13 Buah Berbahaya untuk Diabetes karena Gulanya Terlalu Tinggi

Para penderita diabetes sebaiknya lebih waspada dan selalu mencari tahu lebih banyak tentang buah berbahaya untuk diabetes. Walau gula yang ada pada buah itu alami, tetap saja ada buah-buah tertentu yang di dalamnya kandungan gulanya sangat tinggi. Jadi, bisa dikatakan bahwa buah-buah berikut tak akan aman bagi penderita diabetes.

1. Pepaya

Pepaya memang dikenal masih termasuk dalam golongan buah yang mengandung vitamin E tinggi. Bahkan tak hanya itu, pepaya pun juga dipercaya mampu mengatasi masalah sembelit atau konstipasi secara alami. Kalori dan karbohidrat di dalam pepaya ini sangat tinggi dan rupanya ada juga kandungan gula darah 59 mg/dL. Dengan fakta tersebut, penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsinya supaya gula darah tak meningkat.

2. Pisang

Menjadi buah yang kerap dimasukkan ke dalam menu harian para pelaku diet, penderita diabetes yang diet sekalipun tak dianjurkan mengonsumsinya. Ada bahaya efek terlalu banyak makan buah pisang juga. Kalori dari pisang ini memang lebih padat karena gula yang terkandung ada sebanyak 10,1 gram per tiga ons setiap buahnya.

Selain itu, ada juga kandungan 15 gram karbohidrat dalam  jus pisang per porsinya dalam satu cangkir. Itulah yang menjadikan buah ini sebaiknya tidak dimakan atau bahkan perlu sangat dibatasi konsumsinya. Konsumsi berlebihan dapat dipastikan hanya akan membuat gula darah meningkat.

(Baca juga: bahaya pisang karbit)

3. Anggur

Sepintas tampaknya memang agak tidak mungkin kalau sampai buah anggur berbahaya bagi penderita diabetes. Walau kita mengira kandungan tingginya adalah air, di dalam buah ini ada sekitar 57 kalori serta gula sebanyak 13,8 gram. Untuk kandungan karbohidratnya saja pun ada 15 gram totalnya dalam setiap 3 ons.

Sebenarnya buah anggur tidaklah perlu dijauhi sama sekali karena Anda masih bisa mengonsumsinya. Buah anggur pun menjadi salah satu buah yang mengandung kalsium tinggi. Jadi tak ada salahnya untuk mendapatkan berbagai mineral, vitamin serta serat dari buah ini asalkan porsinya tidak terlalu berlebihan. Setiap kali konsumsi, perhatikan betul batasan porsinya.

(Baca juga: buah beracun yang mematikan)

4. Semangka

Memang benar bahwa semangka adalah buah dengan kalori rendah di dalamnya, berikut kandungan serat tinggi. Tapi buah manis ini justru memiliki kandungan glukosa tinggi, yaitu 72 mg/dL. 5 gram karbohidrat juga ada pada secangkir jus semangka yang akan sangat berbahaya kalau dikonsumsi terlalu banyak.

Semangka memang adalah buah segar yang termasuk di dalam makanan sehat untuk penderita batu empedu. Tapi sayangnya, buah ini tidak untuk penderita diabetes walaupun kaya akan vitamin C dan vitamin A. Kalau kita mengira bahwa hanya kandungan air yang paling tinggi di dalam semangka, maka kita salah. Gulanya tak kalah banyak.


5. Mangga

Kalau mangga sangat disarankan untuk penderita demam karena memang merupakan makanan untuk orang demam tinggi, orang yang diabetes perlu menjauhi mangga. Buah ini justru mengancam menjadikan gula darah mengalami peningkatan dengan 70 kalori dan 12,7 gram kadar gula per 3 ons. Baik itu dikonsumsi secara langsung atau dijus atau sebagai campuran makanan, sebaiknya Anda menghindarinya.

(Baca juga: buah untuk obat panas dalam)

6. Melon

Tak disangka-sangka, rupanya buah melon yang segar dan penuh kandungan air ini juga mengandung banyak gula. Memang buah segar selalu memiliki serat dan vitamin dan bagus untuk diet. Termasuk di dalam daftar buah yang mengandung vitamin C, sayangnya buah ini perlu batasan ketat untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Aprikot

Mengandung karbohidrat sebanyak 8 gram pada setiap setengah cangkir jus aprikot, tentu ini menjadi salah satu alasan mengapa buah ini tidak untuk diabetes. Kandungan glukosa di dalam buah ini pun tergolong sangat tinggi dengan kadar 57 mg/dL. Konsumsi yang tidak dibatasi secara ketat oleh penderita diabetes hanya akan memperparah kondisi diabetes.

(Baca juga: buah yang mengandung kolagen)

8. Nanas

Selain tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan masalah asam lambung, nanas pun juga tak baik bila dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes. Buah ini bisa berefek berbahaya bila konsumsi tak dibatasi dengan baik. Karbohidrat yang ada di dalamnya bahkan ada lebih dari 20 gram selain dari kadar glukosanya yang super tinggi.

9. Stroberi

Ada buah segar satu lagi yang bisa membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat. Stroberi bahkan dapat dimasukkan ke dalam daftar buah berbahaya untuk para penderita diabetes. Ini dikarenakan tak hanya kandungan glukosanya saja yang tinggi di dalam stroberi. Sukrosa pun juga termasuk besar kadarnya sehingga patut untuk dicoret dari daftar menu sehari-hari.

(Baca juga: makanan sehat untuk penderita stroke)

10. Sawo

Buah sawo juga dapat menjadi sangat berbahaya bagi tubuh penderita diabetes karena kandungan gulanya super tinggi. Hampir setara dengan pisang, buah sawo juga perlu dibatasi secara ketat konsumsinya bila Anda menyukainya. Penyajian yang lebih terbatas ini bertujuan agar tidak meningkatkan gula darah secara drastis.

11. Alpukat


Memang alpukat kalau dimakan begitu saja rasanya tak akan semanis semangka, pisang dan buah lainnya di atas. Banyak yang kemudian mengira bahwa kadar gula di dalam alpukat tidak terlalu tinggi. Padahal sama saja dengan buah-buah lain yang ada di atas. Alpukat bakal berbahaya kalau penyajian tak dibatasi, maka mulai sekarang perhatikan porsinya bila ingin selamat dari kenaikan gula darah.

(Baca juga: makanan yang mengandung vitamin b6)

12. Apel

Buah yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kita ini pun menjadi berbahaya kalau kita memakannya terlalu banyak dalam waktu satu hari. Bila seseorang yang tidak mengidap diabetes boleh-boleh saja mengonsumsi apel 2-3 buah lebih dalam sehari, penderita diabetes tidak boleh. Porsi yang benar hanya satu buah saja dalam sehari di mana ini setara dnegan satu porsi.

13. Durian

Sepertinya sudah sangat jelas kalau durian menjadi buah yang memicu banyak penyakit serius, termasuk darah tinggi. Efek samping bahaya makan buah durian sangat perlu diwaspadai. Durian matang adalah yang paling haram untuk dikonsumsi oleh yang mengidap diabetes. Bukan hanya karena kandungan gulanya yang tinggi, tapi kandungan alkohol di dalamnya juga sangat besar.

(Baca juga: bahaya makan durian setelah minum obat)

Itulah daftar buah berbahaya untuk diabetes yang sebaiknya memang mulai dari sekarang lebih diperhatikan porsinya. Kalau dulu Anda sebelum mengidap diabetes bisa memakan buah-buah tersebut secara bebas, pastikan bahwa kini porsinya dibatasi secara lebih ketat. Bila menggemari buah-buah tersebut, sesekali mengonsumsinya tak akan menjadi masalah asalkan porsi berlebihan dapat dihindari. Atau, konsultasikan dengan dokter akan porsi tepat mengonsumsi buah-buah enak tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya