5 Cara Mengobati Diabetes dengan Jeruk Nipis Patut Dicoba

Belum banyak dari kita yang mungkin tahu bahwa jeruk nipis dapat menjadi obat yang baik bagi para penderita diabetes. Penting untuk Anda tahu bahwa serat larut di dalam jeruk nipis sangat tinggi sehingga mampu menjadi makanan sehat pengatur penyerapan tubuh dari gula menuju aliran darah.

Tujuan dari konsumsi jeruk nipis ini juga adalah untuk membuat lonjakan gula darah dapat dikurangi sehingga mampu mencegah kondisi serius pada penderita diabetes. Indeks glikemiks rendah dimiliki oleh jeruk nipis yang artinya lonjakan mendadak tak akan terjadi dalam level gula darah. Lalu, bagaimana cara mengobati diabetes dengan jeruk nipis secara aman?

  1. Sup Ayam Jeruk Nipis

Tak ada salahnya untuk mencoba resep satu ini karena pada dasarnya resep ayam dengan jeruk nipis juga terbukti efektif pada beberapa kasus penderita diabetes. Sebelum Anda mencobanya, Anda tak akan tahu apakah resep ini terbilang efektif atau tidak. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Caranya: Sediakan 1 ekor ayam matang tanpa ekor dan kepala berikut juga 4 buah jeruk nipis dalam sebuah wadah. Jeruk nipis bisa Anda potong atau belah menjadi 2 keempatnya dan tambahkan sedikit garam. Tambahkan air secukupnya untuk benar-benar menyelimuti ayam tersebut, setelah itu lanjutkan dengan mengukus ayam tersebut hingga empuk. Jangan lupa, supnya bisa Anda minum juga.

Cobalah untuk membuat resep ini beberapa kali bila ingin melihat apakah resep ini bekerja bagi Anda. Tak semua penderita diabetes mungkin akan cocok dengan resep satu ini, hanya saja mencobanya bukan hal yang salah. Sup ayam dengan jeruk nipis ini pun mampu mengembalikan kesegaran tubuh Anda.

  1. Jeruk Nipis Rebus

Resep kedua adalah dengan merebus jeruk nipis di mana menurut pengalaman seseorang penderita diabetes yang seharusnya sudah akan perlu diamputasi kakinya, akhirnya dapat sembuh dengan bantuan resep jeruk nipis satu ini. Cara atau resep ini patut dicoba karena nyatanya pun jeruk nipis dipercaya betul dapat menurunkan kadar gula darah dengan baik.

Caranya: Sediakan 1 buah jeruk nipis yang kemudian bisa di iris sedikit pada buah tersebut. Ambil sejumput garam kasar yang bisa ditaburkan pada bagian irisan atau belahan jeruk nipis tadi. Setelah itu, lanjutkanlah dengan merebus jeruk nipis ini dengan air sebanyak 3 gelas.

Tunggu air rebusan sampai sisanya hanya tinggal kira-kira segelas saja. Belum selesai, jeruk nipis yang sudah menjadi sangat empuk setelah direbus bisa dihancurkan di air rebusan menggunakan sendok biasa sebiji-bijinya. Tak lupa, selanjutnya air rebusan dapat Anda tiriskan atau saring sebelum akhirnya dapat diminum. Tunggulah agak dingin sebelum mulai meminumnya.

Supaya hasilnya dapat dirasakan secara efektif, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan jeruk nipis ini 3 kali dalam waktu 6 hari di mana Anda dapat mengonsumsinya secara berselang-seling. Misalnya hari ini minum, maka Anda bisa membuat ramuannya serta meminumnya lusa kembali. Setiap kali mengonsumsi, kadar gula akan mulai turun, namun jangan ketinggalan untuk menyediakan air gula yang bisa dijadikan penyeimbang kadar gula di dalam tubuh.

  1. Kombinasi Jeruk Nipis, Lidah Buaya, Apel, dan Tomat

Selain resep jeruk nipis rebus dan juga sup ayam jeruk nipis, Anda juga bisa mempertimbangkan resep satu ini, di mana selain jeruk nipis Anda juga perlu menyiapkan bahan lainnya. Apel, lidah buaya dan juga tomat adalah bahan utama lainnya yang bisa dikombinasikan bersama jeruk nipis.


Caranya: Sediakan jeruk nipis yang bisa diperas airnya dan pastikan cukup gunakan 1 buah saja. Untuk lidah buaya, kali ini jangan hanya mengambil lendir atau gelnya saja, karena justru Anda perlu menggunakan bagian dagingnya sebanyak 100 gram. Tak ketinggalan tomat 150 gram dan juga buah apel sebanyak 100 gram juga. Tak hanya bahan-bahan tersebut, es dan air putih pun perlu untuk dipersiapkan dalam pembuatan ramuan pengobatan diabetes, namun gunakan secukupnya saja.

Untuk membuatnya, seluruh bahan harus dibersihkan lebih dulu sebelum akhirnya bisa Anda potong-potong sekaligus haluskan. Pada proses penghalusan, Anda bisa memakai blender, baru setelah itu Anda bisa meminum ramuan tersebut sesegera mungkin. Demi hasil yang maksimal dalam penurunan kadar gula darah yang naik dan menyebabkan penyakit diabetes pada tubuh Anda, sehari 2 kali secara rutin akan sangat menolong dan layak dicoba.

  1. Mengonsumsi Jeruk Nipis Langsung

Apapun penyebab penyakit gula darah Anda, ini saatnya untuk mencoba menurunkan kadarnya dengan bahan alami yang mudah didapat dan simpel saat digunakan. Jeruk nipis tak hanya bisa diramu dengan cara direbus atau dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda pun bisa mencoba mengonsumsinya langsung atau dicampurkan dengan air putih.

Air perasan jeruk nipis sangat berguna tak hanya menjadi cara mengobati batuk berdahak secara alami paling efektif, namun juga bisa dipraktikkan untuk penyembuhan diabetes. Penurunan kadar gula darah yang tinggi bisa terjadi asalkan jeruk nipis dikonsumsi rutin setiap hari. Namun bagi Anda penderita penyakit maag atau gangguan pencernaan lain semacam asam lambung, waspadai efek asam dari buah ini.


  1. Jus Jeruk Nipis dan Madu

Resep atau tips lain dalam menggunakan jeruk nipis ketika mengobati diabetes atau kencing manis adalah dengan mengombinasikan jeruk nipis serta madu. Anda bisa membuat minuman jus di mana jeruk nipis menjadi bahan utamanya. Anda bisa mencampurkan madu tepat saat hendak memblender jeruk nipis tersebut, atau bisa juga menambahkannya setelah jus jeruk nipis jadi lalu mencampurkannya.

Jeruk nipis yang disediakan jumlahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sementara penambahan madu dapat dilakukan 1-2 sendok makan ke dalam segelas jus jeruk nipis. Hanya saja, pastikan bahwa yang Anda gunakan adalah madu murni. Bila Anda tak tahu bagaimana mendapatkan madu yang benar-benar asli dan murni, alangkah baiknya melirik cara membedakan madu asli dan palsu.

Konsumsi jus jeruk nipis dan madu ini bisa diseimbangkan dengan tips diet sehat yang tepat seperti misalnya dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah (namun bukan buah-buah yang rasanya terlalu manis, seperti mangga, apel hijau, nanas, jeruk, lemon, jeruk nipis, dan segala sayuran hijau).

Cara mengobati diabetes dengan jeruk nipis ini kiranya mampu membantu Anda untuk lepas dari kekhawatiran akan peningkatan kadar gula darah yang terus-menerus. Semoga Anda terbantu dengan adanya sejumlah resep tersebut dan selamat mencobanya.

,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 07:01 Oleh :
Kategori : Diabetes