20 Obat Prostat Bengkak Alami Termujarab

2475

Prostat bengkak merupakan salah satu kondisi kesehatan yang dialami oleh pria di mana bisa disebabkan oleh berlebihannya aktivitas seksual. Kehidupan seks bebas dapat menjadi penyebab pembesaran prostat pada pria, termasuk juga aktivitas masturbasi, stres, lelah fisik, dan juga duduk terlalu lama alias berjam-jam karena pekerjaan atau bermain game.

Bicara tentang obat prostat bengkak, ada sejumlah bahan-bahan alami yang dapat disimak berikut ini untuk menyembuhkan dan mengembalikan prostat. Penyebab prostat membengkak bisa sangat beragam, namun obat untuk mengatasinya pun juga beragam sehingga Anda memiliki cukup banyak pilihan dalam membuat prostat Anda kembali pada ukuran semula dan terjaga kesehatannya.

(Baca juga: spesialis urologi)

  1. Mentimun

Mentimun yang mungkin bagi sebagian orang dianggap kurang bergizi karena hanya diketahui mengandung banyak air ini ternyata bisa mengobati prostat. Jadikan mentimun segar yang Anda siapkan sebagai jus mentimun. Blenderlah dan saring nantinya jika sudah akan diminum. Lakukan setiap hari hingga penyakit prostat bengkak sudah membaik dan tanpa efek samping berbahaya mentimun ini pasti bermanfaat bagi Anda.

  1. Kumis Kucing

Pasti pernah bukan mendengar tanaman atau daun kumis kucing? Untuk mengobati prostat bengkak, Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daunnya secukupnya, lalu bisa Anda cuci dan kemudian rebus. Setelah mendidih tanda matang, Anda bisa angkat dan menyaringnya lalu meminumnya secara rutin hingga terjadi progres.

  1. Rumput Jelatang

Obat prostat alami satu ini juga dapat menjadikan pembesaran atau pembengkakan sembuh dengan baik. Kandungan fitosterol di dalam tanaman ini sangat tinggi sehingga Anda dapat menggunakan rumput ini sebagai perelaksasi otot prostat. Jadikan saja minuman hangat sederhana dengan merebusnya dan air herbal siap diminum rutin agar penyakit cepat membaik.

Atau, Anda juga bisa mengonsumsi jelatang dalam bentuk suplemen di mana ini juga sudah cukup mudah didapatkan. Namun, pastikan konsumsi yang dilakukan adalah berdasarkan 300 mg setiap harinya. Jika ragu, bisa coba konsultasikan mengenai dosisnya dengan dokter supaya tidak berefek samping buruk bagi tubuh.

(Baca juga: bahaya susah buang air kecil)

  1. Daun Dewa

Manfaat dari daun dewa ini begitu besar dan salah satunya adalah menyembuhkan prostat bengkak tanpa efek samping. Ambil saja beberapa lembar daun dewa sesuai kebutuhkan dan cucilah bersih lebih dulu sebelum kemudian Anda rebus. Air rebusan daun dewa ini bisa menjadi obat mujarab dalam menormalkan pembengkakan.

  1. Daun Sendok

Tanaman lainnya yang sangat bagus dalam mengobati prostat bengkak adalah daun sendok. Siapkan dulu daun sendok beberapa lembar yang sudah dicuci dan kemudian merebusnya. Air rebusan yang telah diangkat bisa Anda konsumsi setelah disaring dan Anda dianjurkan untuk meminumnya secara rutin agar prostat cepat membaik.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel tak hanya sekadar baik untuk menjadi obat hipertensi atau jenis-jenis penyakit jantung. Sifat astringent di dalam cuka sari apel organik termasuk tinggi dan Anda bisa mencoba mencampurkan cuka sari apel 1-2 sendok makan dengan 1 sendok makan madu murni pada segelas air hangat untuk diminum sehari 2 kali.

(Baca juga: penyebab sakit pada saat buang air kecil)

  1. Rambut Jagung

Rambut jagung yang biasanya kita buang ketika hendak memasak jagungnya ternyata sangat luar biasa efektif ketika dijadikan obat prostat bengkak. Ambil saja rambut jagung dari 6 buah jagung dan masukkan ke dalam air sebanyak 1000 ml. Didihkan di sana selama 10 menit dan kemudian baru disaring dan dikonsumsi sehari 3 cangkir.

  1. Kunir Putih

Penyakit prostat yang bengkak juga dapat diobati dengan kunir putih. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau menjadikannya ramuan berupa minuman. Air rebusan dari kunir putih kiranya menjadi salah satu obat yang efektif untuk mengembalikan prostat Anda ke ukuran semula.

  1. Sambiloto

Tanaman herbal satu ini sudah sangat terpercaya dalam mengatasi berbagai macam penyakit, tak terkecuali prostat bengkak. Ketika Anda mulai merasakan nyeri dan panas sewaktu buang air kecil, Anda bisa mengonsumsi daun sambiloto ini, baik secara langsung atau membuat air rebusan yang kemudian diminum secara rutin.

(Baca juga: beta sitosterol)

  1. Keladi Tikus

Namanya mungkin masih agak asing bagi beberapa dari kita, tapi keladi tikus ini merupakan jenis tanaman herbal yang baik untuk kesehatan prostat. Bila prostat membengkak, sama seperti cara pengolahan daun tanaman lainnya di atas, Anda bisa merebus daun keladi tikus dan menjadikannya ramuan obat untuk diminum secara rutin setiap hari.

  1. Brokoli

Brokoli selain menjadi sumber makanan yang mengandung serat tinggi yang baik bagi pencernaan, rupanya juga bisa Anda jus, sayur atau rebus untuk mengobati masalah prostat bengkak. Cuci bersih dulu brokoli yang telah Anda beli dan kemudian baru Anda olah tergantung dari selera dan keinginan. Tanpa efek samping brokoli akan membuat prostat berangsur pulih.

  1. Semangka

Buah semangka merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dan biasanya dinikmati ketika udara sedang panas. Namun semangka bisa juga dikonsumsi ketika Anda sedang menderita prostat bengkak. Bisa Anda makan secara langsung atau juga dijus, efek kesembuhan yang ditawarkan sama baiknya.

(Baca juga: penyebab impoten)

  1. Rumput Lidah Ular

Setelah rumput jelatang, ada lagi rumput yang bernama rumput lidah ular yang bisa Anda konsumsi ketika prostat membengkak. Ampul sejumput atau segenggam rumput lidah ular dan kemudian bersihkanlah. Rebuslah kalau sudah dan angkat bila telah matang untuk airnya bisa diminum selagi hangat.

  1. Akar Alang-alang

Akar alang-alang juga dapat Anda jadikan obat ketika menderita prostat bengkak. Pembesaran prostat dapat disembuhkan secara berangsur dengan mengonsumsi air rebusan akar alang-alang ini. Seperti biasa, ambil akar alang-alang secukupnya dan rebuslah lalu angkat kalau sudah matang. Saring lebih dulu sebelum Anda bisa meminum air rebusan akar alang-alang secara rutin.

  1. Tomat

Selain mentimun, tomat juga adalah salah satu jenis sayur dan buah yang dapat dijadikan pengobat prostat yang membesar. Anda bisa memasaknya, memakannya langsung, atau menjadikannya jus; tergantung selera dan keinginan Anda saja. Asalkan dikonsumsi rutin, Anda pasti bisa melihat kemajuan dalam kesehatan pemulihan prostat yang bengkak.

(Baca juga: penyebab lemah syahwat)

  1. Daun Meniran

Masih ada lagi jenis tanaman yang daunnya terbukti efektif dalam mengobati prostat yang mengalami pembesaran, yakni daun meniran. Sediakan daun meniran secukupnya untuk kemudian Anda bersihkan lebih dulu dan rebus dengan air secukupnya juga. Setelah matang bisa Anda saring dulu dan barulah airnya Anda nikmati; pastikan konsumsi dilakukan rutin hingga pembengkakan cepat mereda.

  1. Alpukat

Satu lagi jenis buah yang tak hanya baik untuk menambah asupan vitamin E tapi juga mampu menjadi obat bagi prostat bengkak, yakni buah alpukat. Di dalam alpukat ini jugalah ada terkandung lemak sehat yang mampu menjadi penurun BPH atau Benign Prostatic Hyperplasia secara alami. Pembesaran prostat pun dapat diatasi dengan sempurna.

Cukup dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin, baik secara langsung atau dijus, Anda akan merasakan sendiri efektivitas serta manfaat yang ditawarkan buah berwarna hijau ini. Ukuran prostat dalam beberapa waktu akan mengecil dan kadar BPH pun juga menjadi lebih rendah. Otomatis, Anda juga akan tercegah dari sering buang air kecil di malam hari.

  1. Daun Pegagan

Untuk mengatasi pembesaran prostat, Anda juga bisa mencoba menggunakan daun pegagan di mana Anda bisa menyiapkan beberapa lembar saja. Cucilah dulu hingga bersih sebelum merebusnya hingga matang. Setelah diangkat, tunggu dulu dan sebelum diminum bisa disaring lebih dulu.

(Baca juga: minuman penambah stamina)

  1. Biji Labu

Pembesaran pada prostat juga dapat disusutkan dengan obat alami lainnya seperti biji labu. Karena merupakan diuretik alami, maka otomatis biji labu ini juga akan membantu memperlancar buang air kecil. Biasanya, para pria dengan masalah pembengkakan prostat adalah dikarenakan kekurangan zinc, maka biji labu yang kaya akan zinc ini sangat bisa menolong.

Tak usah kesulitan berpikir bagaimana cara mengonsumsinya karena Anda cukup perlu memakannya secara langsung tanpa harus ditambah dengan garam. Segenggam biji labu setiap harinya sudah lebih dari cukup. Atau, bisa juga Anda hancurkan biji labu hingga halus dan masukkan ke dalam 1 cangkir besar untuk diseduh dengan air panas.

Bila Anda memilih untuk membuat teh dari biji labu, Anda perlu mengonsumsinya beberapa kali dalam 1 minggu 1 cangkir untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi pemulihan prostat Anda. Karena di dalamnya pun tinggi akan kandungan omega-3, biji labu bakal mendukung kinerja dan fungsi dari prostat secara maksimal.

  1. Suplemen Zinc

Karena sebelumnya telah disebutkan bahwa pria dengan defisiensi zinc dapat mengalami pembesaran prostat, maka Anda bisa mulai mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen zinc. Untuk setiap harinya, Anda perlu mengonsumsi 90 mg dan dibagi menjadi 3 kali konsumsi (masing-masing 30 mg). Akan lebih aman apabila Anda sudah mengonsultasikan hal ini dengan dokter dan akan lebih optimal bila Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi.

(Baca juga: penyebab batu ginjal pada pria dan wanita)

Penyakit pembesaran pada prostat bukan hal sepele dan jika mulai terasa gejala prostat bengkak, Anda perlu segera mulai memeriksakan ke dokter. Ubah gaya hidup Anda dengan berdiet sehat serta seimbang supaya prostat tak mudah membengkak lagi. Kiranya obat-obat prostat bengkak yang telah direkomendasikan bisa Anda coba dan bekerja dengan baik bagi kesembuhan prostat Anda.