Kombiglyze XR – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

83

Kombiglyze XR

Kombiglyze XR merupakan obat yang di dalamnya mengandung metformin yang mana ia masuk ke dalam kategori diabetes biguanid dan juga sexaglipin yang selektif dan juga potensial. Untuk fungsi utama yang dimilikinya adalah sebagai pengobatan untuk diabetes atau kencing manis. Kita tahu bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.

Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat tubuh yang kehilangan kemampuannya di dalam memproduksi hormon insulin. Kondisi ini mengakibatkan sel tubuh tidak dapat mengubah glukosa menjadi sumber energi. Akibatnya, ia akan mengalami kadar gula darah yang naik atau melebihi dari batas normal. Diabetes juga termasuk ke dalam salah satu penyakit yang terjadi dalam waktu lama dan kronis. Penyakit ini kemungkinan besar bisa diatasi asalkan pasien mengetahui kondisi awal yang dialaminya.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi Kombiglyze XR. Obat yang diproduksi oleh AstraZeneca ini masuk ke dalam obat resep. Jadi, untuk mendapatkannya harus menyertakan resep dokter. Selain itu, anda juga harus tahu bahwa pada dasarnya Kombiglyze XR merupakan obat kombinasi. Ia merupakan kombinasi antara metformin dengan sexaglipin. Dengan begitu, obat ini akan berperan di dalam melakukan kontrol genetik bagi pasien yang menderita diabetes militus tipe 2.

Fungsi Kombiglyze XR

  • Seperti yang sudah kami terangkan di awal bahwa fungsi yang ada pada Kombiglyze XR adlaah sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes. Obat ini akan melakukan kontrol genetik terhadap pasien dengan diabetes miltus tipe 2.
  • Kombiglyze XR juga biasanya diberikan sebagai terapi tambahan di dalam melakukan pengaturan gula darah dengan berolahraga maupun menerapkan pola makan yang baik.

Kontraindikasi Kombiglyze XR

  • Kombiglyze XR tidak boleh diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap obat yang mengandung metformin HCl maupun juga sexaglipin.
  • Kombiglyze XR juga tidak diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan yang ada pada obat ini.
  • Bagi seseorang yang mengalami gagal jantung, seperti angina yang tidak stabil maupun gagal jantung kongestif yang mana ia harus memerlukan perawatan farmakologis. Bagi pasien tersebut, maka obat yang hanya mengandung metformin merupakan obat oral pilihan pertama dibandingkan obat yang lainnya.
  • Pasien yang terindikasi sedang atau pernah mengalami penyakit ginjal akut juga tidak dianjurkan mengkonsumsi Kombiglyze XR.
  • Sementara itu, pasien yang mengalami gangguna fungsi hati maupun keracunan alkohol jika mengkonsumsi Kombiglyze XR maka bisa menyebabkan terjadinya kontraindikasi.
  • Kombiglyze XR juga tidak boleh diberikan kepada ibu menyusui.

Dosis Kombiglyze XR

  • Secara umum, Kombiglyze XR dikonsumsi sekali saja pada saat makan malam. Namun, dosis tersebut bisa ditingkatkan agar dapat mengurangi efek samping dari gastrointestinal yang berhubungan dengan metformin.
  • Bagi pasien yang tidak cukup dilakukan pengontrolan pada metformin tunggal, maka dosis yang harus diberikan setara dengan dosis yang diberikan dalam harian total, yakni saxaglipin 5 mg dengan ditambah dengan dosis meformin yang sudah digunakan.
  • Sementara itu, untuk pasien yang sebelumnya sudah menggunakan metformin dan juga saxaglipin dalam tablet terpisah, maka dosisnya harus dimulai dari masing-masing obat yang telah digunakan.

Cara Penggunaan Kombiglyze XR

  • Kombiglyze XR harus digunakan sebagaimana penjelasan yang sudah diberikan oleh dokter.
  • Anda dilarang untuk mengurangi maupun menambah dosis Kombiglyze XR jika sebelumnya tidak memperoleh rekomendasi dokter.
  • Jika selama penggunaan Kombiglyze XR anda mengalami gangguan seperti ruam kulit atau gatal, maka segeralah untuk menghubungi dokter.