuretik sehingga juga terkena resiko dehidrasi.

Baca: bahaya coklat bagi kesehatan – bahaya makan coklat setelah makan mie – bahaya cokelat bagi kesehatan

  1. Ayam goreng

Ayam goreng menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi karena rasanya yang lezat. Namun penderita diabetes sebaiknya hanya mengkonsumsi daging ayam yang dimasak dengan cara di kukus, direbus, sup, atau dipanggang. Ayam goreng mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Kemudian kandungan garam sebagai bumbu utama juga sangat buruk untuk kesehatan. Karena itu sebaiknya ayam goreng memang tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes.

  1. Semua jenis daging olahan

Daging olahan adalah jenis yang sudah diproses dengan tujuan agar bisa lebih awet dan dikonsumsi dengan lebih mudah. Umumnya daging yang diproses mengandung beberapa bahan tambahan seperti garam dan pengawet makanan. Semua daging yang diproses sangat buruk untuk penderita diabetes. Daging olahan juga kemungkinan bisa terkontaminasi dengan bakteri seperti salmonella. Nitrit yang didapatkan dalam proses pengawetan daging bisa menyebabkan dampak serius untuk tubuh karena menjadi racun. Jadi lebih baik untuk menghindari semua jenis daging olahan termasuk untuk yang sudah dimasak di sebagian makanan cepat saji. (baca: bahaya nitrosamine untuk kesehatan)

Baca: bahaya daging sapi – bahaya daging merah – bahaya daging asap – bahaya daging kambing

  1. Hamburger

Hamburger juga termasuk salah satu jenis makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Hamburger termasuk salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak disukai. Makanan ini terdiri dari roti putih, daging, keju, dan beberapa jenis sayuran sesuai dengan selera. Kandungan lemak jenuh dalam hamburger menyebabkan makanan ini sangat berbahaya untuk penderita diabetes. Bahkan hamburger bisa menyebabkan kolesterol dalam tubuh menjadi sangat tinggi sehingga beberapa keluhan komplikasi juga akan meningkat.

Baca: bahaya junk food bagi kesehatan – efek bahaya pengawet makanan

  1. Kue yang dipanggang

Kue yang dipanggang sering menjadi makanan lezat untuk makan pagi atau saat sore hari. Namun kue yang dipanggang menggunakan beberapa bahan yang bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Beberapa bahan ini termasuk seperti tepung putih, telur, mentega, pengembang, gula, minyak, coklat dan garam. Semua bahan ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, gula tinggi dan juga lemak jenuh. Jika dikonsumsi berlebihan maka menyebabkan penderita diabetes bisa memiliki gula darah yang tinggi. Selain itu kue yang dipanggang juga menyebabkan efek rasa lapar setelah makan sehingga tubuh justru bisa menerima banyak makanan.

  1. Makanan beku

Makanan beku termasuk ikan, daging, dan jenis makanan laut lain memang sering menjadi bahan makanan pilihan. Namun makanan beku ini ternyata mengandung garam, bahan pengawet dan bahan lain sebagai bahan pilihan agar makanan beku tidak cepat rusak atau bisa bertahan lama. Makanan beku juga menjadi tidak terlalu sehat karena mengandung lemak jenuh berlebihan. Makanan beku bisa menyebabkan tubuh terkena beberapa resiko penyakit seperti kanker. Nitrit adalah sebuah senyawa yang sering ditemukan dalam makanan beku sebagai efek samping dari proses pembekuan dan bahan pengawet dalam makanan beku. (baca: makanan yang sering mengandung pengawet)

  1. Semua jenis minuman ringan

Ada banyak jenis minuman ringan yang mudah ditemukan di supermarket atau toko. Beberapa jenis minuman ringan termasuk seperti teh, kopi, yogurt, jus dan minuman berasa lain sangat dilarang untuk penderita diabetes. Minuman ringan mengandung beberapa bahan yang menyebabkan kenaikan kadar gula darah seperti gula, zat asam sitrat, perasa makanan, karbon atau soda dan juga bahan pengawet. Bahkan minuman ringan bisa saja tidak terbuat dari bahan asli tapi hanya menggunakan bahan pendukung seperti perasa makanan dan minuman. Jika Anda perhatikan maka minuman ringan sering mengandung gula berlebihan yang didapatkan dari gula pemanis. Efek untuk ginjal juga tidak baik karena bisa merusak fungsi ginjal dengan cepat. (baca: minuman penyebab pengerasan otak)

  1. Pizza

Penderita diabetes juga sebaiknya tidak mengkonsumsi pizza berlebihan. Meskipun makanan ini masih termasuk diperbolehkan hanya dalam jumlah yang sedikit. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat pizza seperti tepung putih, pengembang, daging, telur, keju dan bahan-bahan lain. Semua bahan ini mengandung karbohidrat tinggi yang membuat tubuh bisa mengalami resistensi insulin. Kemudian pizza juga termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi termasuk dengan tambahan daging beku di dalamnya. Karena itu pizza sebaiknya digantikan dengan makanan yang lebih sehat dan lebih segar.

  1. Pisang dan melon

Semua buah memang mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun buah pisang dan melon sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Buah pisang dan melon mengandung gula alami yang bisa memicu gula darah naik dengan cepat. Terlebih jika pisang dan melon dimakan bersama dengan jenis makanan lain yang sudah mengandung gula tinggi. Sebagai gantinya maka lebih baik jika mengkonsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi seperti stroberi.

Baca: bahaya pisang karbit – efek terlalu banyak makan buah pisang

  1. Sereal manis

Sereal memang sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung serat dan nilai gizi yang sangat tinggi. Namun sereal yang memiliki rasa manis sangat berbahaya untuk penderita diabetes. Sereal instan termasuk makanan yang kalori yang sangat tinggi, seperti kandungan karbohidrat dan gula. Sebagai gantinya maka hindari sereal instan dan konsumsi sereal yang terbuat dari gandum utuh. Sereal dengan bahan gandum utuh lebih sehat karena mengandung serat yang lebih tinggi dan Anda bisa mengkonsumsinya dengan buah yang tinggi antioksidan seperti stroberi dan raspberri.

  1. Makanan instan

Makanan instan termasuk nasi instan dan mie instan memang termasuk makanan yang praktis dan mudah dimasak. Namun semua jenis makanan instan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan instan mengandung gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. Kalori dalam makanan instan sangat tinggi sehingga termasuk jumlah yang dilarang untuk penderita diabetes. Selain itu makanan instan juga berbahaya karena mengandung bahan pengawet yang tidak sehat untuk tubuh. Lebih baik jika menggantikan makanan instan dengan makanan segar seperti sayuran, lauk dan buah yang diperbolehkan untuk penderita diabetes.

Baca: bahaya makan mie instan sangat mematikan – bahaya mie instan bagi penderita diabetes – bahaya oatmeal instant – bahaya makanan instan

  1. Makanan pengganti energi tubuh

Makanan yang mengandung energi tinggi atau sering disebut dengan kue bar sering dikonsumsi oleh atlit. Ini termasuk makanan yang bisa membuat tubuh mendapatkan energi lebih tanpa harus mengkonsumsi makanan yang lain. Makanan bisa berbentuk kue yang  sering dirancang dengan makanan rendah lemak dan karbohidrat. Namun sebaiknya makanan ini tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena bahan didalamnya mengandung pengawet dan karbohidrat yang berlebihan. Makanan ini jika dikonsumsi terus menerus maka bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Tips Makan untuk Penderita Diabetes

  1. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang terdiri dari sayuran yang tidak mengandung tepung seperti brokoli, kembang kol, seledri dan buncis.
  2. Biasakan untuk menghindari makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi termasuk untuk semua jenis makanan beku atau daging olahan.
  3. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang terdiri dari biji-bijian dan gandum untuk membantu tubuh mendapatkan serat.
  4. Hindari semua jenis makanan yang mengandung gula, gula pemanis atau semua bahan pengawet.
  5. Anda bisa mengkonsumsi daging yang mengandung protein tinggi seperti ikan laut atau ikan yang diternakkan sebanyak dua kali dalam seminggu.
  6. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai karena mengandung protein tinggi namun proses pengolahan makanan tidak boleh menggunakan minyak dan garam.
  7. Jika ingin makan daging ayam atau daging sapi maka buang semua bagian daging yang mengandung lemak.
  8. Konsumsi berbagai jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi seperti stroberi, raspberry, kiwi, apel dan jeruk. Hindari semua olahan buah dan buah yang mengandung kalori tinggi.
  9. Hindari semua jenis susu dan produk susu dalam kaleng dan lebih baik untuk memilih susu yang mengandung rendah lemak dan tinggi kalsium.
  10. Hindari semua jenis minuman yang mengandung krim dan olahan krim.
  11. Gantikan asupan lemak jenuh menjadi lemak sehat dari buah alpukat, ikan yang kaya dengan omega 3, zaitun dan kacang-kacangan.
  12. Hindari semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi termasuk seperti es krim.

Meskipun ada banyak jenis makanan yang dilarang untuk penderita diabetes namun makanan yang lebih sehat juga banyak tersedia. Makanan yang lebih sehat bisa dikonsumsi lebih rutin untuk menjaga tubuh sehat dan kadar gula darah normal.

You may also like