8 Keluhan Setalah Operasi Prostat pada Pria Wajib Tahu

2259

Operasi prostat merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk dilakukan agar dapat mengatasi berbagai macam permasalahan yang terdapat pada kelenjar prostat. Biasanya penyakit prostat terjadi pada kebanyakan pria yang memiliki usia diatas 40 tahun. Prostat merupakan kelenjar yang berada pada pangkal saluran kencing yang di mana ukuran prostat seperti biji kacang tanah. Kelenjar prostat memiliki pengaruh terhadap hormon testosteron. Prostat memiliki sifat yang rentan terkena berbagai macam penyakit untuk itu Mengapa ketika seseorang mengalami penyakit prostat harus segera melakukan operasi.

Operasi prostat biasanya akan berjalan dengan lancar jika anda mematuhi peraturan peraturan yang sudah ditetapkan oleh dokter. Namun biasanya ada beberapa keluhan keluhan yang dapat terjadi Apa pendapat Anda rasakan ketika anda telah melakukan operasi prostat. Adapun keluhan setelah operasi prostat adalah sebagai berikut.

Keluhan setelah operasi prostat

1. Kelebihan cairan

Biasanya seseorang yang telah melakukan operasi prostat mengalami kelebihan cairan ini maka anda harus segera menghubungi dokter dan meminta petunjuk dokter apa yang harus saya konsumsi dan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kelebihan cairan ini bisa juga kelebihan cairan air putih, memang akibat kelebihan air putih dalam tubuh tersebut pun ada, meskipun air putih baik untuk kesehtan namun jika terlau berlebih tidaklah baik.

2. Pendarahan

Biasanya setelah seseorang melakukan operasi akan terjadi pendarahan. Namun pendarahan tersebut juga dapat bermacam-macam jika pendarahan tersebut mengganggu sampai mengalami pembekuan anda perlu dengan segera menghubungi dokter agar dokter melakukan penanganan dengan segera. Namun jika anda mengalami pendarahan yang tidak parah anda hanya perlu mengkonsumsi minum yang banyak.

3. Ukuran penis mengecil

Beberapa dari mereka yang telah melakukan operasi prostat biasanya akan menganggap bahwa ukuran penis Mereka tampak lebih kecil. Hal ini memang sering terjadi namun jangan khawatir karena seiring bertambahnya waktu penis anda akan kembali seperti semula. Memang banyak jenis penyakit kelamin yang dapat menyebabkan penis mengecil. Tapi jangan khawatir lama kelamaan penis tersebut akan tumbuh lagi. Tentu hal ini harus dibarnegi pula dengan konsumsi makanan yang sehat yang dapat membuat penis menjadi besar.

4. Tidak dapat menahan kencing

Keluhan setelah operasi prostat yang lainnya adalah biasanya seseorang yang telah melakukan operasi prostat tidak dapat menahan kencing atau bisa saja sampai ngompol. Biasanya hal ini terjadi ketika klep yang terdapat di uretra melemah namun jangan khawatir karena hari ini hanya bersifat sementara. 

5. Lemah syahwat

Keluhan yang lain yang dilakukan oleh seseorang yang habis melakukan operasi prostat adalah menurunnya syahwat atau sering disebut dengan lemah syahwat. Meskipun hal ini jarang terjadi namun ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini dialami oleh seseorang. Memang terkadang operasi prosta dapat menjadi penyebab lemah syahwat, maka dari itu anda dapat melakukan terapi impotensi untuk mengatasi lemah syahwat agar tidak lemah lagi.

6. Ejakulasi retrograde

Ejakulasi retrograde merupakan ejakulasi air mani yang masuk ke dalam kandung kemih saat seseorang bersenggama sehingga menyebabkan sperma keluar Ketika seseorang yang habis melakukan operasi prostat buang air kecil. Ketika anda mengalami hal tersebut jangan khawatir karena hal ini memang biasa terjadi oleh seseorang yang menjalani operasi prostat.

7. Penyempitan uretra

Keluhan lain yang biasa dikeluarkan oleh seseorang setelah operasi prostat adalah terjadinya penyempitan uretra. Terjadinya penyempitan uretra ini dapat disebabkan karena adanya pembesaran prostat yang dimana pembesaran prostat tersebut disertai dengan infeksi saluran kencing. Penyempitan uretra ini juga secara medis sering disebut hipospadia. dimana hipospadia ini merupaakan penyakit pada uretra.

8. Prostat kambuh kembali

Keluhan terakhir setelah seseorang melakukan operasi prostat adalah prostat kambuh kembali. Meskipun pada awalnya operasi proses berjalan dengan lancar namun tidak menutup kemungkinan bahwa prostat dapat kambuh kembali. Jika memang setelah melakukan operasi prostat tiba-tiba mengalami keluhan prostat kambuh kembali tentu hal ini harus segera di tindak lanjuti. Hal yang demikian ini dikarena kan bisa jadi terdapat kesalahan atau penyakit kelainan lain yang menyebabakan prostat kambuh kembali. Jika sudah demikian bisa jadi kelainna prostat ini menjadi ancaman bagi hidup anda.

Untuk itu bagi Anda yang telah melakukan operasi prostat anda perlu berhati-hati dan perhatikan kesehatan anda agar operasi prostat yang telah anda lakukan tidak kambuh kembali. Jangan lupa tetap konsumsi makanan dan jaga kesehatan serta lakukan istirahat yang cukup untuk pemulihan pasca operasi prostat.

Itulah 8 keluhan yang bisa saja terjadi pada seseorang setelah melakukan operasi prostat. Meskipun ada beberapa keluhan-keluhan di atas yang jarang terjadi namun anda juga perlu mengetahuinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menambah wawasan serta pengetahuan bagi abda yang mengalami operasi prostat maupun yang tidak