Home Penyakit dan KelainanSinusitis 6 Dampak Operasi Sinusitis Bagi Pasien

6 Dampak Operasi Sinusitis Bagi Pasien

by kevngrh

Sinusitis adalah penyakit akibat tersumbatnya rongga hidung. Sinus adalah rongga kecil yang berisi udara terletak pada tulang pipi dan dahi bagian belakang. Penyakit ini bisa menjangkit siapa saja sehingga semua tingkatan umur pun harus mewaspadai. Untuk tipe sinusitis ada beberapa macam yaitu sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis dan sinusitis kambuhan. Untuk mengobati penyakit sinusitis biasanya dilakukan dengan cara operasi.

Operasi masih menjadi pilihan orang banyak karena tergolong cepat dalam mengobatinya. Namun, seperti operasi lain memiliki dampak operasi usus buntu maka operasi sinusitis biasanya akan mempunyai beberapa dampak yang terkadang membuat kita takut sehingga dibawah ini akan diulas beberapa dampak operasi sinusitis yang bisa kamu ketahui,

  • Adanya Pendarahan

Dampak yang terjadi keapda kamu setelah menjalani operasi adalah terjadinya pendarahan selama 3-5 hari. Cara penanganannya adalah kamu bisa menampung darah tersebut dengan tisu maupun kassa yang terjamin kebersihannya di lubang hidung. Ketika ditampung pastikan tidak ada darah yang terhirup kembali. Bernafaslah dengan tenang. Cara lain yang  bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan adalah menggunakan resep obat semprot yang terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Lebih parah lagi adalah pendarahan otak .

  • Mengalami Rasa Nyeri Sekitar Hidung

Rasa sakit maupun nyeri bisa terjadi disekitar hidung saat paska operasi sinus karena terdapat tekanan-tekanan yang mengganggu. Salah satunya yaitu rasa nyeri di sekitar wajah. Facial Pain bisa terjadi disekitar di telinga hidung tenggorokan (THT). Hal ini karena bila diantara tiga tersebut terganggu maka akan mempengaruhi bagian yang lain. Sinusitis yang merupakan penyakit tersumbatnya saluran hidung maka akan mempengaruhi setelah operasi. Operasi yang terjadi bisa menimbulkan luka pada jaringan serta adanya gejala dari luar sinus .

  • Cairan kuning dan berbau dengan sendirinya

Dikarenakan sinusitis merupakan penyakit yang berhubungan dengan hidung. Maka akan terjadi gangguan pada saluran hidung dan akan berdampak pada mengeluarnya cairan kuning dan berbau. Untuk penanganannya, kamu bisa berkonsultasi kepada kamu, karena pada dasarnya perlakuan tiap orang tersebut berbeda-beda. Lakukan juga terapi sinusitis akut .

  • Rasa Lemas

Setelah melakukan operasi, kondisi tubuh akan terasa lemas karena terjadi pengurasan energi untuk sistem kerja yang terganggu sementara. Apalagi terjadi kekurangan makan sehingga tubuh butuh energi. untuk penanganan hal seperti ini,kamu cukup istirahat atau mengurangi pergerakan serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mudah dicerna secara teratur . Kamu bisa juga merasa badan lemas kepala pusing .

  • Demam Tinggi 

Terjadi demam setelah operasi merupakan hal yang wajar, karena tubuh mengalami masa pengurasan energi yang tinggi sehingga menjalani proses ”recovery”.

Cara penanganannya adalah konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan menyembuhkan luka seperti vitamin K maupun protein dan bila masih berlanjut lama, maka sebaiknya kamu berkonsultasi kepada dokter akan diberikan tindakan medis lebih lanjut .

  • Alergi Dan Imun Terganggu

Sebelum melakukan operasi, kamu merasa tak memiliki alergi, namun setelah operasi, bisa saja kamu mengalami alergi. Beberapa kasus alergi setelah operasi salah satunya saat diberi tindakan anestesi karena obat suntikan anastesi mengandung zat yang cukup sensitif dan biasanya hanya beberapa menit dan segera hilang. Alergi yang cukup lama bisa diduga diberi obat lain seperti antibiotik. Antibiotik dapat menyebabkan alergi karena memiliki efek samping.  Bila mengalaminya sebaiknya kamu langsung melapor kepada dokter agar dianalis lebih spesifik .

Demikianlah ulasan mengenai dampak setelah operasi sinusitis, sehingga kamu dapat menanggulangi yang terjadi pasca operasi dan dapat dibagi kepada teman-teman lainnya. Namun berbagai pengobatan sinusitis tanpa operasi  juga bisa dilakukan.

You may also like