Home Featured 6 Jenis Buah Untuk Melancarkan Peredaran Darah

6 Jenis Buah Untuk Melancarkan Peredaran Darah

by Putri Yohani Masnun

Darah merupakan komponen yang penting bagi tubuh untuk membantu mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh organ dan anggota tubuh. Jika kondisi darah baik pada sel maupun sistem peredarannya mengalami masalah, maka kesehatan tubuh akan terganggu dan organ tubuh yang penting tidak dapat berfungsi dengan baik. Karena itu kita harus menjaga kesehatan darah dan membantu melancarkan peredaran darah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi buah berikut ini.

1. Apel

Buah apel mengandung serat yang larut air dan kandungannya ini sangat bermanfaat untuk mencegah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, apel juga mengandung senyawa antioksidan  berupa polifenol yang sangat bermanfaat dalam mencegah inflamasi pada pembuluh darah sehingga aliran dapat menjadi lancar.

2. Pir

Selain apel, buah pir pun juga kaya akan serat larut air. Serat tersebut dapat menyerap racun yang masuk dalam aliran darah, sehingga darah tetap bersih dan terhindar dari pemicu penyakit. Bahkan kandungan serat dalam buah pir lebih banyak dibandingkan dengan yang ada pada buah apel, karena itu pir sangat bagus dikonsumsi setiap hari.

3. Buah Beri

Buah-buahan yang termasuk dalam kelompok beri-berian seperti stroberi, raspberi, dan yang lainnya sangat banyak mengandung air yang dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu buah beri juga kaya akan senyawa pektin dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar HDL dalam darah dan menurunkan kadar LDL yang membahayakan kesehatan.

4. Anggur

Buah anggur sangat kaya akan vitamin C yang dapat melindungi darah dari senyawa radikal bebas sehingga darah tidak terkontaminasi racun yang dapat mengacaukan fungsinya. Selain itu, anggur juga mengandung quercetin, dimana senyawa tersebut akan mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah dan mengikat kolesterol agar dapat dibuang bersama feses.

5. Pepaya

Buah pepaya yang berwarna cerah sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pepaya mengandung vitamin C dan E serta antioksidan likopen untuk mencegah terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Sementara itu senyawa tersebut juga bekerjasama dengan enzim paraxonase membantu mencegah munculnya penyakit kolesterol.

6. Jeruk

Jeruk yang dikenal akan kandungan vitamin C nya, ternyata juga mengandung senyawa limonene yang sangat membantu dalam mencegah terbentuknya sel kanker. Dengan demikian buah ini juga dapat diandalkan untuk mencegah munculnya penyakit kanker darah di dalam tubuh.

Buah-buah tersebut memang memiliki rasa yang menyegarkan dan sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan darah. Semuanya dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa juga disajikan dalam bentuk jus. Selain dapat membersihkan darah dari racun dan melindungi sel darah dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas, buah di atas juga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah munculnya berbagai penyakit yang berbahaya.

You may also like