10 Penyebab Pembesaran Prostat – Gejala Dan Solusi Terbaiknya

3030

Penyebab pembesaran prostat pada kaum pria lebih banyak diakibatkan karena gaya hidup dan kebiasaan yang buruk yang dilakukan sehari hari.
Pembesaran prostat muncul karena adanya tekanan pada kandung kemih serta uretra secara berlebihan sehingga menghambat jalannya air kencing secara normal pada saluran pembuangan urin.

(Baca juga: Penyebab Urin Berwarna Kuning , Makanan yang Rendah Purin)

Gejala Pembesaran Prostat

• Sering buang air kecil pada malam hari
• Urin yang keluar tersendat sendat
• Kesulitan untuk kencing dengan debit air urin yang normal
• Memaksakan mengejan ketika sedang kencing
• Urin bercampur dengan cairan darah
• Area prostat terasa mengganjal
• Rasa tidak enak disekitar organ perut
• Kesulitan tidur pada malam hari
• Kandung kemih terasa seperti penuh dan terdorong dari dalam
• Merasa air seni belum sepenuhnya tiubntas keluar semua, Sehingg tubuh terasa tidak nyaman.

(Baca Juga: Air Seni Berwarna Kuning , Penyebab Susah Tidur)

Penyebab Pembesaran Prostat

1. Penuaan

Ketika tua maka tubuh akan mengalami perubhan hormon seksual yang dapat mempengaruhi kondisi prostat. Ada lansia usia diatas 60 tahun pembesaran prostat akan muncul secara alami. (Baca Juga: Akibat Usus Turun)

2. Obesitas
Kegemukan yang menjurus pada penyakit obesitas rentan sekali mengganggu kesehatan prostat . Kegemukan menyebabkan penumpukan lemak berlebih pada area perut dan dapat menekan kandung kemih ketika seseorang sedang jongkok, Duduk bersila atau sedang Tidur tengkurap.

Baca juga :

3. Menunda nunda kencing

Jangan membiasakan diri menunda nunda kencing dengan alasan apapun, Dinding kandung kemih tidak dirancang untuk menahan debit air urin yang siap dikeluarkan, Menahan kencing terus menerus dapat menyebabkan dinding kandung kemih mengalami tekanan yang efek buruknya bisa menjalar kebagian prostat, Berupa pembenkakan area prostat.

4. Menderita penyakit gula darah

Seseorang yang menderita penyakit gula darah atau diabetes atau lebih sering disebut kencing manis beresiko tinggi menjadi penyebab pembesaran prostat. Kadar gula berlebih dalam darah mempengaruhi kesehatan dan fungsi dari kandung kemih itu sendiri.(Baca juga: Gejala penyakit gula darah , Cara Menurunkan Gula Darah)

5. Mengkonsumsi obat obatan tertentu

Hindari pemakaian obat obatan yang dapat menghambat kelancaran air kencing seperti jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan sinus. Konsultasikan pada dokter yang terkait jika ingin memgkonsumsi obat yang berhubungan dengan penyakit yang sedang anda derita saat ini agar dapat di rekomendasikan jenis obat yang tidak mengganggu kondisi prostat.

6. Mengalami gangguan jantung

Penyakit jantung koroner yang parah adalah salah satu penyebab pembesaran prostat. Kelaina pada jantung dapat memicu aliran darah disekitar tubuh menjadi ikut tidak lancar terutama area prostat yang sangat membutuhkan pasokan darah berisi oksigen.

Baca Juga:

7. Malas berolahraga

Malas melakukan olahraga adalah penyebab pembesaran prostat yang sebenarnya jarang terjadi tetapi mudah muncul pada orang orang yang gemar minum alkohol dan kafein yang kesehariannya tidak melakukan pergerakan tubuh untuk memicu pengeluaran racun melalui keringat yaitu dengan berolahraga.

Baca Juga:

8. Kanker prostat

Kesehatan jaringan prostat yang mengalami reaksi abnormal selama bertahun tahun dapat beresiko menjadi penyebab pembesaran prostat yang nantinya sulit disembuhkan walaupun dengan pengobatan yang panjang kemungkina sembuh masih ada. Kanker prostat selalu diawali dengan pembengkakan diarea prostat dengan bentuk yang semakin membesar.

9. Telah terjadi peradangan

Ketika prostat mengalami luka dan iritasi yang terjadi akibat aktivitas tertentu misalnya panjat tebing yang tanpa sengaja anda terjatuh dari ketinggian dan ketika menyentuh bumi bagian prostat menyentuh tanah atau bebatuan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan bisa mengganggu kesehatan prostta. Jika ada luka maka secra bertahap luka tersebut akan memicu terjadinya peradangan yang menyebabkan pembesaran prostat. Wspadalah dengan peradngan yang mmenyerang daerah prostat, Karena organ prostat sangat sensitif . Luka dan iritasi yang menjadi radang terbukti sebagai penyebab pembesaran prostat karena peradangan dapat merusak keseimbangan jaringan kelenjar prostat.

Baca Juga:

10. Faktor genetik

Penyebab pembesaran prostat yang mudah muncul adalah ketika seseorang memiliki riwayat keluarga yang juga pendeerita pembesaran prostat. Jika anda memiliki silsilah keturunan yang juga menderita pembesaran prostat maka keturunannya berpotensi mewarisi penyakit tersebut.

Solusi Terbaik Menghindari Pembesaran Prostat

Tips cara agar terhindar dari penyebab pembesaran prostat pada pria berusia muda ataupun sudah dewasa

1. Jangan pernah menunda nunda kencing ketika otak telah memerintahkan anda untuk segera kencing. Menunda untuk buang air kecil adalah penyebab pembesaran prostat yang paling sering terjadi pada pria dewasa.

Baca juga:

2. Hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein karean kedua minuman tersebut telah terbukti sebagai salah satu penyebab pembesaran prostat yang paling berbahaya. Alkohol dan kafein berlebihan dapat meracuni dinding kandung kemih.

3. Minumlah air putih sebanyak banyaknya, Namun 2 jam sebelum berangkat tidur malam hendaknya tidak terlalu banyak minum air lagi untuk menghindari resiko penyebab pembesaran prostat.

Baca Juga:

4. Menghindari obat obatan jenis obat sinus yang mengandung zat dekongestan atau antihistan yang hanya akan meningkatkan resiko munculnya penyebab pembesaran prostat.

5. Melakukan olahraga secara teratur walaupun mungkin olahraga yang dipilih adalah yang olahraga ringan seperti jalan cepat, Bersepeda ria, Lari pagi dan lain lain.

Baca Juga:

6. Membiasakan melatih tubuh dengan terapi fisik yang ahnya bisa dilakukan bersama oleh terapist yang berpengalaman yang tujuannnya untuk memperkuat otot panggul.

7. Sedapat mungkin kurangi aktivitas yang melelahkan dan hindari stres , Kalaupun sedang terserang stres sedapat mungkin segera atasi agar tidak berkepanjangan. Stres berlebihan dapat menjadi penyebab pembesaran prostat, Karena stres dapat menyebabkan seseorang jadi sering buang air kecil.

Baca Juga:

8. Menghinadari munculnya penyebab pembesaran prostat dapat dilakukan dengan cara sedapat mungkin mengurangi atau menghindari aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga dan mengandaalkan kekuatan otot perut, Seperti mengangkat barang berat. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan otot otot perut bagian bawah terus menerus dipaksa untuk menyangga tubuh bagian atas agar terus dapat menopang beban yang ada ditangan. Agar terhindar penekanan dibagian bawah perut termasuk kanding kemih lebih baik tidak mengangkat beban berat, Mendorong sesuatu dengan memaksakan otot perut ikut menegang , Naik turun tangga dengan berlari dan lain lain.

9. Ketika terserang penyakit batuk segeralah berobat agar intensitas batuk dapat dikendalikan dan cepat dapat disembuhkan. Batuk terus menerus dapat menjadi penyebab pembesaran prostat, Karena batuk yang berkepanjangan dengan intensitas batuk yang terlalu sering dapat menyebabkan tekanan pada otot perut dan mempengaruhi stabilitas kondisi prostat.

Baca juga:

10. Tidak menggunakan celana dalam yang terlalu ketat agar tidak terjadi penekanan otot perut bagian bawah yang nantinya juga bisa mempengaruhi kondisi buah zakar dan sekitarnya. Celana yang terlalu ketat dapat membatasi kebebasan aliran darah untuk mengalir dengan lancar dan memicu munculnya kelembaban yang tinggi disekitar alat reproduksi yang menyebabkan suhu semakin panas disekitarnya dan memicu tumbuhnaya jamur dan bakteri.