Ini 9 Buah Yang Bagus Untuk Saluran Kencing Tetap Terjaga Kesehatannya !

420

Infeksi saluran kencing atau kemih yang juga disebut dengan ISK ini merupakan kondisi ketika saluran kencing/kemih kita terkena infeksi bakteri. Istilah lain lagi untuk kondisi ini adalah sistitis di mana hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan di mana gejala umumnya dapat berupa:

  • Selangkangan yang nyeri.
  • Nyeri pinggang.
  • Nyeri punggung bawah.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Tubuh menggigil kedinginan.
  • Demam
  • Perut bawah mengalami nyeri.
  • Kandung kemih terasa penuh walaupun buang air kecil dilakukan secara rutin.
  • Buang air kecil tak bisa ditahan.
  • Peningkatan frekuensi buang air kecil.
  • Tubuh lemas.
  • Hematuria atau urine yang keluar bercampur darah.
  • Urine berbau menyengat.
  • Nyeri di bagian panggul.

Gejala yang dikeluhkan oleh satu penderita dengan penderita lainnya akan bervariasi di mana hal ini tergantung juga dari jenis infeksi saluran kemih yang dialami, apakah itu ISK atas atau ISK bawah. Namun, ada sederet buah yang bagus untuk saluran kencing tetap terjaga kesehatannya yang bisa Anda konsumsi rutin seperti di bawah ini.

  1. Anggur

Buah anggur merupakan salah satu jenis buah segar yang sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan saluran kemih. Anggur kaya akan antioksidan sehingga segala bentuk gangguan kesehatan di area tersebut, khususnya peradangan dapat diturunkan risikonya. Bahkan kandungan vitaminnya mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Bersifat diuretik, buah anggur adalah buah yang tepat untuk mencegah infeksi dan peradangan di saluran kencing karena kandungan vitaminnya yang besar. Jika Anda menyukai buah anggur dan tertarik untuk menyehatkan saluran kemih melalui konsumsi buah ini, pastikan Anda memilih buah anggur merah.

  1. Nanas

Nanas adalah buah yang juga sangat dianjurkan bagi Anda yang berisiko dengan gangguan saluran kemih ataupun ingin mencegah segala penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih. Ada kandungan enzim baik di dalam nanas yang berguna dalam menurunkan potensi terkena radang kandung kemih. Bahkan bagi Anda yang sudah menderita radang, waktu pemulihannya akan lebih cepat dengan konsumsi nanas.

Anda bisa mengonsumsi nanas matang dengan mengupas kulitnya, memotong-motong dan memakannya langsung. Namun jika Anda suka dengan yang lebih segar, mengolah nanas menjadi sebuah minuman jus juga sah-sah saja. Hanya saja, konsumsi nanas pun jangan berlebihan agar tak terjadi efek samping buah nanas bagi kesehatan Anda.

  1. Pepaya

Selain menjadi buah yang bagus untuk usus, pepaya pun merupakan buah yang bisa Anda konsumsi setiap hari untuk melawan segala macam bakteri yang dapat menyerang sistem kemih. Ingat bahwa pepaya pun merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi serta menawarkan kaya antioksidan.

Buah satu ini punya tingkat keasaman tinggi sehingga diyakini mampu membuat bakteri-bakteri penyebab infeksi dapat dihilangkan secara alami. Anda bisa mengupas buah ini dan memakannya langsung, atau buatlah jus pepaya segar yang Anda minum secara rutin. Anda pun akan memperoleh keuntungan lainnya, seperti terhindar dari gangguan pencernaan seperti halnya sembelit.

  1. Cranberry

Jenis buah berry ini pun bisa Anda andalkan untuk mencegah masalah pada salurah kemih. Ini karena tingkat keasaman urine dapat meningkat ketika Anda mengonsumsi cranberry secara rutin. Dengan begitu, segala jenis bakteri yang bisa menyebabkan infeksi akan dilawan dan dihilangkan secara efektif karena kandungan baik cranberry akan membasminya.

Bila infeksi saluran kencing kerap terjadi karena adanya bakteri-bakteri yang menumpuk dan bahkan menempel di dinding saluran kencing, maka cranberry bakal mampu membuangnya dari tubuh. Minumlah jus cranberry segar atau langsung nikmati buahnya untuk kesehatan saluran kemih dan membuatnya tidak mudah terserang virulen, bakteri yang memicu infeksi.

  1. Pir

Buah berkandungan air tinggi ini mirip seperti buah apel bukan? Namun pir diketahui memiliki kandungan asam klorogenat yang siap menjadi pencegah bakteri berkembang di saluran kemih. Per hari, Anda bisa mengonsumsi pir 1 buah saja baik itu dimakan atau dibuat jus dan diminum supaya gangguan, infeksi dan masalah lainnya pada saluran kencing bisa dihindari secara alami.

  1. Blueberry

Di dalam buah blueberry ada kandungan proanthocyanidins yang juga efektif dalam menjadi pencegah bakteri yang suka bersarang di saluran kencing. Bahkan buah berry satu ini pun menawarkan antioksidan tinggi yang siap menambah daya tahan tubuh sehingga saluran kemih tetap sehat dan terhindar dari penyakit akibat bakteri.

  1. Jeruk dan Lemon

Sumber vitamin C tinggi lainnya adalah buah jeruk dan lemon di mana keduanya bukan hanya mampu mengatasi tanda-tanda infeksi saluran kemih tapi juga mencegah dan menurunkan risiko bakteri menginfeksi saluran kemih. Asam askorbat pada kedua buah ini mampu menurunkan kadar asam urine sehingga saluran kemih tetap terjaga kesehatannya.

  1. Jambu Biji

Selain menjadi buah untuk sariawan, jambu biji pun bisa dikonsumsi untuk kesehatan saluran kemih Anda. Makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini pun sama besar khasiatnya seperti buah jeruk dan lemon tadi. Maka dari itu, pastikan mengonsumsinya rutin supaya perkembangan bakteri dapat dihambat dengan baik.

  1. Tomat

Buah yang juga masuk golongan sayur ini bisa juga Anda konsumsi secara langsung atau dibuat sebagai jus untuk mencegah berbagai macam gangguan pada saluran kencing. Karena kandungan vitamin C di dalam tomat juga tinggi, otomatis Anda bisa mengandalkannya supaya kemungkinan terserang ISK juga menjadi jauh lebih kecil.

Itulah daftar buah yang bagus untuk saluran kencing untuk Anda konsumsi setiap hari atau secara teratur supaya saluran kencing tetap sehat dan bakteri-bakteri penyebab infeksi dapat dilawan. Selain mengonsumsi buah-buah segar tadi, pastikan Anda punya gaya hidup sehat dan juga rajin menjaga kebersihan daerah kandung kemih.