Perbedaan Diabetes Basah dan Kering : Gejala dan Pengobatan

Gula dalam tubuh sangatlah dibutuhkan karena setiap sel dalam tubuh membutuhkan gula atau glukosa sebagai sumber energi utama. Kadar gula dalam tubuh dikendalikan oleh yang namanya hormone insulin. Jika terjadi sesuatu dengan hormone insulin entah itu karena efek kekurangan atau karena menjadi resisten dalam tubuh maka kadar gula dalam tubuh pun tidak bisa dikendalikan dengan baik dan mengakibatkan terjadinya penumpukan kadar gula dalam tubuh. selanjutnya istilah untuk keadaan ini dinamakan sebagai diabetes mellitus. Diabetes merupakan penyakit dimana terlalu berlebihannya kadar gula dalam tubuh dalam jangka panjang.

Jumlah penduduk Indonesia yang mengalami penyakit diabetes kurang lebih sebanyak 8,5 juta jiwa dengan rentang usia 20 hingga 79 tahun. Namun ironisnya dari jumlah tersebut masih kurang dari 50% yang menyadarinya. Oleh karena itu anda dan kita semua harus sigap dan selalu sedia dalam menghadapi penyakit yang satu ini.

baca juga: diabetes pada anakluka diabetes

Tipe penyakit diabetes

  • Kesalahan istilah penyakit diabetes kering dan basah di masyarakat

Mungkin anda pernah mendengar mengenai tipe penyakit diabetes yaitu tipe diabetes kering dan basah. Sebenarnya dalam istilah medis tipe penyakit diabetes kering dan basah itu tidak ada. Istilah diabetes kering dan basah muncul karena ada beberapa orang yang mengalami penyakit diabetes namun berbeda kondisinya. Biasanya penyakit diabetes kering disematkan pada mereka yang memiliki diabetes dan ketika dirinya mengalami luka luar cepat sembuh dan kering. Namun sebaliknya bagi mereka yang memiliki diabetes dan mengalami luka kemudian akan susah sembuh itulah yang disebut dengan diabetes basah.

Sebenarnya itu disebabkan oleh adanya kadar gula yang berbeda dalam setiap para penderita diabetes. Para penderita diabetes kering memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan dengan kadar gula yang dimiliki oleh para penderita diabetes basah sehingga lukanya lebih cepat sembuh dan kering dibandingkan dengan para penderita diabetes basah. Jadi mulai saat ini anda harus tahu bahwa di dalam dunia medis tidak ada istilah diabetes kering dan basah.

baca juga: ciri-ciri diabetesciri-ciri diabetes kering dan basah

  • Istilah tipe diabetes yang benar dalam medis

Seperti yang sudah dikemukaan sebelumnya bahwa istilah diabetes kering dan basah itu tidak ada. Kemudian apa istilah yang benar untuk membedakan penyakit diabetes dalam medis? Di dunia medis dikenal dua tipe jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Selanjutnya simaklah ulasan berikut ini dengan seksama.

  1. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah tipe penyakit diabetes yang sangat erat kaitannya dengan masalah hormone insulin. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh tubuh tidak mampu lagi memproduksi hormone insulin sehingga untuk memenuhi kebutuhannya para penderita diabetes tiep 1 harus melakukan suntik hormone insulin secara berkala dan rutin. Fungsi dari hormone insulin dalam tubuh ini sangat vital yaitu untuk mengubah glukosa dalam darah menjadi energi bagi setiap sel dalam tubuh. organ pancreas merupakan pembentuk hormone insulin dan tidak mampu lagi memproduksi hormone insulin sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh.


Jika hormone insulin ini tidak berfungsi dengan baik maka mekanisme alami yang akan dilakukan oleh tubuh adalah dengan mengubah lemak menjadi energi namun tanpa diimbangi dengan perubahan glukosa menjadi energi. Hal ini akan membuat kondisi yang dinamakan dengan ketoasidosis diabetic, yaitu kondisi dimana darah terlalu asam sehingga dapat menyebabkan dehidrasi parah dan juga menyebabkan turunnya berat badan secara drastis. Selain itu penyakit diabetes tipe 1 ini juga bisa menjadi kondisi autoimun dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh terutama pada bagian pancreas dan hal ini tentu saja sangat membahayakan.

baca juga: penyebab diabetes

Pengobatan diabetes tipe 1

Perlu anda ketahui bahwa penyakit diabetes tipe 1 ini tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dikendalikan saja supaya tidak berbahaya bagi tubuh. untuk itu diagnosis pada penyakit ini sejak dini sangatlah penting untuk dapat memberikan pertolongan lebih dini dan lebih cepat. Pengobatan yang dilakukan pada penyakit diabetes tipe 1 ini ditujukan untuk tetap menjaga kadar gula dalam darah serta mencegah terjadinya komplikasi penyakit lainnya yang berbahaya.

Karena penderita diabetes tipe 1 sudah tidak bisa memproduksi hormone insulin maka yang harus dilakukan oleh para penderitanya adalah memenuhi kebutuhan hormone insulin dari luar. Selain itu juga harus mengontrol asupan makanan serta menjaga aktivitas yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis insulin yang dapat digunakan, antara lain adalah:

  • Insulin yang mampu bekerja panjang dan dapat bertahan selama satu hari penuh
  • Insulin yang mampu bekerja singkat dan dapat bertahan maksimal selama 8 jam setiap harinya.
  • Insulin yang mampu bekerja cepat dimana memang cukup singkat namun mampu bekerja lebih cepat dibandingkan jenis insulin lainnya.

Cara lain yang bisa digunkan adalah dengan melakukan transplantasi sel-sel pancreas. Karena hormone insulin ini ada di dalam organ pancreas maka pembaharuan sel-sel di dalam pankeras akan sangat membantu mengatasi hormone insulin pada para penderita diabetes tipe 1.

baca juga: obat tradisional diabetesgejala awal diabetes

Komplikasi diabetes tipe 1

Dalam jangka panjang penyakit diabetes tipe 1 ini mampu menjadi komplikasi jika tidak ditangani cepat dan tepat. kadar glukosa yang berlebihan dalam tubuh dapat merusak otot, saraf, dan juga pembuluh darah. oleh karena itu komplikasi penyakit dari diabetes tipe 1 ini akan sangat berbahaya bagi tubuh. lakukanlah olahraga teratur dan juga hindari rokok dan alkohol sudah terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh juga mampu mencegah terjadinya komplikasi penyakit jantung koroner.

  1. Diabetes tipe 2

Penyakit diabetes lainnya adalah diabetes tipe 2. Penyebab dari penyakit diabetes tipe 2 ini disebabkan karena kurangnya kecukupan hormone insulin dalam tubuh untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. jadi pada penderita diabetes tipe 2 ini mereka masih memiliki hormone insulin dalam tubuh hanya saja tidak cukup atau sangat kurang sedangkan untuk diabetes tipe 1, hormone insulin ini sudah rusak bahkan sudah tidak ada di dalam tubuh.

Jadi bisa dikatakan bahwa penyakit diabetes tipe 2 lebih ringan dibandingkan dengan penyakit diabetes tipe 2. Namun demikian anda juga harus tetap mewaspadai penyakit ini karena sangat mungkin terjadi komplikasi. Mulailah menerapkan hidup sehat supaya diabetes dapat diredakan dengan baik.

baca juga: gejala awal diabetes

Pengobatan diabetes tipe 2

Anda harus segera memeriksakan diri jika anda mengalami gejala penyakit diabetes. Hal ini sangatlah penting karena diabetes tidak dapat disembuhkan namun bisa dikendalikan supaya kadar gula dalam darah tetap normal dan tidak berlebihan. Pada penderita diabetes tipe 2 mungkin membutuhkan beberapa jenis obat-obatan tertentu yang bertujuan untuk menormalkan kadar gula darah. selain itu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan suntik insulin secara berkala dan rutin terutama jika terjadi gejala darah naik dengan drastis. Untuk melakukan suntik insulin untuk pertama kalinya sebaiknya masih dalam pemantauan tim medis namun jika sudah cukup lama biasanya penderita diabetes tipe 2 sudah mampu menyuntikan insulin sendiri ke tubuh.

Hal lainnya yang harus diperhatikan oleh para penderita diabetes tipe 2 ini adalah pola asupan makan yang sehat dan bergizi dan tidak mengandung gula tinggi, olahraga teratur juga sangat penting diperhatikan dan juga aktivitas tertentu supaya diperhatikan dengan baik.

baca juga: makanan yang baik untuk diabetes melitusmakanan yang baik untuk diabetes

Komplikasi akibat diabetes tipe 2

Sebenarnya komplikasi penyakit akibat diabetes tipe 2 dan 1 tidak jauh berbeda. Namun demikian anda harus tetap waspada pada beberapa gejala penyakit yang diakibatkan oleh rusaknya pembuluh darah. komplikasi akan terlihat jika diabetes sudah dialami dalam jangka panjang dan penderita tidak melakukan pengobatan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu pengobatan merupakan hal wajib dan mutlak yang harus dilakukan oleh para penderita diabetes tipe 2 dan 1.

Itulah kedua jenis penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang perlu anda ketahui. Istilah inilah yang benar dan harus anda perhatikan. Selalu cek dengan dokter untuk mengetahui sudah seberapa parahkan diabetes yang anda alami karena akan berkaitan pada pengobatan yang akan dilakukan.

baca juga: cara mengobati gagal jantungmakanan penyebab rematik

Saran bagi penderita diabetes

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh para penderita diabetes tipe 1 dan 2. Para penderita harus tetap berada dalam pemantauan tim medis supaya dapat menjalankan pengobatan yang tepat dan baik. hal ini juga akan mencegah terjadinya komplikasi penyakit diabetes yang berbahaya. Berikut ini adalah langkah-langkah bagi para penderita diabetes.

  • Selalu menerapkan gaya hidup dan juga pola makan yang sehat dan bergizi serta tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi.
  • Melakukan aktivitas olahraga yang teratur dan sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  • Hindari minum minuman keras dan beralkohol seperti bir, wine, whiski dan lainnya.
  • Hindari merokok dan juga asap rokok sedini mungkin

artikel terkait: penyebab gangguan ritme jantungcara mencegah penyakit kencing manis

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan penyakit diabetes kering dan basah. Seperti yang anda ketahui bahwa isitilah itu tidaklah tepat untuk membedakan tipe penyakit diabetes karena istilah tersebut tidak ada dalam istilah medis. Sebaliknya yang ada adalah istilah penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes