5 Tanda-tanda Infeksi Saluran Kemih dan Cara Mencegahnya

Infeksi saluran kemih atau yang sering disebut sebagai infeksi saluran kencing merupakan infeksi yang memengaruhi organ-organ tubuh dan berhubungan terhadap urin. Organ saluran kemih meliputi ginjal, ureter, dan kandung kemih atau uretra. Saluran kemih ini sangat rentan terkena bakteri yang menyebabkan infeksi. Hal itu disebabkan karena saluran kemih adalah tempat keluargnya kotoran dari dalam tubuh.

Infeksi saluran kemih dapat menyerang pria maupun wanita. Namun demikian, yang sering terkena infeksi ini adalah wanita. Hal itu disebabkan karena mereka berdekatan dengan dubur yang juga merupakan sarang bakteri.

Apa saja sih tanda-tanda infeksi saluran kemih? Lantas bagaimana cara mencegahnya? Berikut akan kami ulas 5 tanda-tanda infeksi saluran kemih dan cara mencegahnya.

1. Sering buang air kecil

Tanda-tanda infeksi saluran kencing atau ISK yang paling umum terjadi ialah adanya dorongan untuk sering buang air kecil. Selain itu, dorongan ini akan muncul pada saat anda baru saja mengosongkan kandung kemih.

2. Disuria

Disuria adalah nyeri atau rasa sakit yang timbul ketika anda buang air kecil. Jika anda mengalami disuria, itu merupakan tanda-tanda infeksi saluran kemih. Perlu anda ketahui, selain rasa nyeri, anda akan merasakan rasa panas seperti halnya terbakar pada saat buang air kecil.

3. Darah dalam Urin

Tanda-tanda infeksi saluran kemih selanjutnya adalah keluarnya darah dalam urin. Kondisi ini biasanya disebut dengan hematuria. Hal ini terjadi karena bakteri berkembang pesat pada saluran kemih. Kemudian, bakteri ini akan menyerang lapisan uretra dan menyebabkan bercampurnya darah dalam urin anda.

4. Kelelahan dan demam tinggi

Jika anda merasakan kelelahan beraktifitas padahal hanya melakukan kegiatan ringan, anda wajib waspada. Apalagi diiringi dengan demam yang tinggi. Anda harus segera memeriksakan ke dokter. Karena bisa saja itu adalah tanda-tanda infeksi saluran kemih. Demam tinggi itu disebabkan karena infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri sudah merambat pada ginjal. Selain itu, anda juga akan merasakan mual.

5. Nyeri Punggung

Tanda-tanda infeksi saluran kemih yang kelima adalah rasa sakit yang muncul pada daerah punggung bawah serta pangkal paha. Hal itu timbul pada saat saluran kemih bagian atas terinfeksi oleh bakteri. Dalam banyak kasus, penderita tidak jarang juga akan mengalami kesakitan pada daerah perut. Sakit terasa parah dan juga akan mengalami kram pada perut.

Jika anda mengalami 5 tanda-tanda infeksi saluran kemih ini anda harus segera periksa ke dokter. Namun demikian, kami juga akan menyajikan ulasan cara mencegah infeksi saluran kemih. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk mencegah infeksi saluran kencing.

  • Konsumsi air minum yang banyak

Perlu anda ketahui tubuh kita memerlukan cairan untuk menjawab kebutuhan organ-organ saat bekerja. Air minum dapat membantu mencairkan urin sehingga anda akan sering buang air kecil. Nah! Dengan seringnya buang air kecil itu memungkinkan dapat membersihkan bakteri yang menghuni saluran kemih.

  • Membersihkan organ genital

Membersihkan organ genital baik untuk kesehatan. Cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita ialah ketika membersihkan organ genital setelah buang air kecil lakukan gerakan dari bagian depan ke belakang. Untuk wanita harus sering melakukan hal ini karena hal itu dapat mencegah infeksi bakteri yang terdapat di anus ke vagina.

  • Produk kebersihan organ kewanitaan

Untuk anda para wanita disarankan untuk menghindari produk pembersihan  organ genital. Produk tersebut akan menyebabkan iritasi pada saluran kemih. Hal itu akan mengakibatkan bakteri bersarang dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

  • Buang air kecil setelah berhubungan intim

Baik laki-laki maupun perempuan disarankan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim. Karena dengan membuang air kecil setelah berhubungan intim akan membersihkan bakteri yang masuk ke saluran uretra.

, , ,
Post Date: Friday 10th, November 2017 / 16:34 Oleh :