9 Efek Samping Operasi Varises Berbahaya Perlu Anda Kenali

377

Varises merupakan salah satu jenis kondisi kesehatan di mana pembuluh darah vena bagian kaki melebar atau membengkak yang dipengaruhi biasanya oleh darah yang terakumulasi di sana. Itulah kenapa penderita varises akan memiliki ciri tonjolan pembuluh vena yang warnanya biru atau bahkan bisa berwarna ungu tua.

Walau varises bukan tergolong penyakit yang berbahaya, namun penampilan seseorang khususnya pada area kaki akan terganggu. Pada beberapa kasus gejala varises, perawatan yang paling tepat adalah dengan cara mengoperasinya. Namun tak selalu operasi varises berjalan baik dan membuahkan hasil yang memuaskan karena ada sejumlah efek samping operasi varises yang berpotensi terjadi seperti di bawah ini.

  1. Perdarahan

Perdarahan adalah risiko yang hampir selalu ditemui pada proses operasi di mana hal ini cukup berbahaya apabila penanganan dalam menghentikan perdarahan tak segera dilakukan dengan tepat. Pada beberapa kasus di mana pasien mengalami perdarahan, perdarahan terjadi di bagian area varises yang dioperasi namun dokter tentunya akan melakukan tindakan secepat mungkin bila memang terjadi.

  1. Infeksi

Pada metode perawatan berupa pengangkatan vena tungkai yang dilakukan dengan menggunakan stripper adalah jenis operasi yang memperbesar kemungkinan bagi pasien mengalami infeksi. Infeksi dapat terjadi di bagian yang dioperasi di mana hal ini bisa saja disebabkan oleh alat yang mungkin kurang steril saat dipakai dalam tindakan medis tersebut.

  1. Nyeri di Bagian Pembuluh Darah

Operasi varises kemungkinan akan menimbulkan rasa nyeri pada pembuluh darah sebagai efek sampingnya. Hal ini bisa saja dirasakan oleh pasien selama beberapa hari pasca operasi di mana memang sangat tak nyaman, namun Anda jangan khawatir karena akan hilang dengan segera. Bila tak kunjung hilang, konsultasikan dengan dokter Anda.

  1. Memar

Pengobatan varises berupa operasi laser endovena mampu menyebabkan timbulnya efek samping berupa memar pada area yang dioperasi. Memar ini biasanya menemani efek yang dibahas sebelumnya, yakni rasa nyeri di pembuluh darah. Risiko efek samping ini bersifat sementara, namun jika berkelanjutan Anda harus segera mencari cara menghilangkan memar secara mandiri ataupun langsung mengonsultasikannya ke dokter.

  1. Pembekuan Darah

Rupanya, selain dari efek samping berupa perdarahan, ada pula kasus di mana pasien operasi varises mengalami pembekuan darah. Pembekuan darah atau menggumpalnya darah bisa terjadi justru di pembuluh vena lain di mana bukan hanya tindakan operasi saja yang mampu menyebabkannya, melainkan juga proses skleroterapi.

  1. Kerusakan Saraf

Operasi mungkin menjadi pilihan tepat pada beberapa kasus varises, namun waspadai efek samping yang berbahaya semacam kerusakan saraf di bagian kaki. Kesalahan dapat terjadi pada waktu tindakan operasi dilakukan yang mampu memicu saraf menjadi rusak. Pastikan bahwa Anda ditangani oleh dokter yang memang terpercaya untuk meminimalisir efek samping operasi seperti ini.

  1. Pembengkakan Vena

Pembuluh vena yang dioperasi bisa juga mengalami pembengkakan karena adanya inflamasi alias peradangan. Hal ini turut memicu tanda lainnya seperti kemerahan di bagian vena yang biasanya menyertai rasa nyeri. Tanyakan kepada dokter tentang kondisi ini apabila mengalaminya pasca operasi varises sebab operasi varises pun mampu menjadi penyebab kaki bengkak.

  1. Warna Kulit Atas Vena Berubah

Efek samping lainnya yang walau jarang terjadi namun tetap harus diwaspadai dari operasi varises adalah berubahnya warna kulit atas vena yang diangkat. Seharusnya, efek samping ini pun bersifat sementara. Hanya saja, ketika perubahan warna kulit cukup mengkhawatirkan, jangan ragu menanyakannya langsung pada dokter yang menangani Anda.

  1. Sesak pada Kaki

Efek samping sementara selanjutnya adalah rasa sesak dan tak nyaman pada kaki bervarises yang dioperasi. Meski jangka pendek, ada kemungkinan rasa sesak yang biasanya menyertai rasa nyeri dan memar ini berkelanjutan. Segera datang temui dokter Anda bila ketidaknyamanan makin menjad-jadi dan tak ada tanda-tanda membaik.

Itulah sejumlah efek samping operasi varises yang meskipun tergolong jarang terjadi, tetaplah ada potensi untuk dialami pasien. Pada umumnya, operasi varises sendiri tak mengerikan karena aman dan bahkan pasien diperbolehkan berjalan 30-60 menit sesudah prosedur operasi. Namun, tidak ada salahnya mengenali kemungkinan risiko berbahaya dari tindakan medis operasi varises ini.