6 Penyebab Nafas Pendek Paling Berbahaya

6418

Penyebab nafas pendek dapat pula sebenarnya mengindikasikan suatu penyakit serius yang sedang diderita oleh pasien. Di samping dari gejalanya yang begitu mengganggu aktifitas harian penderita, hal ini sangatlah mengancam bagi kinerja organ vital manusia. Untuk selanjutnya lebih memahami mengenai topik penyebab nafas pendek maka ada baiknya mari simak artikel di bawah ini. Dengan begitu maka diharapkan hal fatal yang berhubungan dengan gejala dari penyebab nafas pendek dapat diminimalisir. Mari langsung saja disimak berikut ini ya.

Penyebab Nafas Pendek :

1. Gangguan Jantung

Permasalahan gangguan pada kinerja jantung dapat menjadi penyebab nafas pendek mulai dikeluhkan penderita. Untuk lebih seksama perhatikan daftar gejala khas lain yang spesifik menyertai nafas pendek yang erat kaitannya dengan petunjuk mengenai kondisi kesehatan jantung berikut ini:

  1. Penyebab nafas pendek akibat gangguan jantung biasanya disertai dengan hilangnya nafsu makan penderita yang erat kaitannya dengan keluhan mual ataupun muntah. Dengan begini asupan nutrisi penderita pun mulai terganggu menjadi tidak normal.
  2. Kemudian pasien akan mengalami keluhan nyeri pada beberapa anggota tubuh. Utamanya pada area dada, tangan, punggung dan tak terkecuali juga pada anggota kaki pasien. Rasa nyeri ini akan senantiasa timbul tenggelam menyertai adanya gangguan pada organ jantung.
  3. Pada tahap lanjut pasien akan sering mengalami batuk-batuk dan bahkan tak menutup kemungkinan disertai pula dengan keluarnya cairan busa merah ketika meludah.
  4. Kondisi kinerja jantung yang tidak stabil dan prima akan sangat berpengaruh menjadi penyebab nafas pendek. Serangan sesak nafas pun tak dapat terelakkan lagi. Usahakan untuk menyarankan agar pasien senantiasa memposisikan kepala lebih tinggi dari dada. Bisa dengan duduk atau beralas bantal tinggi demi meminimalisir keluhan sesak yang ada.
  5. Dengan melakukan aktifitas ringan saja maka penderita gangguan jantung akan sangat mudah lelah dan disertai dengan berkucuran keringat berlebihan yang abnormal.
  6. Ritme jantung yang tidak normal juga sangat rentan membuat pasien tidak nyenyak kala tertidur. Perasaan gelisah sering juga membangunkan pasien di tengah tidur malamnya. Usahakan untuk selalu menjaga agar perasaan pasien senantiasa menjadi lebih rileks.

Yang Perlu Diperhatikan Pasien Gangguan Jantung:

  1. Demi meminimalisir gangguan fatal pada pasien penyakit ini hendaklah kesehatan yang berhubungan langsung dengan sistem kardiovaskular benar diperhatikan.
  2. Jaga agar tekanan darah pasien senantiasa dalam batas normal dan tidak melambung naik. Hal ini akan berguna untuk menjaga kinerja jantung tetap aman.
  3. Lakukan cek rutin pula untuk mengontrol darah sesuai parameter kolesterol, trigliserida, HDL serta LDL.
  4. Usahakan untuk mengurangi makanan yang berlemak, berminyak ataupun bersantan. Akan jauh lebih sehat bagi sistem kardiovaskular ataupun sistem cerna pasien untuk mengkonsumsi makanan alami kaya serat nan aman.

Topik lain terkait gangguan jantung : Gejala Jantung Tidak SehatGejala Jantung BermasalahGejala Aritma

2. Keluhan Maag

Penyebab nafas pendek selanjutnya yakni berhubungan dengan sistem cerna ataupun gangguan maag. Biasanya hal ini lantaran penderita kurang begitu memperhatikan pola makan yang sehat. Bisa terjadi perlukaan pada lambung. Ataupun peningkatan asam lambung berlebih apalagi jika penderita telat makan atau makan justru menu yang terlalu berefek tajam semisal pedas atau masam.

Asam lambung inilah yang kemudian mempengaruhi kinerja paru-paru jika jumlah abnormalnya begitu berlebih. Sehingga secara tidak langsung dapat menjadi penyebab nafas pendek yang dikeluhkan penderita. Untuk meminimalisir keluhan maka perhatikan pula hal berikut ini ya:

  1. Usahakan untuk menepati jadwal makan anda dan jangan sampai telat demi kesehatan lambung anda.
  2. Makanlah secukupnya saja. Jangan terlalu kenyang berlebihan sehingga seluruh perut penuh terisi semua. Yang benar yakni makan seperlunya dan jika dibutuhkan tetapkan jeda yang lebih sering. Hal ini lebih baik daripada anda makan jarang namun dengan porsi yang banyaknya mengagetkan lambung anda.
  3. Usahakan meminimalisir beberapa jenis makanan pemicu gangguan maag. Semisal bunga kol, merica, atau juga minuman soda.
  4. Tak lupa juga tolong perhatikan suasana hati anda. Jangan sampai stres mempengaruhi kesehatan anda khususnya yang erat kaitannya dengan gangguan cerna yakni sakit maag.

Topik lain terkait keluhan maag; Perbedaan Sakit Maag dan Batu EmpeduBahaya Santan Bagi Penderita MaagBahaya Buah Nangka Bagi Penderita Maag

3. Aktifitas berat

Pada kasus umum yang tidak terlalu mengkhawatirkan, keluhan nafas pendek juga dapat dirasakan saat beraktifitas yang berat. Hal ini menyebabkan kebutuhan  tubuh akan oksigen juga meningkat pesat. Sebagai contoh pada pekerja kasar di lapangan atau juga bisa terasa saat kita berolah raga. Dalam kondisi ini terjadi peningkatan kinerja tubuh dan dampak yang seringkali menyertainya dapat dirasakan pula sebagai keluhan nafas cepat, berat serta terengah. Hal ini masih dianggap wajar sebagai respon tubuh terhadap perubahan kinerja tubuh. Namun jika dirasa beragam keluhan kesehatan mulai menyertai juga maka ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan ahli medis. Hal ini demi agar anda mendapat penanganan yang optimal pada masa-masa awal.

4. Infeksi organ paru-paru

Gejala sesak dan nafas cepat selanjutnya dapat ditemukan sebagai pertanda kemungkinan adanya permasalahan pada organ paru-paru sebagai sentral pernafasan tubuh kita. Salah satunya yakni terkait dengan adanya infeksi yang bisa saja disebabkan oleh mikroba baik dari jenis virus, bakteri ataupun ragam jenis parasit yang mengganggu kinerja organ paru-paru. Sebagai bagian pelindung luar maka selaput paru pun juga rawan untuk terkena infeksi. Membiasakan meminimalisir kontak langsung dengan polutan berbahaya juga memberikan manifestasi penting yang amat berperan bagi kesehatan organ pernafasan kita utamanya paru-paru.

Topik lain terkait gangguan paru-paru : Gejala Paru-paru BermasalahPengaruh Rokok Terhadap Paru-paru ManusiaCiri-ciri TBC

5. Gejala anemia

Pada kebanyakan kasus pasien anemia akan sangat mungkin gejala sesak dan nafas cepat juga ikut muncul mengganggu. Di sisi lain keluhan pusing berkunang, lemah letih, pucat juga menjadi pertanda khas yang menyertai. Hubungan gejala anemia dengan tarikan nafas pendek identik karena peranan oksigen yang tersebar dalam tubuh. Dalam kondisi tubuh pasien anemia maka persebaran oksigen dapat tersendat. Sedangkan kebutuhan tubuh akannya tak pernah berkurang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan secara otomatis paru-paru pun dirangsang bekerja ganda demi menutupi kebutuhan tubuh akan oksigen yang kurang optimal jika dibanding dalam kondisi normal selayaknya biasanya.

Topik lain terkait gejala anemia : Tanda-tanda AnemiaCiri-ciri AnemiaCara Mencegah Anemia

6. Gejala asma

Yang tak kalah ketinggalan perihal nafas pendek ataupun susah bernafas yakni adanya kemungkinan gejala asma yang diderita pasien. Kondisi ini erat kaitannya dengan beragam alergi yang menyerang pada saluran nafas pasien. Biasanya ditandai dengan bunyi mengi khas yang sangat mengganggu penderita. Kesulitan bernapas pun menjadi keniscayaan. Beberapa pemicu bisa dikatakan memiliki peranan penting dalam munculnya gejala asma mulai bisa dari keadaan psikologis penderita. Lainnya dapat dipengaruhi tingkat sensitifitas saluran nafas penderita terhadap keadaan lingkungan sekitar. Yakni semisal akan udara dingin ataupun debu dan polusi yang tak dapat ditolerir lagi sesuai dengan ketahanan masing-masing individu.

Topik lain terkait asma : Tanda-tanda AsmaBronkitis-AsmatisCiri-ciri Asma

Demikianlah beberapa penyebab nafas pendek yang biasanya sangat mengganggu sistem nafas manusia. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan. Dan pastinya membuat kita untuk lebih mampu menjaga kondisi kesehatan kita semua. Yakni utamanya yang berhubungan dengan pernafasan kita.