3 Cara Menyembuhkan Hematuria Dan Cara Pencegahannya

Cara menyembuhkan hematuria sangat perlu untuk diketahui oleh semua orang. Hal ini dikarenakan hematuria adalah salah satu gejala penyakit yang berbahaya dan perlu untuk segera diatasi dengan benar. Beberapa penyakit yang ditandai dengan hematuria adalah infeksi saluran kencing, penyakit ginjal, serta penyakit prostat.

Hematuria atau biasa disebut dengan kencing berdarah adalah suatu kondisi yang merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi di saluran kencing kita. Hematuria ini menunjukkan bahwa kondisi saluran kencing sedang sakit sehingga perlu dilakukan pengecekan. Pada umumnya dokter akan mendiagnosa terlebih dahulu apa yang terjadi. Jika memerlukan pemeriksaan yang lebih detail, dokter akan meminta kita untuk melakukan tes urine di laboratorium sehingga bisa diketahui dengan detail apa saja yang ada pada urine kita.

Hematuria adalah sebuah gejala, bukan sebagai penyakit tersendiri. Jadi hematuria ini bisa disembuhkan dengan pengobatan serta bisa dicegah dengan beberapa pola hidup yang sehat. Tetapi yang lebih penting adalah dokter mengetahui secara pasti apa penyebab dari hematuria tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, maka dokter akan memberikan resep obat yang sesuai sehingga pengobatan yang tepat bisa dipenuhi.

Sebelum melakukan beberapa cara menyembuhkan hematuria. Dokter perlu mengetahui secara detail apa penyebab hematuria tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan hematuria.

  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi ginjal
  • Batu ginjal
  • Pembengkakan kelenjar prostat
  • Kanker prostat
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker ginjal
  • Obat obatan
  • Benturan fisik saat berolahraga
  • Peradangan pada uretra
  • Obat obatan tertentu

Setelah mengetahui secara pasti apa penyakit yang bisa menyebabkan hematuria, maka dokter kemudian bisa melakukan pengobatan hematuria ini. Sebenarnya pengobatan untuk hematuria sendiri memang tidak ada. Jadi dokter biasanya memang hanya fokus untuk menyembuhkan penyakit yang menjadi awal dari hematuria ini. Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan yang dilakukan oleh dokter.

  1. Pemberian antibiotik

Antibiotik merupakan obat yang berfungsi untuk menghambat atau membunuh bakteri. Jika memang sudah diketahui dan sudah dipastikan bahwa penyebab utama hematuria adalah karena infeksi saluran kencing atau infeksi ginjal, maka pemberian antibiotic akan diberikan kepada pasien.

Dalam kasus ini, jika penyakit utama dapat disembuhkan, maka hematuria juga akan sembuh. Oleh karena itu pemberian antibiotik ini adalah hal yang sangat tepat. Ada dua jenis antibiotik yang seringkali diresepkan oleh dokter untuk penanganan infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal yaitu Ciprofloxacin serta Amoxillin.

Kedua antibiotik di atas merupakan antibiotik spectrum luas. Keduanya bisa membunuh bakteri gram negatif seperti E. coli yang memang merupakan penyebab ISK dan infeksi ginjal.

  1. Pemberian obat pembengkakan prostat

Jika hematuria terjadi karena adanya pembengkakan pada prostat, maka dokter akan memberikan resep obat yang berisi obat untuk mengatasi pembengkakan tersebut. Biasanya dokter akan memberikan obat golongan NSAID untuk mengatasi inflamasi pada prostat. Selain pengobatan dengan obat, anda juga melakukan pengobatan dengan obat prostat bengkak yang alami.

  1. Terapi gelombang kejut atau shock wave therapy

Jika ternyata penyebab hematuria adalah karena batu ginjal, maka dokter akan menyarankan untuk dilakukan terapi gelobang kejut atau biasa dikenal dengan shock wave therapy. Biasanya dengan cara ini batu ginjal yang berukuran kecil bisa diatasi sehingga hematuria akan selesai. Tetapi jika setelah dilakukan CT Scan diketahui bahwa batu ginjal berukuran besar, maka perlu dilakukan operasi batu ginjal.

Demikian beberapa cara menyembuhkan hematuria yang biasanya dilakukan oleh dokter. Untuk anda yang ingin mencegah hematuria, caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih serta melakukan olahraga secara rutin. Di samping itu buat anda yang saat ini adalah perokok, anda perlu menghentikan kebiasaan anda tersebut.