9 Cara Menjaga Kesehatan untuk Golongan Darah AB – Makanan dan Olahraga

Setiap orang, apapun golongan darahnya pasti memiliki kerentanan berbeda terhadap suatu penyakit. Orang dengan tipe darah AB tidak hanya rentan terserang penyakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti asma, namun juga memiliki risiko tinggi penyakit kanker dan juga penyakit jantung. Untuk itulah ada diet golongan darah di mana setiap golongan darah sudah diatur sedemikian rupa akan pola makannya. Darah akan sulit ternetralisir apabila makanan yang seharusnya dipantang terus dikonsumsi.

Bagi pemilik darah bertipe AB yang imunitas tubuhnya tergolong rendah akan sangat mudah dihampiri penyakit. Maka dari itu, pola hidup sehat sudah seharusnya menjadi pilihan. Berikut ini ada sedikit cara menjaga kesehatan untuk golongan darah AB yang patut disimak :

Makanan yang Tepat

Supaya dapat mencegah penyakit, orang dengan golongan darah tipe AB perlu mengkonsumsi makanan alami tertentu. Hanya saja, makanan khusus golongan darah AB lebih disarankan ke golongan vegetarian. Hampir mirip dengan diet yang dilakukan oleh orang dengan darah tipe A. Berikut ini contoh makanan alami yang dimaksud :

  1. Sayur-sayuran

Sayuran memang baik untuk dikonsumsi setiap orang sebab bisa digunakan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit , sayuran ini juga wajib dikonsumsi oleh orang dengan semua golongan darah. Namun khusus untuk orang bergolongan darah AB, sayuran menjadi makanan wajib untuk dikonsumsi selama diet. Tidak masalah untuk mengonsumsi secara lebih asalkan tidak kekurangan sayuran. Jenis sayuran yang baik untuk tipe darah AB, adalah :

  • Mentimun.
  • Kol.
  • Bayam.
  • Seledri
  • Brokoli serta sayuran hijau lainnya.

Baca juga : Sayuran untuk diabetes  – Makanan untuk diet  – Diet Mayo  – Bahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Buah-buahan

Sama halnya dengan sayuran, buah-buahan juga penting untuk kesehatan tubuh apapun golongan darahnya. Tapi memang untuk golongan darah AB, ada beberapa jenis buah yang memang sangat disarankan untuk dimakan lebih dari jenis buah yang lain, antara lain semangka, nanas, anggur, serta buah yang masuk dalam kategori berry. Buah berry termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C   sehingga selain baik bagi orang bergolongan darah AB, buah itu mampu meningkatkan sistem imun bagi orang golongan darah AB. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan penyakit akibat kekurangan vitamin C.

Sayangnya, tidak semua buah boleh dikonsumsi dalam diet golongan darah AB. Demi menjaga kesehatan, orang dengan tipe darah AB harus menghindari buah pantangan. Alasan mengapa buah-buah tersebut tidak boleh dikonsumsi karena bisa membuat lambung teriritasi. Bila ingin mengonsumsi buah, makanlah yang sudah jelas diperbolehkan dan disarankan, bukan buah yang perlu dihindari. Buah yang harus dihindari adalah berikut ini:

  • Delima.
  • Alpukat,.
  • Mangga.
  • Jambu biji.
  • Pisang.
  • Belimbing.

Baca juga : Panduan diet buah untuk diabetes melitus  – Buah-buahan untuk diet

  1. Makanan Laut dan Ikan

Ikan merupakan sumber makanan yang sudah jelas memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dikarenakan ada zat Omega 3 di dalamnya. Ikan bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan, menstimulasi perkembangan otak manusia, ikan juga baik untuk kesehatan, apalagi kalau makanan ini termasuk di dalam menu diet kita.

Berikut ini adalah jenis ikan yang disarankan dan tidak disarankan bagi orang berdarah AB:

  • Disarankan. Salah satu cara menjaga kesehatan bagi orang-orang bergolongan darah AB adalah dengan menikmati ikan salem, ikan kakap, ikan sarden, ikan makerel, serta ikan tuna.
  • Tidak disarankan. Jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi antara lain adalah belut, kepiting, udang dan gurita.

Baca juga : Bahaya makanan laut  – Bahaya ubur ubur laut 

  1. Daging

Kebanyakan orang berpendapat bahwa diet tidak seharusnya mengonsumsi daging, padahal sah-sah saja untuk makan daging asalkan daging tersebut tidak termasuk dalam makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Bagi yang bergolongan darah AB, dalam dietnya boleh menikmati daging kalkun, daging kelinci, serta daging domba.

Sedangkan daging yang dilarang untuk dikonsumsi adalah daging angsa, ayam, itik, sapi dan kerbau. Para pemilik darah bertipe AB cenderung memiliki masalah dengan rendahnya asam lambung sehingga menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Itulah alasannya mengapa mengonsumsi daging secara berlebih bisa membuat tubuh malah berisi timbunan lemak.

Baca juga : Bahaya daging merah  – Bahaya daging bebek

  1. Makanan Berprotein Tinggi

Untuk meningkatkan kesehatan dan menghindari penyakit, para pemilik golongan darah AB lebih baik mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan protein tinggi rendah lemak. Tidak hanya ikan saja yang bagus untuk diet golongan darah ini, melainkan sumber protein nabati seperti tempe, kacang-kacangan dan tahu yang juga sangat baik dikonsumsi.

  1. Susu dan Telur

Hasil olahan dengan bahan utama susu yang paling disarankan di sini untuk diet golongan darah AB adalah yoghurt. Untuk telur, hanya boleh putihnya saja yang dimakan karena mengandung lemak yang rendah.

Tidak semua produk olahan susu boleh dikonsumsi, karena mentega, keju dan es krim termasuk di dalam makanan yang tidak boleh ada dalam menu diet. Jika tetap mengkonsumsinya, maka bersiaplah akan terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh.

Jenis Olahraga

Seperti diet pada umumnya yang menuntut tubuh kita untuk aktif bergerak demi mendukung pembakaran lemak, golongan darah AB dalam dietnya pun disarankan untuk melakukan olahraga. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua olahraga baik untuk menjaga kesehatan golongan darah ini. Ada beberapa olahraga yang paling sesuai untuk dilakukan.

  1. Jogging

Jogging yang dilakukan setiap pagi akan lebih afdol manfaatnya dibandingkan jogging selain pagi hari. Apabila melakukannya secara lebih sering, maka ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa diraih oleh golongan darah AB, seperti:

  • Membantu sistem pernafasan bekerja dengan baik.
  • Membantu agar konsentrasi lebih baik.
  • Membantu proses pembakaran kalori.
  • Membantu metabolisme tubuh lebih stabil.
  • Mengatasi pola tidur yang kurang teratur.
  • Menekan risiko ketidakstabilan tekanan darah sehingga kesehatan jantung pun dapat terjaga.
  1. Yoga atau Pilates

Yoga merupakan kegiatan yang tidak hanya baik untuk golongan darah AB, namun olahraga ini rupanya sangat bagus untuk mengendalikan stres dan menjadi olahraga yang cocok untuk segala usia. Ada berbagai manfaat yang bisa didapat jika anda melakukan yoga setidaknya satu kali dalam seminggu :

  • Mampu memberikan oksigen lebih banyak ke dalam tubuh kita sehingga energi tubuh secara otomatis dapat meningkat.
  • Membantu agar kadar kolesterol serta gula darah yang tinggi kembali menjadi normal.
  • Membantu agar organ-organ tubuh, seperti paru-paru, otak, ginjal, hati dan jantung dapat berfungsi dengan baik.
  • Membantu agar fungsi kerja jantung meningkat.
  • Membantu agar sistem pernafasan menjadi lebih baik dan lancar.
  • Membantu proses pembakaran lemak.
  • Mengatasi pembuluh darah yang tersumbat sehingga kembali lancar sirkulasinya.
  • Menambah daya tahan tubuh jadi penyakit-penyakit serius tidak dapat menyerang tubuh.
  1. Aerobik

Menurut Dr. D’Adamo, salah satu kunci hidup sehat untuk orang-orang bertipe darah AB adalah dengan melakukan olahraga jenis aerobik. Tidak perlu terlalu sering, lakukanlah paling tidak dua kali dalam seminggu dengan waktu kurang lebih 50 hingga 60 menit per-aerobik. Berikut berbagai manfaat melakukan aerobik bagi golongan darah AB.

  • Membantu pencegahan diabetes.
  • Menekan darah tinggi dengan membantu memperlancar peredaran oksigen dan darah di dalam tubuh.
  • Membantu agar stamina dan pernapasan menjadi lebih baik dan kuat.
  • Membantu agar kolesterol baik atau HDL meningkat mengalahkan kolesterol jahat atau LDL.
  • Membantu agar kinerja jantung lebih baik dan optimal.
  • Menambah daya tahan dan stamina tubuh sehingga berbagai risiko penyakit dapat dicegah.

Demikianlah cara menjaga kesehatan untuk golongan darah AB. Tidak hanya membatasi makanan agar tubuh mendapatkan nutrisi cukup, tapi beberapa jenis olahraga tersebut juga amat dianjurkan supaya tubuh lebih segar dan bugar.